RPP IPA kelas 8 sem II th 2023 ,Hukum Pascal lengkap soal dan bahan ajar
SUMBER: MEDIA ILMU
Assalamu'alaikum kawan kawan guru seluruh Indonesia. Kali ini kretivitasguru01.blogspot.cpm akan membagikan RPP IPA 1 lembar kelas 8 semester II lengkap dengan soal dan bahan ajar untuk pertemuan ke 4 di KD 3.8 tentang Hukum Pascal yang mudah untuk di copy paste.
.Adapun soal yang dibagikan terdiri dari 3 kelompok soal yaitu
1. Soal untuk didiskusikan bersama bisa secara berkelompok bisa juga secara klasikal.
2. Soal untuk latihan mandiri di kelas untuk mengukur tingkat pemahaman siswa setelah diberikan penjelasan dan diskusi kelompok.
3. Kemudian untuk memudahkan siswa mengulangi kembali pelajarannya di rumah di buatkan juga soal untuk PR.
Adapun bahan ajar dibuat dengan desain yang lebih menarik sehungga mudah untuk diingat siswa.
Semoga bermanfaat untuk guru Indonesia. Sukses untuk para guru Indonesia. Semoga anak bangsa ini semakin cerdas dibawah bimbingan kita para guru hebat dan bermartabat. Silakan kopi paste dan disimpan untuk keperluan di sekolah.
Ikuti terus link : kreativitasguru01.blogspot.com
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P 4 ) |
Sekolah : MTsN___________
Kelas/Semester : VIII/Genap
Pertemuan ke : 3
Waktu : 2 x 35’
Topik : Hukum Pascal
A. KOMPETENSI DASAR
.
3.8 |
Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
4.8 |
Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
3.8.1 |
Memberikan contoh alat yang menggunakan hukum Pascal ( penerapan hukum Pascal) |
3.8.2 |
Memilih gambar yang benar sesuai table berdasarkan hukum Pascal |
3.8.3 |
Menghitung besar gaya keatas sesuai hukum Pascal |
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan pendahuluan |
1.Salam 2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik berdoa sebelum belajar 3.Guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini |
Kegiatan inti |
1. Guru menayangkan memberikan peristiwa actual di sekitar siswa yang berhubungan dengan hukum Pascal 2. Peserta didik kemudian menyimak penjelasan yang diberikan guru sampai contoh soal dan pembahasannya 3. Guru memberikan link video yang bias dipelajari kembali oleh siswa dengan link https://youtu.be/Pkt8R4JAlaY 4. Peserta didik secara individu dibimbing mengerjakan soal hukum pascal. |
Kegiatan penutup |
1. Peserta didik membuat kesimpulan pembelajaran hari ini 2. Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa dan mengingatkan peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.
|
|
. PENILAIAN
· Penilaian sikap: kehadiran dan ke aktifan siswa selama PBM berlangsung
·
Penilaian pengetahuan: nilai tugas : ( terlampir
)
Mengetahui, Kepala MTsN_________
(__________________) NIP. ______________ |
____________, Januari 2023 Guru IPA
(_______________) NIP. _____ |
LAMPIARAN I: SOAL-SOAL
BEJANA BERHUBUNGAN DAN HUKUM PASCAL
DISKUSIKAN
1. Sebuah bejana berhubungan berisi air dan minyak. Jika massa jenis air 1 gr/cm3 sedangkan massa jenis minyak 0.75 g/cm3. Bila ketinggian air 12 cm. Berpakah ketinggian permukaan minyak? |
2. Perhatikan gambar! Jika massa jenis air 1 gr/cm3. Berapakah massa jenis minyak tanah? |
3. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang dihasilkan di tabung II? |
4. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang harus diberikan untuk mengangkat mobil tersebut?
|
LAT 4: BEJANA BERHUBUNGAN DAN HUKUM PASCAL
1. Sebuah bejana berhubungan berisi air dan minyak. Jika massa jenis air 1 gr/cm3 sedangkan massa jenis minyak 1,2 g/cm3. Bila ketinggian air 4 cm. Berapakah ketinggian permukaan minyak? |
2. Perhatikan gambar! Jika massa jenis air 1 gr/cm3. Berapakah massa jenis minyak? |
3. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang diberikan di tabung I? |
4. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang harus diberikan untuk mengangkat mobil tersebut?
|
PR 4: BEJANA BERHUBUNGAN DAN HUKUM PASCAL
1. Sebuah bejana berhubungan berisi air dan minyak. Jika massa jenis air 1 gr/cm3 sedangkan massa jenis minyak 1,4 g/cm3. Bila ketinggian air 2 cm. Berapakah ketinggian permukaan minyak? |
2. Perhatikan gambar! Jika massa jenis air 1000 kg/m3. Berapakah massa jenis minyak?
|
3. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang dihasilkan di tabung II?
|
4. Perhatikan gambar! Berapakah gaya yang harus diberikan untuk mengangkat mobil tersebut? |
sumber gambar : Heriyanan Ana
BAHAN AJAR HUKUM PASCAL
HUKUM PASCAL
Semakin kita belajar tentang suatu ilmu semakin kita mengagumi akan indah dan bermanfaatnya ciptaan Allah untuk kita manusia. Blaise Pascal kecil yang seorang piatu diusia 4 th berhasil menemukan sebuah knsep yang sampai sekarang ilmunya tersebut sangat banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Diusia yang tergolong cukup muda yaitu usia 16 tahun dia menemukan konsep IPA yang dikenal dengan hukum pascal. Walaupun Pascal bukan anak sekolahan seperti kita.
Blaise Pascal secara tidak sengaja menemukan hukum pascal ini ketika dia membeli sirop yang dibungkus dengan plastik. Kemudian plastik tersebut diberi lobang dibeberapa titik. Ternyata air sirop memancar dengan sama kuat disemua titik tersebut. Berdasarkan keadaan ini diapun membuat pernyatan yang dikenal dengan hukum Pascal.
|
|
||
Alat alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal adalah:
|
|
||
|
|||
CARA KERJA ALAT- ALAT PASCAL
Semua alat-alat pascal dibuat seperti bejana berhubungan dimana besar tabung satu dan tabung kedua jauh berbeda agar diperoleh gaya yang sangat besar di tabung ke dua. Hal ini dapat dijelas dengan gambar seperti berikut ini.
|
Besar tekanan yang diberikan pada tabung I akan diteruskan oleh zat cair ke tabung II dengan besar tekanan yang sama. Sehingga: |
Dari penjelasan tersebut maka dapat dibuat persamaan secara
matematis sebagai berikut:
CONTOH SOAL
|
|
|
|
Sumber gambar
:Heriyana Ana,
Comments
Post a Comment