Cara Membuat PTK


CARA MEMBUAT PTK
👏(CLASSROOM ACTION RESEARCH )👏
Penghitungan angka kredit bagi kenaikan pangkat guru dimulai januari 2013 ini menuntut guru untuk mengembang profesi melalui tulisan seperti membuat artikel atau membuat karya ilmiah  salah satunya berupa PTK. Untuk itu guru harus mulai untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Namun banyak para guru yang kesulitan untuk memulai karena  tidak memahami benar tentang cara membuat PTK. Sehingga bingung harus mulai dari mana. Berikut tips praktis cara membuat PTK. Semoga dengan tips ini  para guru terbantu untuk mulai membuat PTK. Selamat bekerja.
Langkah-langkah membuat PTK.
1.       Hal pertama ketik judul dan identitas. Seperti contoh berikut:
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT
DI KELAS VIII 3 MTs N KUBANG PUTIH
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Diajukan sebagai
BAHAN PELENGKAP KENAIKAN PANGKAT IV/A

O
L
E
H


ANISA
NIP: 197111281995122001


MTsN KUBANG PUTIH KABUPATEN AGAM
PROPINSI SUMATERA BARAT


2.       Buat  komponen PTK seperti daftar isi laporan PTK sesuai dengan judul penelitian diatas sebagai berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR…………………………………………………….i
DAFTAR ISI……………………………………………………………....ii
DAFTAR TABEL……………………………………………………..….iv
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………v

BAB I: PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah………………………………….……1
B.     Rumusan Masalah………………………………………….….3
C.     Pembatasan Masalah…………………………………………..3
D.    Tujuan Penelitian……………………………………………....3
E.     Manfaat penelitian……………………………………………..4

BAB I: KAJIAN TEORITIS
A.    Kajian Teori…………………………………………………....5
1.      Belajar dan Pembelajaran Fisika…………………………..5
2.      Model Pembelajaran Kooperatif…………………………..7
3.      Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games tournament…………………………………………………..9
4.      Aktivitas belajar siswa ……………………………………12
5.      Tinjauan tentang hasil belajar siswa……………………....13
6.      Penelitian Tindakan Kelas………………………………....15
B.     Kerangka Konseptual……………………………………….....16
C.     Hipotesis ……………………………………………………….17


BAB III: METODOLOGI PENELITIAN     
A.    Jenis Penelitian                               …………………………..18
B.     Tempat dan Subjek Penelitian………………………………..18
C.     Rancangan Penelitian………………………………………...18
D.    Variabel Penelitian…………………………………………...25
E.     Instrumen Penelitian………………………………………….25
F.      Teknik Analisis Data…………………………………………26
G.     Jadwal Penelitian…………………………………………….27

BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian……………………………………………….28
B.     Pembahasan ………………………………………………….40

BAB V: PENUTUP
A.    Kesimpulan …………………………………………………..42
B.     Saran-saran …………………………………………………..42
DAFTAR KEPUSTAKAAN


Yang membedakan satu PTK dengan PTK lain yang juga berbeda mata pelajarannya hanyalah pada bagian kajian teoritis. Karna kajian teoritis ini  berkaitan dengan judul penelitian kita masing-masing. Sedangkan komponen PTK yang lainnya sama.
3.       Dari daftar isi tersebut kita akan bisa bekerja secara terstruktur sesuai daftar isi tersebut. Dalam menulis laporan PTK sebaiknya guru memahami kembali aturan penulisan karya ilmiah, sehingga tulisan yang kita buat benar-benar sebuah karya ilmiah. Satu hal yang tak boleh dilupakan dalam membuat laporan adalah kejujuran dan objektivitas. Adapun hal-hal yang perlu dipahami dalam pembuatan tiap komponen PTK tersebut adalah sebagai  berikut:
A.      JUDUL
Judul harus mencerminkan apa yang akan disajikan,sehingga dengan membaca judul orang akan memahami apa yang ditemuinya dalam laporan tersebut.
Rambu-rambu dalam mencari judul PTK yang tepat sebagai berikut:
1.       Singkat dan padat
2.       Menggambarkan upaya untuk perbaikan pembelajaran
3.       Merupakan tindakan yang paling penting dalam upaya tersebut.
Contoh judul PTK
a.       Penerapan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa dalam Pelajaran IPS di Kelas V SD.
b.      Penggunaan Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama dan Keaktifan Siswa Kelas III SMP dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
B.      ABSTRAK
Menyajikan saripati dari penelitian, mulai dari permasalahan, tujuan, prosedur palaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, sampai kesimpulan dan saran. Melalui abstrak pembaca dalam waktu cepat mendapat gambaran yang menyeluruh tentang penelitian yang dilaporkan. Abstrak yang baik tidak lebih dari setengah atau satu halaman ( + 200 kata)
C.      PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
Isi dari latar belakang adalah penjelasan singkat tentang alasan anda melakukan penelitian di kelas tersebut yang dikaitkan dengan kepedulian kita terhadap kualitas pembelajaran yang kita kelola ditambah dengan kaitannya dengan kondisi pendidikan saat ini. Dapat juga disajikan hal berikut:
1.       Proses identifikasi masalah mulai dari munculnya kerisauan terhadap masalah
2.       Tampilkan data-data yang mendukung. Misalnya nilai rata-rata ulangan harian siswa
3.       Analisis masalah dari data yang ada sampai ditemukan akar permasalahannya.
4.       Siapa yang membantu anda dalam mengidentifikasi masalah tersebut.
5.       Cara mengatasi masalah yang akan difokuskan dalam penelitian ini.
b.      Perumusan Masalah
Dibuat dalam bentuk kalimat tanya yang didalamnya ada tertuang akar permasalahan dan cara yang akan diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah juga harus mengandung tujuan perbaikan dan cara perbaikan yang akan diambil.
Contoh:
1.       “Bagaimana cara mengaktifkan siswa,menggunakan alat peraga dan memberi balikan tugas siswa , agar mampu meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa kelas III dalam pelajaran IPA?”
2.       “apakah dengan proses pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar IPS  siswa kelas 2 SMP  Karya Mandiri?”
c.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian terkait dengan tujuan perbaikan, misalnya untuk meneliti apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS.
d.      Manfaat Penelitian
Cantumkan apa manfaat penelitian yang dilakukan ini bagi dunia pendidikan, khususnya: 1. Bagi guru.
2. Bagi siswa 
3. Bagi sekolah.
Perlu dicantumkan apa kira-kira sumbangan penelitian ini bagi kualitas pembelajaran, khususnya jika ada hal-hal yang bersifat inovatif.

D.      KAJIAN PUSTAKA ( KAJIAN TEORITIS)
Kajian berisi tentang teori dari para pakar ilmu pengetahuan sesuai dengan masalah yang kita teliti. Jadi tulislah teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dapat kita cari dari buku atau di unduh dari internet. Dengan catatan dalam membuat pendapat para ahli harus dicantumkan sumbernya dengancara penulisan sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah.
Contoh. Judul penelitian kita adalah :
“Peningkatan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas VIII sekolah MTsN “
Berarti pokok permasalahan adalah tentang aktifitas dan hasil belajar fisika dengan metode belajar kooperatif tipe TGT.maka teori yang kita cari adalah tentang:
1.      Belajar dan Pembelajaran Fisika
2.      Model Pembelajaran Kooperatif
3.      Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games tournament
4.      Aktivitas belajar siswa
5.      Tinjauan tentang hasil belajar siswa
6.      Penelitian Tindakan Kelas
kajian pustaka ini akan merupakan landasanbagi kita dalam merencanakan tindakan perbaikan, dan menjadi rujukan dalam membahas penelitian. Tentu saja ulasan yang paling mendalam terletak pada aspek yang merupakan fokus dalam penelitian. Seperti contoh diatas fokusnya adalah proses tindakan yang akan diambil adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Proses belajar tipe TGT inilah yang akan menjadi rujukan dalam proses belajar perbaikan nantinya dan yang paling banyak di bahas.
E.       PELAKSANAAN PENELITIAN ( METODOLOGI PENELITIAN )
Subjek ini mencamtumkan tentang tempet penelitian , waktu penelitian,mata pelajaran dan karakteristik siswa. Kemudian dilanjutkan dengan mencantumkan prosedur setiap siklus perbaikan.muali dari perencanaan,pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Uraian sebaiknya dilengkapi dengan bagan alur, sehingga gambaran pelaksanaan penelitian menjadi jelas. Jadi dalam bab III ini berisi tentang perencanaan penelitian bukan hasil penelitian. Dengan membaca bab ini , pembaca akan dapat mengetahui apa yang akan dilakukan guru dalam penelitian nantinya, berapa lama waktunya, siapa yang membantu dan instrumen apa yang akan digunakan guru serta metode yang akan digunakan guru.

F.       HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian sesuai dengan urutan dan tujuan penelitian.misalnya dari judul penelitian pada poin D ada 2 tujuan penelitian yaitu (1) peningkatan keaktifan belajar siswa . (2) peningkatan hasil belajar siswa. Maka dalam pembahasan harus dikemukakan tentang ke dua tujuan tersebut bagaimana peningkatan keaktifan siswa di setiap siklus perbaikan pembelajaran dan bagaimana peningkatan hasil belajar di setiap siklus yang direncanakan. Apakah metode yang dipakai ( TIPE TGT ) ini bias digunakan dalam pembelajaran tersebut atau tidak tergantung dari hasil yang diperoleh pada kedua tujuan tersebut. Pemaparan peningkatan aktifitas dan hasil belajar ini sebaiknya dengan menggunakan table.

G.     KESIMPULAN DAN SARAN
Penyajian kesimpulan dan saran  sesuai dengan urutan tujuan penelitian

H.     DAFTAR PUSTAKA
Cara penulisan daftar pustaka yang lazim digunakan adalah gaya American Psycholgy Association ( APA ). Daftar pustaka disusun menurut abjad, dimulai dengan nama belakang penulis, diikuti oleh tahun penerbitan, judul buku(dicetak miring),kota tempat terbit dan nama penerbit.
Contoh:
DAFTAR PUSTAKA
Anonymous.(1994).Aktivitas dan Kreativitas.Kreativa.N0.2.1994.hal2

Bloom,B.S, et.al (1977). Taxonomy Of Educational Objective, Cognitive Domain. New York: Longman

Hadiat. (1997). Alam sekitar kita,2. Jakarta: Balai Pustaka

Jika sumber kita unduh dari internet maka cantumkan sumber website nay atau blognya dan tanggal pengunduhan.

I.        LAMPIRAN
Dalam laporan PTK harus ada berkas-berkas lampiran yang kita pakai selama penelitian seperti Lembar Observasi, data perolehan nilai UH sebelum penelitian dan sesudah penelitian tiap siklus, lembaran soal yang digunakan tiap siklus, LKS, modul ( Bahan Ajar), lembaran kartu game, lembaran kartu soal kuis, RPP tiap siklus, dokumentasi setiap kegiatan setiap siklus dan lain lain sesuai tipe pembelajaran yang diambil dan media yang digunakan.
 MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK 
Diseminasi artinya secara harfiah adalah menyebarluaskan. Tujuannya adalah diketahui oleh orang banyak, terutama oleh mereka yang memrlukannya. Sasaran diseminasi adalah para guru dan pihak pihak yang terkait dalam pendidikan. Laporan PTK perlu didiseminasikan agar para guru lain mengetahui apa yang sudah dikerjakan teman sejawatnya dalam upaya perbaikan pembelajaran, sehingga mereka tertarik untuk mencobakannya atau membandingkan dengan apa yang sudah pernah dikerjakannya. Jika perlu guru dapat berhubungan langsung dengan penulis laporan. 
CARA MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK 
Mendiseminasikan laporan PTK dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui media cetak atau tatap muka langsung seperti seminar di sekolah, dalam MGMP/KKG atau seminar ilmiah. Mendiseminasikan laporan PTK melalui media cetak dapat dilakukan dengan mengubah laporan tersebut menjadi sebuah artikel ilmiah ( karya Ilmiah ) yang dapat dikirim ke jurnal ilmiah atau majalah/ bulletin yang banyak dibaca oleh guru biasanya diterbitkan oleh diknas atau sekolah setempat. Mendiseminasikan laporan PTK dengan tatap muka dapat dilakukan dengan mengubah bentuk laporan menjadi garis-garis besar laporan yang dikemas dalam bentuk power point ( ppt ) baik menggunakan OHP atau LCD. Jika seminar ini dapat dibudayakan maka jalan menuju guru professional yang mampu mengembangkan diri akan semakin terbuka

Buku sumber: PTK  oleh IGAK Wardhani, dkk. Modul UT ( IDIK4008 )
 

RANGKUMAN SKEMA LAPORAN PTK
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar isi
                                 I.            Pendahuluan
A.       Latar  Belakang Masalah ( data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).
B.       Rumusan Masalah
C.       Tujuan Penelitian
D.       Manfaat Penelitian
                                II.            Kajian Pustaka
                              III.            Pelaksanaan Penelitian
A.       Subjek Penelitian ( lokasi,waktu,mata pelajaran,kelas dan karakteristik siswa)
B.       Deskripsi persiklus ( rencana, pelaksanaan,pengamatan/pengumpulan data/instrument, refleksi)
                              IV.            Hasil Penelitian dan Pembahasan
A.       Deskripsi persiklus ( rencana, pangamatan, refleksi) keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data
B.       Pembahasan dari setiap siklus
                               V.            Kesimpulan dan Saran
A.       Kesimpulan
B.       Saran 
Daftar Pustaka
Lampiran

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hukum Archimedes lengkap dengan RP, bahan Ajar dan Soal-soa Hukum Archimedes.

RPP LISTRIK STATIS PERT I , TGT