PENULISAN ARTIKEL ILMIYAH DARI LAPORAN PTK



ATURAN/CARA PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK DIDESEMINASIKAN
Setelah guru selesai melakukan penelitian tindakan kelas dan membuat laporannya, maka laporan tersebut harus di deseminasikan, dengan cara tatap muka atau melalui media masa. Adapun cara melalui tatap muka adalah dengan seminar pada acara rapat guru disekolah, atau acara seminar kusus yang menampilkan beberapa orang guru atau pada acara MGMP. Sedangkan melalui media massa dapat dilakukan dengan mengaploud pada situs web site yang disediakan oleh dinas pendidikan atau situs web site sekolah atau melalui jurnal dan majalah majalah pendidikan serta koran.
Laporan PTK yang sudah dibuat tidak seluruhnya harus dikirimkan ke media massa. Tetapi diubah dalam bentuk artikel ilmiah atau berupa sari pati laporan. Syarat artikel ilmiah dan bagian- bagian yang di aploud pada artikel ilmiah adalah sebagai berikut:
A.    SYARAT ARTIKEL ILMIAH
1.       Merupakan ringkasan dari laporan PKP
2.      Artikel merupakan karya asli, bukan plagiat, dan belum pernah diterbitkan pada media lain.
3.      Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia, dengan spesifikasi sebagai berikut.
o   ukuran kertas         :   A4 
o   ketikan                  :   1,5 (satu setengah) spasi
o   jumlah halaman     : Maksimal 30 halaman dalam 1 (satu) file
o   nomor halaman diletakkan di pinggir kanan halaman 
o   software                :  Manuskrip direkam dalam bentuk doc & docx, rtf, atau otd.
o   Tabel harus dibuat langsung dalam word processor  (tabel  standar) bukan konversi dari program excel atau yang lainnya
4.      Setiap artikel disertai dengan abstrak dalam bahasa Indonesia (maksimal 200 kata) dan 3 kata kunci, ketikan 1 (satu) spasi.
A.    BAGIAN YANG DIUPLOAD 
Ø  Judul  (sama dengan judul laporan PKP, ketikan  font  Time New Roman, 14pt, bold, 1 spasi)
Ø  Nama dan NIP
Ø  Alamat Email
Ø  Abstrak dalam bahasa Indonesia {(mencakup latar belakang, tujuan, pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran, hasil, kesimpulan) maks 200 kata dengan 3 kata kunci, ketikan font Time New Roman, 11pt, italic, 1 (satu) spasi} 
I.                   Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah 
1.      Identifikasi Masalah: 
Ø  menjelaskan kondisi pembelajaran yang terjadi di kelasnya.
Ø  menjelaskan  pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pendapat ahli
2.      Analisis Masalah
3.      Alternatif dan prioritas pemecahan masalah 
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan  Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan
D.    Manfaat  Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan
II.                Kajian Pustaka
III.             Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
A.    Subjek, Tempat,  dan Waktu  Penelitian
B.     Desain  Prosedur Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan 
C.     Teknik Analisis Data 
IV.             Hasil dan Pembahasan 
A.    Deskripsi  Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan
B.     Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran/Kegiatan Pengembangan
V.                Simpulan dan Saran Tindak Lanjut
1.      Simpulan 
2.      Saran Tindak Lanjut
            Daftar Pustaka
PENULISAN DAFTAR PUSTAKA
  Penulisan Daftar Pustaka: menggunakan American Psychological Association (APA) style. 
    penyusunan (pengurutan buku sumber) berdasarkan abjad
  Buku: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun).  Judul. Nama tempat penerbitan:
     Penerbit. 
  Periodicals/jurnal ilmiah: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul artikel.                      
      Nama Periodicals, vol (nomor), nomor halaman.   
  Catatan kaki diletakkan di belakang naskah, kecuali catatan kaki yang memberikan  
    elaborasi dapat diletakan pada halaman yang bersangkutan 

 Contoh Susunan Daftar Pustaka
Departemen Pendidikan Nasional. (2002).  Standar kompetensi guru kelas SD-MI Program              Pendidikan DII PGSD. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti, Dit. P2TH-KT. 
 FKIP-UT. (2003). Studi Kelayakan Program SP PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka. 
 Hilgard, Ernest R, & Bower, Gordon H. (1975). Theories of Learning. 4th Edition. New      
            Jersey:Prentice Hall, Inc. 
 Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: 
            Rosdakarya 
CATATAN KHUSUS
Plagiat  merupakan pelanggaran yang serius di dunia akademik, baik yang sengaja ataupun tidak sengaja, sehingga harus dihindari. Menurut definisi “Plagiat merupakan perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah orang lain, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai” (Permendiknas No 17 tahun 2010, Pasal 1 Ayat 1). Secara umum  plagiat  adalah penggunaan atau peniruan yang mirip dengan aslinya atas kalimat, bahasa, dan pemikiran dari pengarang lain tanpa menyebutkan sumbernya, yang artinya mengakuinya sebagai hasil  kerja/pemikiran asli dari penulis. Tindakan plagiat ini dapat dideteksi secara manual maupun melalui aplikasi komputer.  Universitas Terbuka akan melakukan uji deteksi plagiat melalui aplikasi komputer yang khusus disiapkan bagi Jurnal Online Universitas Terbuka.  Tulisan yang terdeteksi sebagai plagiat tidak akan dimuat  dalam publikasi Jurnal Online Universitas Terbuka. Bagi yang melakukan plagiat  harus membuat artikel baru untuk memenuhi kewajiban publikasi ilmiah Anda, dan hal ini akan menghambat kelulusan Anda.
B.  BAGIAN YANG TIDAK DIUPLOAD 
Ø  Halaman  Judul
Ø  Lembar Pengesahan 
Ø  Lembar Pernyataan Bebas Plagiat
Ø  Kata Pengantar
Ø  Daftar Isi
Ø  Daftar Tabel
Ø  Daftar Gambar
Ø  Daftar Lampiran
o   Surat Kesediaan supervisor 2 sebagai pembimbing 
o   Perencanaan PTK (identifikasi masalah, analisis masalah, alternatif pemecahan masalah, rumusan masalah)
o   Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan   siklus 1, RPP Perbaikan siklus
o   RPP  Perbaikan  siklus 3 (bila diperlukan) untuk eksak/non eksak/tematik
o   Lembar observasi/Pengamatan Kinerja Guru
o   Jurnal pembimbingan 
o   Hasil pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus 
Sumber tulisan : Panduan KARIL FKIP 220213.pdf. Universitas Terbuka
SEMOGA DENGAN ARTIKEL INI PARA GURU SEMAKIN MAMPU MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME SEORANG GURU.

    


Comments

Popular posts from this blog

Hukum Archimedes lengkap dengan RP, bahan Ajar dan Soal-soa Hukum Archimedes.

Cara Membuat PTK

RPP LISTRIK STATIS PERT I , TGT