RPP LISTRIK STATIS PERT I , TGT
http://kreatifitasguru.blogspot.com
E. Metode Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN 6 Agam
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: IX /
Ganjil
Tahun
Pelajaran :
2019-2020
Materi
Pokok : muatan listrik
Alokasi
Waktu : 1 kali pertemuan ( 3 jp )
A. Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4 Memahami
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan pada sistem saraf dan
hewan yang mengandung listrik
|
3.4.1
Memahami konsep listrik statis dan
gejalanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4.2
Menjelaskan muatan listrik
3.4.3
Memahami konsep gaya coulomb ( gaya listrik )
3.4.4
Memahami konsep muatan
listrik
3.4.5
Menjelaskan kelistrikan pada
sistem saraf
3.4.6
Memaparkan hewan yang mengandung
listrik
|
4.3 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan
|
4.3.1
Menyajikan hasil penelusuran
informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil
pemuliaan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik
menggunakan metode dan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat memahami konsep listrik statis dan gejalanya
dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik dan
dapat menyajikan hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan
hasil pemuliaan sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan
kebesaranTuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, responsif, santun,
bertanggung jawab, dan kerjasama.
D. Materi
Pembelajaran
Listrik Statis
• Muatan
listrik ( pert I )
• Gaya
listrik ( Pert II
. Muatan
listrik ( pert III )
• Kelistrikan
pada sistem saraf dan hewan listrik ( pert IV )
E. Metode Pembelajaran
1. 1. Pendekatan : Scientific
2 2. Metode :
Diskusi dan Eksperimen
3 3. Model
: TGT ( team game tournament
F. Alat dan Media Pembelajaran
Ø LCD
Ø Power Point muatan Listrik
Ø Soal lisan
Ø Soal bahan diskusi kelompok
Ø Kartu soal ( game )
muatan Listrik ( untuk kerja kelompok )
Ø Kartu soal tournament
Ø Soal kuis
Ø Soal PR
Ø Soal tes akhir
G. Sumber
Belajar
Ø Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran IPA
kelas IX.
Jakarta.
Ø Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran IPA
kelas IX.
Jakarta.
Ø LKS Listrik
Statis
Ø Buku lain yang
menunjang
Ø Multimedia interaktif
dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-III (3 x 40 Menit)
|
|||
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
|
||||
Guru :
|
||||
Orientasi
|
||||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
|||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|||
Aperpepsi
|
||||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran muatan
listrik dengan unsure
|
|||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya tentang unsure yang ada di alam.
Ø Sebutkan unsure yang ada disekitarmu yang kamu
ketahui dan apa lambangnya?
|
|||
Motivasi
|
||||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
Setelah mengikuti proses pembelajaran
siswa dapat :
Ø Menyebutkan pengertian atom
Ø Menjelaskan sejarah penemuan muatan listrik
Ø Menjelaskan jenis atom
Ø Member contoh benda yang dapt bermuatan listrik
Ø Menjelaskan interaksi antar muatan listrik
Ø Menjelaskan cara kerja elektroskop
|
|||
Pemberian Acuan
|
||||
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas yaitu tentang muatan listrik
|
|||
●
|
Memberitahukan tentang indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Indikator: Memahami tentang konsep muatan listrik
KKM 76
|
|||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
Proses
pembelajaran terbagi 3 tahapan:
Ø Mendengarkan penjelasan guru tentang “Muatan listrik”
Ø Bekerja dalam kelompok ( Berkolaborasi )
Ø Bermain ( game )
Ø Kuis : tentang muatan listrik
|
|||
Kegiatan
Inti ( 100 Menit )
|
||||
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|||
Mendengarkan penjelasan Guru
|
KEGIATAN LITERASI
|
|||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi muatan listrik dengan cara
:
|
||||
→
|
Membaca.
|
|||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan Muatan listrik
|
||||
→
|
Menyimak ( 30 menit )
|
|||
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||||
Muatan listrik
|
||||
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan
dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||||
Collaboration (Kerjasama)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
|||
Kelompok biasanya terdiri dari 4
sampai 5 orang siswa yang anggotanya heterogen dilihat dari prestasi
akademik, jenis kelamin dan ras atau etnik. Fungsi kelompok adalah untuk
lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan lebih khusus untuk
mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat
game.
|
||||
→
|
diskusi ( 20 menit )
|
|||
ü
Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan materi tentang muatan listrik yang diberikan berupa kartu
|
||||
ü Peserta menjelaskan
pada anggota kelompok tentang materi yang tercantum pada kartu
ü Semua
anggota secara bergantian member penjelasan dan menjadi pendengar yang baik
tentang penjelasan materi yang diberikan oleh kawannya masing-masing
|
||||
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Muatan listrik yang akan
selesai didiskusikan secara berkelompok.
|
|||
GAME
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) ( 20 menit )
|
|||
Game terdiri dari
pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat
siswa dari penyajian kelas dan belajar kelompok. Game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana bernomor.
Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai
dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan itu akan mendapat
skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk turnamen diakhir pembelajaran.
|
||||
→
|
Peserta didik melakukan (
game ) tentang materi muatan listrik secara berkelompok untuk mengecek
kepenguasaan siswa tentang materi muatan listrik yang telah di sajikan
Untuk melatih sikap jujur
dan bertanggung jawabsetiap pribadi peserta didik.
|
|||
→
|
Permainan dilakukan dalam
kelompok yang heterogen
|
|||
→
|
Melakukan perhitungan
nilai kelompok dari hasil kerja kelompok dan untuk menentukan kelompok
terbaik. ( 3
menit )
|
|||
→
|
Memberikan penghargaan untuk kelompok terbaik yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik pada game tentang materi pelajaran Muatan listrik ( 2 menit )
|
|||
Tournament
|
Tournament ( 20 menit )
COLLABORATION, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION
Turnamen boleh juga dilakukan pada akhir minggu atau pada setiap unit setelah
guru melakukan presentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja.
Turnamen pertama guru membagi siswa ke dalam beberapa meja turnamen. Tiga
siswa tertinggi prestasinya dikelompokkan pada meja I, tiga siswa selanjutnya
pada meja II dan seterusnya.
→ Guru meminta peserta didik untuk duduk secara homogen ( yang memiliki nomor urut sama wakil dari setiap kelompok ) dengan memanfaatkan nomor urut kemampuan peserta didik : misalnya peserta didik berkemampuan tinggi no 1, yang berkemampuan menengah nomor 2 , dst.
→ Guru membagi kartu turnamen yang telah disediakan kepada tiap kelompok turnamen
→ Guru memberi tahukan cara turnamen ( aturan perlombaan )
→ Peserta didik melakukan turnamen sesuai waktu yang ditetapkan
|
|||
Team recognize (penghargaan
kelompok)
|
PEMBERIAN PENGHARGAAN ( PPK ) ( 5 menit )
Guru kemudian mengumumkan kelompok
yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila
rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan
“Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih,( skor tertinggi ) “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45( skor ke II tertinggi ) dan “Good Team” apabila
rata-ratanya 30-40 ( skor ke
III tertinggi )
→ Peserta didik yang menjadi kelompok terbaik diberi penghargaan sebagai bentuk perwujudan rasa syukur atas apa yang sudah diperoleh dari hasil usaha kelompok secara bersama-sama. |
|||
Catatan : Selama pembelajaran Muatan listrik berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||
Kegiatan
Penutup ( 10 Menit)
|
||||
●
|
Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik
untuk pengambilan kesimpulan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Muatan listrik yang baru dilakukan.
|
|||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Muatan listrik yang baru
diselesaikan.
|
|||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas projek tentang muatan
listrik yaitu:
Membuat
tulisan tentang pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari dalam
kertas double folio. Dikumpulkan 1 minggu setelah pertemuan ini.
|
|||
●
|
Mengingatkan peserta didik untuk mengulang pelajaran
di rumah dan membaca materi tentang system saraf.
|
|||
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian :
a. Sikap
(Penilaian Jurnal ) (Lihat
lampiran)
b. Penilaian
keterampilan ( terlampir )
c. Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat
lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
2.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai
ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan
topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau
di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester :
........................
Mat Pelajaran :
........................
Ulangan Harian Ke :
........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian :
........................
Materi Ulangan Harian :
........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai
materi sebelum waktu yang telah
ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang
lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik
pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik
yang berhasil dalam pengayaan.
Catatan Kepala
Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Mengetahui :
Kepala MTsN ...............
( .................................. )
Nip.................................
|
................, Oktober 2019
Guru Mata
Pelajaran IPA
( .................................... )
NIP : .................................
|
Comments
Post a Comment