Perangkat, RPP , silabus IPA kelas 8 sem II 2023
SILABUS PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : MTsN _______
Kompetensi Inti Kelas VIII |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3. Memahamidanmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata |
4. Mengolah, menyaji, danmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori |
KOMPETENSI INTI KELAS VIII |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber belajar |
3.8 Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan |
Tekanan Zat · Tekanan zat padat, cair, dan gas · Tekanan darah · Osmosis · Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan |
· Mengamati berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair dan gas serta tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan · Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan peristiwa kapilaritas
· Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya · Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas dalam bentuk peta konsep dan mendiskusikannya dengan teman.
|
· Penilaian sikap · Penilaian kognitif - objektif - uraian · Penilaian psikomotorik (demonstrasi) · Proyek · Performance (praktik ) |
5 pert
|
· IPA SMP/MTs Kelas VIII ( Buku Siswa kur 2013 revisi 2021) · Sumber informasi lainnya; buku referensi lain ,LKS Siswa, internet, koran, majalah, tabloid, dan sebagainya · Alat-alat praktikum · Lingkungan sekitar
|
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
Sistem Pernapasan · Organ pernapasan · Mekanisme pernapasan · Gangguan pada sistem pernapasan · Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
· Mengamati model sistem pernapasan. · Mengidentifikasi organ pernapasan, mekanisme pernapasan, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem pernapasan · Menuliskan laporan dan memaparkan hasil identifikasi organ, mekanisme sistem pernapasan dan penyakit serta upaya menjaga kesehatan · Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan |
· Penilaian sikap · Penilaian kognitif - objektif - uraian · Penilaian psikomotorik (demonstrasi) · Proyek · Performance (praktik ) |
2 pert
|
· IPA SMP/MTs Kelas VIII ( Buku Siswa kur 2013 revisi 2021) · Sumber informasi lainnya; buku referensi lain ,LKS Siswa, internet, koran, majalah, tabloid, dan sebagainya · Alat-alat praktikum · Lingkungan sekitar
|
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
Sistem Ekskresi · Struktur dan fungsi sistemekskresi · Gangguan pada sistem ekskresi · Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
· Mengamati tayangan/model sistem ekskresi · Mengidentifikasi struktur dan fungsi, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem ekskresi · Membuat karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya dengan teman
|
· Penilaian sikap · Penilaian kognitif - objektif - uraian · Penilaian psikomotorik (demonstrasi) · Proyek · Performance (praktik ) |
4 pert
|
· IPA SMP/MTs Kelas VIII ( Buku Siswa kur 2013 revisi 2021) · Sumber informasi lainnya; buku referensi lain ,LKS Siswa, internet, koran, majalah, tabloid, dan sebagainya · Alat-alat praktikum · Lingkungan sekitar
|
3.11 Menerapkan konsep getaran, gelombang, bunyi, dan sistem pendengaran dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem sonar pada hewan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
Getaran, Gelombang, dan Bunyi · Getaran · Gelombang · Bunyi · Sistem pendengaran pada manusia · Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari · Sistem sonar pada hewan
|
· Mengamati fenomena getaran pada bandul ayunan, gelombang pada tali/slinki serta bunyi dari berbagai sumber bunyi · Mengamati mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan · Melakukan percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi getaran bandul ayunan · Melakukan percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang · Mengidentifikasi bagian-bagian sistem pendengaran untuk mengetahui mekanisme mendengar pada manusia · Melakukan percobaan frekuensi bunyi dan resonansi untuk menjelaskan sistem sonar pada hewan · Menyajikan hasil percobaan dan identifikasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
· Penilaian sikap · Penilaian kognitif - objektif - uraian · Penilaian psikomotorik (demonstrasi) · Proyek · Performance (praktik ) |
5 pert
|
· IPA SMP/MTs Kelas VIII ( Buku Siswa kur 2013 revisi 2021) · Sumber informasi lainnya; buku referensi lain ,LKS Siswa, internet, koran, majalah, tabloid, dan sebagainya · Alat-alat praktikum · Lingkungan sekitar
|
3.12. Memahami sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
|
Cahaya · Sifat-sifat cahaya · Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa · Penglihatan manusia · Proses pembentukan bayangan pada mata serangga · Alat optik
|
· Melakukan pengamatan fenomena serta mendiskusikannya terkait dengan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pelangi, jalan aspal nampak berair, sedotan yang terlihat patah di dalam gelas berisi air · Mengamati bayangan pada cermin dan lensa. · Mengamati mata manusia dan mata serangga serta mengidentifikasi kesamaannya dengan alat-alat optik seperti lup, kamera, dan mikroskop · Melakukan percobaan untuk menyelidiki pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik · Memaparkan hasil percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.
|
· Penilaian sikap · Penilaian kognitif - objektif - uraian · Penilaian psikomotorik (demonstrasi) · Proyek · Performance (praktik ) |
7 pert
|
· IPA SMP/MTs Kelas VIII ( Buku Siswa kur 2013 revisi 2021) · Sumber informasi lainnya; buku referensi lain ,LKS Siswa, internet, koran, majalah, tabloid, dan sebagainya · Alat-alat praktikum · Lingkungan sekitar
|
Mengetahui Kepala MTsN _________
(______________________) NIP. __________ |
_________, Januari 2023 Guru Mata Pelajaran IPA
(_________________) NIP____________ |
Comments
Post a Comment