RPP IPA 1 lembar kelas 8 semester 2 th 2023, tekanan hidrostatis lengkap dengan bahan ajar dan soal-soal.
RPP IPA 1 lembar kelas 8 semester II th 2023 tentang tekanan hidrostatis lengkap dengan bahan ajar dan soal-soal tekanan hidrostatis ini mudah untuk di copy pastekan dengan tujuan bisa membantu bapak ibuk guru IPA yang kesulitan dalam menyiapkan dokumen 1 yang diperlukan di sekolah. semoga dapat bermanfaat dan membantu kawan kawan gur. Sukses selalu untuk guru guru hebat. semoga anak -anak bangsa semakin cerdas dan berakhlak mulia dimasa mendatang. Selamat bekerja.
I. RPP tekanan hidrostatis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP 2 ) |
Sekolah : MTsN Kelas/Semester : VIII/Genap Pertemuan ke : 2 Waktu : 3 x 35’ Topic : Tekanan hidrostatis
|
A. KOMPETENSI DASAR
3.6 |
Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan |
4.6 |
Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan, |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
3.8.1 |
Memberikan contoh peristiwa sehari hari tentang tekanan hidrostatis. |
3.8.2 |
Memilih benda yang mengalami tekanan terbesar / terkecil |
3.8.3 |
Menghitung besar tekanan hidrostatis yang dialami benda. |
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN |
|
Kegiatan pendahuluan |
1.Salam 2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik berdoa sebelum belajar 3.Guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini. |
Kegiatan inti |
1. Guru menayangkan memberikan peristiwa actual di sekitar siswa yang berhubungan dengan tekanan hidrostatis. 2. Peserta didik kemudian menyimak penjelasan yang diberikan guru sampai contoh soal dan pembahasannya 3. Guru memberikan link video yang bisa dipelajari kembali oleh siswa dengan link https://youtu.be/mh7m1ws-fQw heriyana ana 4. Peserta didik secara individu diminta untuk mengerjakan soal sesuai contoh soal yang sudah dibahas. |
Kegiatan penutup |
1. Peserta didik membuat kesimpulan pembelajaran hari ini 2. Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa .
|
D. PENILAIAN
· Penilaian sikap: kehadiran dan ke aktifan siswa
selama PBM berlangsung
· Penilaian pengetahuan: nilai tugas 2 : terlampir
Mengetahui, Kepala MTsN_________
(__________________) NIP. ______________ |
____________, Januari 2023 Guru IPA
(_____________) NIP. ________ |
Lampiran I: Bahan Ajar
TEKANAN HIDROSTATIS
Allah telah menciptakan pesona alam bawah laut yang sangat indah sehingga sangat perlu kita syukuri dan tetap menjaga keasriannya dengan baik. Seorang penyelam sebelum menyelam ke bawah laut harus mengetahui batas kedalaman yang dibolehkan untuk diselami. Hal ini disebabkan tekanan air pada kedalaman yang melebihi batas yang ditentukan akan membahayakan pada gendang telinga. Semakin dalam menyelam maka tekanan air akan semakin besar yang dapat merusak gendang telinga manusia. Selain terhadap telinga juga terhadap paru paru manusia. Manusia hanya mampu menyelam di kedalaman lebih kurang 20 m. sebab paru –paru manusia tidak dapat menahan tekanan yang melebihi 240.000 Pa
Besarnya tekanan air yang dikenal dengan tekanan hidrostatis tergantung pada kedalaman benda dalam air, massa jenis zat cair dan besarnya percepatan grafitasi di tempat tersebut. Dimana pengaruhnya sebanding dengan besar tekanan hidrostatis. Semakin dalam benda, maka besar tekanan hidrostatis juga semakin besar. Semakin besar massa jenis zat cair maka makin besar pula tekanan yang dialami benda. Secara matematis besar tekanan hidrostatis dirumuskan sebagai berikut:
|
Tekanan hidrostatis ini penting diperhatikan dalam merancang PLTA, jembatan, kapal selam dan bangunan bangunan yang buat dibawah air.
|
|
sumber gambar : Heriyana Ana
Lampiran II:Soal-soal
TEKANAN ZAT CAIR
(TEKANAN HIDROSTATIS )
Soal diskusi.
1. Air dalam bak mandi yang tingginya 1 m terisi air setinggi 80 cm. jika percepatan grafitasi 10 m/s2. Berapakah tekanan yang dialami ikan ketika berada didasar bak mandi?
|
2. Perhatikan gambar? Jika massa jenis air 1000 kg / m3. Berapakah tekanan yang dialami ikan ?
|
3. Perhatikan gambar ikan dalam tabung! Jika massa jenis zat cair 1000 kg / m3. Dan percepatan grafitasi 10 m/s3. Tekanan ikan K=20.000 N/m2 dan ikan L= 25.000 n/m2. Berapakah selisih kedalaman ikan K dan ikan L?
|
4. Perhatikan gambar ikan dalam tabung! Jika massa jenis zat cair 1000 kg / m3. Dan percepatan grafitasi 10 m/s3. Berapakah Tekanan yang dialami ikan ?
|
LATIHAN 2: Tekanan hidrostatis
1. Air dalam bak mandi yang tingginya 1 m terisi air setinggi 65 cm. jika percepatan grafitasi 10 m/s2. Berapakah tekanan yang dialami ikan ketika berada didasar bak mandi?
|
2. Perhatikan gambar? Jika massa jenis air 1000 kg / m3. Berapakah tekanan yang dialami ikan ?
|
3. Perhatikan gambar ikan dalam tabung! Jika massa jenis zat cair 1000 kg / m3. Dan percepatan grafitasi 10 m/s3. Tekanan ikan K=40.000 N/m2 dan ikan L= 25.000 n/m2. Berpakah selisih kedalaman ikan K dan ikan L?
|
4. Perhatikan gambar ikan dalam tabung! Jika massa jenis zat cair 1000 kg / m3. Dan percepatan grafitasi 10 m/s3. Berapakah Tekanan yang dialami ikan ?
|
PR 2: Tekanan Hidrostatis
1. Air dalam bak mandi yang tingginya 100 cm terisi air setinggi 85 cm. jika percepatan grafitasi 10 m/s2. Berapakah tekanan yang dialami ikan ketika berada didasar bak mandi?
|
2. Seekor ikan berada di bak air seperti gambar. Jika massa jenis air 1000 kg/ m3 dan percepatan grafitasi bumi 10 N/kg. berapakah tekanan yang dialami ikan?
|
3. Dua ika berada dalam air dengan posisi seperti gambar. Tekanan hidrostatis ikan K= 1000 N/m2 Dan ikan L = 6000 N/m2. Massa jenis air 1000 kg /m3. Percepatan grafitasi bumi 10 m/s2. Hitunglah selisih kedalaman ikan K dan L!
|
4. Perhatikan gambar? Jika massa jenis air 1000 kg / m3. Berapakah tekanan yang dialami ikan ? |
selamat bekerja semoga sukses selalu
Comments
Post a Comment