RPP IPA KELAS IX SEMESTER I TAHUN 2020
PROGRAM TAHUNAN
Satuan
Pendidikan :
MTsN Kubang Putih
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas :
IX
Tahun Pelajaran :
2019-2020
Semester
|
Standar
kompetensi/kompetensi dasar
|
Alokasi waktu
|
I
|
SK I : Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari
hari.
KD I : Mendeskripsikan muatan listrik
untuk memahami gejala gejala listrik statis serta kaitannya dalamkehidupan
KD II : Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam
suatu rangkaian seerta penerapannya dalam kehidupan
KD III: Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang sitimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari hari .
KD IV: Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik
serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari
|
9 jp
12 jp
3 jp
9 jp
|
JUMLAH
|
33 JP
|
|
II
|
SK II : Memahami konsep kemagnetan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari hari.
KD I : Menyelidiki gejala kemagnetan dan
cara membuat magnet.
KD II :
Mendeskripsikan konsep magnet dalam produk tegnologi.
KD III :
Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk
menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang
menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.
SK III : Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi
\
didalamnya.
KD I : Mendeskripsikan karakteristik
system tata surya.
KD II : Mendeskripsikan matahari sebagai
bintang dan bumi
sebagai planet.
KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta
pengaruh
interaksinya.
KD IV : Mendeskripsikan proses proses khusus yang
terjadi
dilapisan lithosfer dan atmosfer yang tekait dengan
perubahan zat dan kalor
.
KD V : Menjelaskan hubungan antara proses yang
terjadi
dilapisan lithosfer dan atmosfer dengan
kesehatan dan
permasalahan lingkungan.
|
4 jp
6 jp
10 jp
4 jp
8 jp
6 jp
6 jp
6 jp
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
50 jam
|
Mengetahui :
Kepala MTsN Kubang
Putih
( BASRIAL,S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih, Juli 2013
Guru Mata
Pelajaran
( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
|
RINCIAN PROGRAM SEMESTER
Mata
pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan : Mtsn Kubang Putih
Kelas / Semester : IX / I
Tahun Pelajaran : 2013 - 2014
A.
Banyak minggu dalam semester I
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
MINGGU TIDAK EFEKTIF
|
MINGGU EFEKTIF
|
KETERANGAN
|
1
|
Juli
|
4
|
2
|
2
|
M0S Cadangan, libur puasa
|
2
|
Agustus
|
5
|
2
|
3
|
Libur puasa,lebaran
|
3
|
September
|
4
|
-
|
4
|
|
4
|
Oktober
|
5
|
-
|
5
|
|
5
|
November
|
4
|
1
|
3
|
Mid
|
6
|
Desember
|
4
|
3
|
1
|
Ujian semester
|
JUMLAH
|
26
|
9
|
18
|
B.
Banyak minggu efektif :
18 minggu
C.
Jumlah jam efektif :
18 x 3 = 54 jam pelajaran
D.
Rincian jam efektif :
cadangan = 9
Pembelajaran = 33 JP
Ulangan harian 3 x 3 JP = 9 JP
Ujian MID SEM I 1 x 3 JP = 3 JP
Jumlah = 54 Jam pelajaran
Mengetahui :
Kepala MTsN Kubang Putih
( BASRIAL, S. Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih, Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika
( JASMIAL )
NIP : 197011281995122001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP I )
Satuan Pendidikan : MTsN
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Jumlah Pertemuan : 3 kali pertemuan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami konsep kelistrikkan dan penerapannya dalam
kehidupan sahari-hari
|
1.
Mendeskripsikan muatan listrik untuk
memehami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan.
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
v
Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik
bila dengan cara tertentu
v
Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan
benda bermuatan listrik
v
Menjelaskan secara kualitatif hubungan
antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara 2 benda
bermuatan listrik
v
Menjelaskan peristiwa terjadinya petir
|
Setelah pembelajaran siswa dapat:
·
Menimbulkan muatan listrik dengan cara
menggosok
·
Menimbulkan muatan listrik dengan cara
induksi
·
Menjelaskan cara menimbulkan muatan listrik pada
rol
·
Menjelaskan cara menimbulkan muatan lisrik
pada kaca
·
Menjelaskan muatan listrik yang timbul pada
pada rol
·
Menjelaskan muatan listrik yang timbul pada
kaca
·
Menyebutkan kembali bunyi hukum coulomb
·
Menggunakan rumusan hukum coulomb dan penerapannya pada
soal-soal
·
Menjelaskan proses terjadinya petir
|
MATERI AJAR
FAKTA
|
Listrik statis
|
KONSEP
|
Listrik statis dapat ditimbulkan pada benda
dengan cara menggosok dan induksi.
|
PRINSIP
|
Hukum coulomb menjelaskan dua benda
bermuatan jika didekatkan akan saling tarik menarik atau tolak menolak
besarnya sama dengan hasil kali dua muatan tiap jarak kuadrat yang dirumuskan
dengan :
F = K Q1 X Q2
R2
|
PROSEDUR
|
1.
Memahami cara membuat benda bermuatan listrik seperti pada rol
plastik dan kaca.
2.
Mempelajari hukum coulomb.
3.
Mengenal cara mengukur benda bermuatan listrik atau tidak dengan elektroskop
|
ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
|
TM
|
9 x 45 menit
|
Proses pembelajaran
|
PT
|
3 x 45 menit
|
Tugas tertulis
|
KMTT
|
METODE PEMBELAJARAN:
Model
Pembelajaran :
o
Direct Instruksional ( DI )
o
Cooperative learning ( TGT )
Metode
pembelajaran:
o
Diskusi , tanya jawab
o
Demonstrasi
o
Pengamatan
o
Studi pustaka
o
Penugasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN I
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KET
|
PENDAHULUAN
Ø Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I
Motivasi
Ø Apa yang terjadi ketika rambutmu di sisir dengan sisir plastik?
Ø Adakah potongan-potongan rambut yang nempel pada sisir?
( rambut kering)
|
10
mnt
|
||
KEGIATAN INTI
|
|||
EKSPLORASI
Ø
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
cara menimbulkan listrik statis
Ø
Melakukan demonstrasi cara menimbulkan
listrik statis pada rol plastik dan kaca.
ELABORASI
Ø Siswa mengerjakan LKS tentang cara menimbulkan listrik
statis
Ø Beberapa
orang siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas
Ø Siswa lain
mengomentari laporan temannya
Ø Guru
memperjelas hasil kerja siswa
Ø Hasil kerja
siswa dikumpulkan
KONFIRMASI
Ø Kuis tentang
cara menimbulkan listrik statis pada benda.
Ø Hasil kuis
dikumpulkan
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
Ø
Rol plastik
Ø
kain wol
Ø
batang kaca
Ø
kain sutra
Ø
tisu
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|||
Ø Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
Ø Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
Ø tentang kesimpulan pelajaran pertemuan I
Ø Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang cara
menimbulkan listrik statis pada benda.
Ø Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
I.
BAHAN AJAR PERTEMUAN I
BAB I: LISTRIK STATIS
A. ATOM
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
1.
Bagian Inti atom ( Nukleus )
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
a.
Muatan positif disebut dengan proton
b.
Tidak bermuatan disebut dengan neutron
2.
Bagian kulit atom terdiri dari electron yang
bermuatan negative.
PENGERTIAN ATOM
POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
a.
Atom positif jika sebuah atom netral
ditinggalkan oleh sebuah electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki
jumlah proton lebih banyak dari jumlah electron.
b.
Atom negative jika sebuah atom netral dimasuki
oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah electron
lebih banyak dari jumlah proton.
c.
Atom netral jika jumlah proton sama banyak
dengan jumlah electron.
B.
BENDA
DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di ala mini memiliki atom. Ketika benda
belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan
netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut
diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah
tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut
kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi
bermuatan listrik positif atau negative.
Ada dua cara member muatan listrik pada benda yaitu:
1. Dengan menggosok benda tersebut dengan
benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik
statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia
dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu
ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contohnya:
a.
Rol
digosok dengan kain wol akan bermuatan negative
karena terjadi perpindahan electron dari kain
wol ke rol. W ---
R
·
Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø
Plastik
jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø
Karet /
ban jika bergesekkan dengan jalan
Ø
Ebonit jika
digosok dengan wol
Ø
Sisir
plastik jika digosokkan ke rambut kering.
Ø
Balon jika
digosok dengan wol
b.
Kaca digosok dengan sutra
akan bermuatan positif karena
terjadi perpindahan electron dari kaca
ke sutra. K S
·
Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca
Jika benda – benda yang
telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v
Tarik menarik, jika benda positif dan negatif
berdekatan contoh:
o
rol plastik dan kaca
o
sisir plastik dan kaca
o
ebonit dan fiber glas dll
v
Tolak menolak jika dua benda yang memiliki
muatan listrik yang sama, sam negatif atau sama-sam positif. Contoh:
o
Fiber glas dengan kaca
o
Karet dengan plastik
o
Sisir plastik dengan rol plastik
o
Sesama rol dll
II.
LKS PERTEMUAN I
LKS 1.1
BAB I: LISTRIK STATIS
C.
ATOM
Menurut Leukippus
dan Demokritus atom
adalah:………………………………………………….
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
3.
Bagian …………………… atau disebut juga dengan ………………………….
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
c.
…………………….. …………………………..disebut dengan ………………………..
d.
……………………… ………………………… disebut dengan ……………………….
4.
Bagian …………………. …………….. terdiri dari ……………………….
yang bermuatan …………………………...
PENGERTIAN ATOM
POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
d.
Atom positif adalah:jika sebuah atom netral …………………………
electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….. lebih ……………………
dari jumlah electron.
e.
Atom negative jika sebuah atom netral ……………………..
oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….
lebih banyak dari jumlah ………………………
f.
Atom netral jika jumlah ……………………………….. dengan
jumlah electron.
D. BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di alam ini memiliki atom. Ketika benda
belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan
netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut
diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah
tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut
kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi
bermuatan listrik positif atau negative.
Ada dua cara memberi muatan listrik pada benda yaitu:
2. Dengan ………………………….benda tersebut dengan
benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik
statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia
dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu
ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contoh lain:
c.
Rol digosok dengan kain ………… akan bermuatan ………………… karena terjadi perpindahan electron dari ………………….. ke ………….. . ( W ---
R )
·
Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø
…………….
jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø
……………………
jika bergesekkan dengan jalan
Ø
………………. jika
digosok dengan wol
Ø
……………………………
jika digosokkan ke rambut kering.
Ø
………………………
jika digosok dengan wol
d.
Kaca digosok dengan …………………
akan bermuatan ……………… karena terjadi
perpindahan electron dari ……………………ke
……………..
( K S )
·
Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca
Jika benda – benda yang
telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v
…………………….., jika benda positif dan negatif
berdekatan contoh:
o
…………………………. dan kaca
o
………………………… dan kaca
o
……………………….. dan fiber glas dll
v
…………………………….. jika dua benda yang memiliki
muatan listrik yang sama, sama-sama negatif atau sama-sama positif. Contoh:
o
Fiber glas dengan …………………………..
o
Karet dengan ………………………..
o
Sisir plastik dengan rol plastik
o
Sesama rol dll
III.
SOAL KUIS PERTEMUAN I
KUIS 1.1
1.
Bagian yang terkecil dari benda yang tidak dapat
dibagi-bagi lagi disebut dengan:
A.
Proton B.
electron C.
neutron D.
nucleus
2.
Orang yang pertama kali mengemukakan tentang
atom adalah:
A.
Coulomb B.
Demokritus C. Neowton D. Oersted
3.
Atom disebut juga dengan:
A.
Proton B.
electron C.
neutron D.
nucleus
4.
Atom Carbon memiliki 6 proton, 7 elektron dan 6
neutron. Maka atom carbon bermuatan:
A.
Positif B.
negative C. netral D. 1
5. Jika
mistar plastic digosokkan ke rambut yang kering kemudian diletakkan pada
sobekan kertas kecil-kecil, kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan
bahwa mistar plastic bermuatan listrik:
A.
Positif, karena electron dari rambut mengalir ke
plastic
B.
Positif, karena electron plastic mengalir ke
rambut
C.
Negatif, karena electron dari rambut mengalir ke
plastic
D.
Negatif, karena electron dari plastic mengalir
ke rambut
6. Sebuah
benda digosok dengan benda lain sebagian elektronnya berpindah ke benda yang
digosok. Dalam hal ini benda yang digosok akan menjadi:
A.
Bermuatan positif C. Bermuatan negatif
B.
Tidak bermuatan D. Bermuatan nol
7. Plastic
yang digosok dengan wol bermuatan negatif, pernyataan yang benar adalah:
A.
electron wol pindah ke udara C. electron wol
pindah ke plastic
B.
electron plastic pindah ke udara D. electron plastic
pindah ke wol
8. Perhatikan
gambar berikut!
Batang kaca dapat menarik potongan
kertas seperti gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh
penggosokkan dengan ….
A. Kain
wol, sehingga melepaskan beberapa electron yang dimiliki
B. Kain
sutera,sehingga melepaskan beberapa electron.
C. Kain
wol,sehingga menerima beberapa electron dari kain wol
D. Kain
sutera,sehinggamenerima beberapa elektron
|
9. Seorang siswa melakukan penyelidikan
prilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut :
Hasil
penyelidikannya, sisir tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada
gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....
digosok dengan
|
peristiwa yang terjadi
|
jenis muatan listrik sisir
|
|
A
|
kain sutera
|
mendapat tambahan elektron
dari kain sutera
|
negatif
|
B
|
kain wol
|
mendapat tambahan elektron
dari kain wol
|
negatif
|
C
|
kain sutera
|
kehilangan beberapa
elektron yang dimilik
|
positif
|
D
|
kain wol
|
kehilangan beberapa
elektron yang dimiliki
|
positif
|
10. Proses
pemberian muatan listrik di bawah ini
yang benar adalah…
A.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
B.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
C.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan positif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
D.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan positif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
11. Proses
pemberian muatan listrik di bawah ini yang benar adalah…..
A.
Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan
bermuatan negatif, karena electron dari rol plastic pindah ke kain wol.
B.
Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain wol pindah rol plastic.
C.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
D.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca.
12. interaksi
tarik menarik antar muatan listrik terjadi pada:
A.
penggaris plastic yang digosok dengan kain wol
terhadap kaca yang digosok dengan kain sutera
B.
penggaris plastic yang digosok dengan kain wol
terhadap ebonite yang digosok dengan dengan kain wol
C.
ebonite yang digosok dengan kain wol terhadap
kain sutra yang digosok dengan kaca.
D.
Ebonite yang digosok dengan wol terhadap benda
lain yang bermuatan negative
13. Benda-benda
bermuatan listrik dibawah ini jika didekatkan akan tarik menarik adalah:
A.
Sisir-plastik C.
Kaca-ebonit
B.
Sisir-ebonit D. Plastic-ebonit
14. Benda-benda
bermuatan listrik dibawah ini akan tolak menolak jika didekatkan adalah:
A.
Sisr-kaca
C. Kaca-ebonit
B.
Plastic-ebonit D.
Plastic-kaca
15. Sebuah
penggaris plastic yang telah digosok dengan kain wol didekatkan ke sebuah
batang kaca yang telah digosok dengan kain sutra, interaksi yang terjadi
adalah:
A.
Tolak menolak C. Tarik
menarik
B.
Tidak memiliki gaya listrik D. Tidak ada reaksi
IV.
SOAL PR PERTEMUAN I
PR 1.1
1.
Jelaskan pengertian atom dan siapa yang pertama
kali pemberi pengertian seperti itu?
2.
Jelaskan bagian-bagian atom dan komponen
masing-masingnya!
3.
Jelaskan pengertian atom netral, atom positif
dan atom negative!
4.
Berilah 2 contoh benda yang dapat diberi muatan
listrik statis, dan jelaskan proses terjadinya dan muatan yang terjadi pada
benda tersebut.
5.
Tuliskan contoh benda-benda yang bermuatan
positif dan negative ketika diberi muatan listrik?
6.
Jelaskan reaksi yang terjadi pada benda
bermuatan yang saling berdekatan dan sertakan contoh masing.
PERTEMUAN II
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KET
|
Pendahuluan
Motivasi
|
10
mnt
|
||
KEGIATAN INTI
|
|||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
gaya Coulomb antara dua benda bermuatan listrik
(
hukum coulomb )
·
Melakukan demonstrasi dua benda bermuatan
saling didekatkan. ( rol –rol ) atau ( kaca – rol )
·
Mendengarkan informasi cara menghitung besar
gaya coulomb antara dua benda bermuatan berdekatan .
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS tentang hukum coulomb
secara berkelompok
·
Beberapa siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan kelas.
·
Kelompok lain langsung memberikan tanggapan
·
Guru menjelaskan ulang tentang materi dan member penguatan
terhapa materi pelajaran
KONFIRMASI
·
Siswa menjawab soal kuis
·
Setelah selesai jawaban kuis dikumpulkan
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
||
KEGIATAN PENUTUP
|
|||
|
15 mnt
|
I.
BAHAN AJAR PERTEMUAN II
E.
HOKUM
COULOMB
Bunyi Hokum
Coulomb: besar gaya tarik / tolak ( gaya Coulomb ) antara dua muatan yang
berdekatan sebanding dengan muatan ke dua benda dan berbanding terbalik dengan
kuadrat jarak ke dua muatan.
Besarnya gaya Coulomb pertama kali diselidiki oleh
Charles Augustin De Coulomb dengan menggunakan alat yang disebut NERACA
PUNTIR.
Besar gaya coulomb dihitung dengan persamaan:
F = k x Q1 X Q2
R2 |
Keterangan rumus:
F = besar gaya coulomb satuannya Newton ( N )
K = tetapan coulomb atau konstanta coulomb ( Nm2/C2
)
Q1,2 = besar muatan 1 dan 2 ( C )
r = jarak antara ke dua muatan ( m )
CONTOH SOAL:
1.
Dua benda bermuatan 4 C dan 8 C berada pada
jarak 0,02 m. berapakah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
Diketahui:
|
|
2.
Dua muatan P dan Q berada pada jarak
r.menghasilkan gaya coulomb sebesar F. jika muatan P diperbesar 2 kali semula
dan muatan Q diperbesar 3 kali semula. Berapakah besar gaya coulomb jika :
B.
Jarak diperkecil ½ kali semula.
C.
Jarak diperbesar 2 kali semula.
|
|
3.
Dua buah benda masing masing bermuatan listrik
3µC dan –2 µC yang terpisah sejauh 10
cm bila ketetapan coulomb 9.109 N m2/C2
berapakah besar gaya tarik antara kedua muatan ?
|
II.
LKS 1.2
LKS 1.2
F.
HOKUM
COULOMB
Bunyi Hokum Coulomb adalah:
………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Besarnya gaya Coulomb pertama kali diselidiki oleh
……………………………………………………………... dengan menggunakan alat yang disebut …………………………………………………
Besar gaya coulomb dihitung dengan persamaan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………
Keterangan rumus:
F = ………………………………………………… satuannya Newton ( N )
K = ………………………………………………… ( Nm2/C2 )
Q1,2 = ………………………………………satuannya ( C )
r = ………………………………………… satuannya ( m )
CONTOH SOAL:
1.
Dua benda bermuatan 4 C dan 8 C berada pada
jarak 0,02 m. berapakah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
Diketahui:
|
|
2.
Dua muatan P dan Q berada pada jarak r.menghasilkan
gaya coulomb sebesar F. jika muatan P diperbesar 2 kali semula dan muatan Q
diperbesar 3 kali semula. Berapakah besar gaya coulomb jika :
D.
Jarak diperkecil ½ kali semula.
E.
Jarak diperbesar 2 kali semula.
|
|
4.
Dua buah benda masing masing bermuatan listrik
3µC dan –2 µC yang terpisah sejauh 10
cm bila ketetapan coulomb 9.109 N m2/C2
berapakah besar gaya tarik antara kedua muatan ?
|
III.
SOAL KUIS 1.2
IV.
SOAL PR 1.2
PERTEMUAN III
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KET
|
A. PENDAHULUAN
·
salam, do’a dan absensi serta tausiayah
·
Guru meminta tugas di rumah
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan ke III
Prasyarat
o
Siswa telah mengetahui benda di gosok dengan
benda lain menjadi bermuatan listrik
Motivasi
o
Dapatkah kamu membuat potongan kertas
menempel lebih lama pada mistar plastik dan kaca?
|
10
mnt
|
||
KEGIATAN INTI
|
|||
EKSPLORASI
§
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
elektroskop dan petir
§
Guru mengadakan tanya jawab tentang cara
kerja elektroskop
§
Guru meminta siswa menjelaskan cara kerja
penangkal petir
§
Bersama siswa mendiskusikan
peristiwa-peristiwa listrik statis di alam
ELABORASI
§ Siswa mengerjakan soal-soal tentang elektroskop dan
peristiwa listrik statis
KONFIRMASI
§ Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
Ø
Gambar elektroskop
Ø
Gambar penangkal petir
Ø
Gambar generator Van De Graff
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|||
§
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
§
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
III
§
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
listrik statis di rumah
§
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
SUMBER BELAJAR :
1.
Buku fisika kelas IX BSE
2.
Yudistira kelas IX
3.
Modul fisika kelas IX
4.
LKS fisika kelas IX
PENILAIAN HASIL BELAJAR
ALAT PENILAIAN
1.
Jelaskan sebuah atom bersifat netral , positif
dan negatif
2.
Berilah 2 contoh benda yang diberi muatan
dengan cara digosok dan jelaskan proses perpindahan elektronnya serta muatan
listrik yang terjasi!
3.
Dua benda bermuatann masing masing 3 C dan 4 C,
berada pada jarak 3 cm. Jika k = 9 x 109 N m2 / C2
Hitunglah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
4.
Dua benda P dan Q berada pada jarak R. Jika
muatan P dan Q diperbesar masingmasing 3 kali semula
Dan jarak diperkecil ½ kali semula. Berapakah besar gaya
coulomb kedua muatan sekarang?
5.
Jelaskan proses perpindahan elektron jika:
A.
Awan positif mendekati penangkal petir
B.
Awan negatif mendekati penangkal petir.
KUNCI JAWABAN
1.
* Atom netral jika jumlah muatan positif dan
negatif sama banyak.
*Atom positif jika sebuah atom ditinggalkan oleh elektron
atau jika jumlah muatan positif ( proton)
lebih banyak dari muatan negatif ( elektron )
*Atom negatif jika atom dimasuki oleh elektron atau jika
jumlah muatan negatif atom lebih banyak dari muatan positif .
2.
A. Rol plastik digosok dengan kain wol terjadi
perpindahan elektron dari wol ke rol
plastik sehingga rol plastik menjadi negatif.
B.Kaca digosok dengan kain sutra sehingga terjadi
perpindahan elektron dari kaca ke sutra sehingga kaca bermuatan positif
3.
Diketahui: Q1
= 3 C
Q2 = 4
C
r = 3 cm = 3 x
10-2 m
r2 = 9 x 10-4
m
Ditanya
: F = ......... N
Jawab : F
= k x Q1 x Q2
R2
F = 9 x 109 x 3 x 4
9
x 10-4
F
= 1,2 x 1014 N
4.
Jawab :
F = 1 x 3 x 3
( ½ )2
F
= ___9___
¼
F
= 9 x 4
F
= 36 F
5. A. Jika awan positif mendekati penangkal petir maka elektron berpindah dari
bumi ke penangkal petir terus ke awan .
B.jika awan negatif mendekati penangkal petir maka elektron berpindah dari
awan ke penangkal petir terus ke bumi.
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika
( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )
Satuan Pendidikan : MTsN
Kelas / Semester
: IX / Ganjil
Mata Pelajaran
: IPA Fisika
Jumlah Pertemuan
: 4 kali pertemuan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Memahami konsep kelistrikkan dan
penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
|
2.
Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam
suatu rangkaian listrik serta penerapannya dalam kehidupan.
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
v
Menyimpulkan pengertian kuat arus listrik dan tegangan
listrik.dengan
v
Menghitung tegangan dengan menggunakan hukum
ohm .
v
Menghitung besar hambatan bahan yang berbeda
jenisnya.
v
Menghitung kuat arus pada rangkaian
bercabang ( paralel ) dengan menggunakan hukum Kirchof I .
v
Menghitung besar hambatan pengganti seri dan
paralel pada rangkaian sederhana.
v
Menghitung kuat arus dalam rangkaian dengan
hambatan seri dan paralel.
|
Siswa dapat:
·
Menjelaskan pengertian arus listrik dan beda
potensial dengan tepat.
·
Membedakan arah arus listrik dan arah
elektron.
·
Menggunakan ampermeter dalam rangkaian serta
mengukur besar arus yang terjadi.
·
Menghitung besar kuat arus jika besar muatan
dan waktu alir arus diketahui.
·
Dapat menjelaskan bunyi hukum ohm
·
Menghitung besar tegangan listrik dengan menggunakan hukum ohm
·
Menuliskan faltor faktor yang mempengaruhi
besar hambatan kawat penghantar.
·
Menghitung besar hambatan kawat penghantar.
·
Menghitung besar kuat arus yang melalui
penghantar yang bercabang dengan menggunakan hukum kirchoff I.
·
Menghitung besar hambatan pengganti seri dan
paralel
·
Menghitung kuat arus yang melalui rangkaian
tertutup yang hambatannya seri, paralel dan campuran.
|
MATERI AJAR
FAKTA
|
Listrik dinamis
|
KONSEP
|
Listrik dinamis adalah listrik yang mengalir
yang dipakai sehari hari untuk berbagai keperluan .seperti untuk penerangan.
Setrika, kompor oven,kulkas ,megic com dan lain-lain
|
PRINSIP
|
Ø
Kuat arus ( I ) = Q/t
Ø
Beda potensial ( V ) = W/Q
Ø
Hukum Ohm :
I = V / R
Ø
Besar hambatan kawat penghantar ( R ) = P
x l/A
Ø
Hukum Kircchof I : besar kuat arus yang
memasuki cabang sama dengan kuat arus yang keluar dari cabang.
Ø
Hambatan pengganti seri = R1 + R2
+ R3
Ø
Hambatan pengganti paralel = 1/R1
+1/R2 + 1/R3
Ø
Kuat arus dalam rangkaian tertutup : I = E/( R + r )
|
PROSEDUR
|
1.
Mempelajari cara mengukur kuat arus listrik
secara kuantitaif dan kualitatif
2.
Mempelajari cara mengukur beda potensial
secara kuantitaif dan kualitatif.
3.
Mengenalkan hukum ohm secara kualitatif
4.
Mengenalkan hambatan berbagai macam kawat
penghantar.
5.
Mengenal kuat arus pada rangkaian bercabang
dan tak bercabang dengan hukum Kirchoff I.
6.
Mempelajari cara menghitung besar hambatan
pengganti seri dan paralel
7.
Menghitung besar kuat arus dalam rangkaian
tertutup dimana bentuk rangkaian resitornya bervariasi.
|
ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
|
TM
|
12 x 45 menit
|
Proses pembelajaran
|
PT
|
4 x 45 menit
|
Tugas tertulis dirumah
|
KMTT
|
METODE PEMBELAJARAN:
Model
Pembelajaran :
o
Direct Instruksional ( DI )
o
Cooperative learning ( TGT )
Metode
pembelajaran:
o
Diskusi , tanya jawab
o
Demonstrasi
o
Pengamatan
o
Studi pustaka
o
Penugasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan I
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v Salam, do’a dan absensi serta nasehat
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I
Motivasi
·
Kita sejak dari kecil telah biasa
berinteraksi dengan listrik. Bagaimanakah cara menghitung besar arus listrik
tersebut ?
|
10 mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
kuat arus dan beda potensial listrik
·
Siswa mendengarkan informasi cara mengukur
kuat arus dan melakukan demonstrasi pengukuran kuat arus listrik dan beda
potensial pada rangkaian listrik sederhana
·
Guru meminta siswa menjelaskan cara
menghitung kuat arus dan beda potensial.
·
Siswa menghitung kuat arus dan beda
potensial dari contoh soal dan mendiskusikan jawaban yang benar.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menghitung
beberapa soal kuat arus dan beda potensial.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
· Senter
listrik
· Ampermeter
(multimeter )
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
v Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang
kesimpulan pelajaran pertemuan I
v Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang kuat arus
listrik dan beda potensial di rumah
v Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
Pertemuan II
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v Salam, do’a dan absensi serta nasehat
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke II
Motivasi
·
Kenapa lampu senter yang batrainya 4 buah lebih terang dari yang
2 batrai?
|
10 mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
hukum
ohm.
·
Siswa mendengarkan informasi tentang hokum ohm.
·
Siswa berlatih menghitung besar hambatan dengan menggunakan hokum
ohm.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menghitung
beberapa soal tentang hokum ohm.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan II
v Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang
kesimpulan pelajaran pertemuan II
v Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hukum
ohm dirumah.
v Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
PERTEMUAN III
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
1.
Salam,do’a , absensi dan tausiah
2.
Guru meminta tugas di rumah
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan ke III
Prasyarat
·
Siswa telah mengetahui cara menghitung dan
memasang ampermeter pada rangkaian listrik.
Motivasi
·
Apakah kayu dapat kita gunakan sebagai
pengganti kawat listrik ?
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
v Siswa memperhatikan demonstrasi hambatan jenis kawat
penghantar dan hukum kirchof I.
v Siswa mendengar informasi cara menghitung hambatan
kawat penghantar dan pemakaian hukum kirchof I.
v Melatih siswa menghitung hambatan kawat penghantar dan
menggunakan hukum ohm dalam berbagai bentuk rangkaian.
ELABORASI
v Siswa mengerjakan beberapa soal pada LKS tentang
hambtan kawat penghantar dan hukum kirchoff
I
KONFIRMASI
v Bersama siswa mendiskusikan hasil kerja siswa pada LKS
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
v
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang hambtan kawat penghantar dan hukum kirchoff I
v Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hambatan
kawat penghantar dan hukum kirchoff I
di rumah
v
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
Pertemuan IV
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Sal am, do’a, absensi dan motivasi.
2. Guru meminta tugas di rumah siswa
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan IV
Prasyarat
·
Siswa telah mengetahui tentang hukum ohm,
rangkaian seri dan paralel serta pemakaian ampermeter dan voltmeter.
Motivasi
·
Bolehkah beberapa hambatan diganti hanya
dengan satu hambatan saja?
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
rangkaian hambatan seri dan paralel dan besar arus listrik dalam rangkaian
tertutup.
·
Guru mengadakan tanya jawab tentang
rangkaian hambatan seri dan paralel
·
Siswa memperhatikan gambar rangkaian seri dan paralel
·
Mendiskusikan cara menghitung besar hambatan
pengganti seri dan paralel serta campuran serta besar arus listrik dalam
rangkaian tertutup.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan soal-soal tentang hambatan
pengganti seri paralel dan campuran serta besar arus listrik dalam rangkaian
tertutup pada LKS
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada
LKS
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
·
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan IV
·
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
IV
·
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
tentang hambatan pengganti seri ,paralel dan campuran serta besar arus
listrik dalam rangkaian tertutup di rumah
·
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
SUMBER BELAJAR:
1.
Buku fisika BSE kelas IX
2.
Buku yudistira kelas IX
3.
Modul
4.
LKS
PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik
penilaian : Tes tertulis.
Bentuk penilaian
: uraian
ALAT PENILAIAN:
1. Tulislah pengertian kuat arus dan beda
potensial ( tegangan ) listrik!
2. Sebuah alat
listrik dilewati muatan 3 C selama 5 menit, berapakah kuat arus alat
tersebut?
3. Perhatikan gambar ampermeter berikut ini!
Barapakah besar Kuat arus yang melewati ampermeter :
4. Pada sebuah rangkaian listrik dicatat kuat arus 5 A.
Dan hambatan 25 ohm. Berapakah besar
tegangan alat tersebut?
5. Tulislah 3 faktor yang mempengaruhi hambatan kawat
penghantar!
6. Seutas kawat panjangnya 5 m. Dengan luas penampang 2 x
10-3 m. Jika hambatan jenis kawat
0,017 Ω m. Berapakah besar hambatan kawat ?
7. Perhatikan rangkaian berikut!
Berapakah besar kuat arus I3 dan I5 ?
8. Bearapakah besar hambatan pengganti untuk ketiga
rangkaian dibawah ini ?
9. Perhatikan gambar rangkaian berikut! Berapakah kuat arus yang melewati rangkaian
?
|
||||||||
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih juni 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika
( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP III )
Satuan Pendidikan : MTsN
Kelas / Semester
: IX / Ganjil
Mata Pelajaran
: IPA Fisika
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Memahami konsep kelistrikkan dan
penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
|
1.
Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan.
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
1. Menjelaskan konsep GGL sumber tegangan listrik
2. Menjelaskan cara kerja elemen primer dan sekunder.
|
Siswa dapat:
·
Menjelaskan pengertian GGL.
·
Membedakan sumber tegangan AC dan DC dan contohnya
·
Menunjukkan bagian bagian dari elemen volta.
·
Menjelaskan bagian bagian dari batrai.
·
Menuliskan bagian bagian dari akumulator
|
MATERI AJAR
FAKTA
|
Sumber tegangan
|
KONSEP
|
Sumber tegangan ada dua macam yaitu tegangan
searah ( DC ) dan tegangan bolak balik ( AC )
Tegangan DC contohnya : batrai, elemen volta
dan aki, dinamo DC,
generator DC.
Tegangan AC contohnya: stop kontak, dinamo
AC , generator AC
|
PRINSIP
|
-
|
PROSEDUR
|
1.
Mempelajari jenis sumber tegangan AC dan DC
2.
Mempelajari komponen dan cara kerja element
volta, batrai dan aki.
|
ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
|
TM
|
3 x 45 menit
|
Proses pembelajaran
|
PT
|
1 x 45 menit
|
Tugas tertulis di rumah
|
KMTT
|
METODE PEMBELAJARAN:
Model
Pembelajaran :
o
Direct Instruksional ( DI )
o
Cooperative learning ( TGT )
Metode
pembelajaran:
o
Diskusi , tanya jawab
o
Demonstrasi
o
Pengamatan
o
Studi pustaka
o
Penugasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v
Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan ke I
Motivasi
·
Kita sejak dari kecil telah sering memegang
dan mnggunakan batrai. Dari manakah asal batrai itu pertama kali?
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
sumber tegangan
·
Mendiskusikan bagian bagian dan cara kerja
dari element volta , batrai dan aki.
·
Mendemonstrasikan cara mengukur tegangan
seri dan paralel
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab
pertanyaan tentang bagian dan cara kerja elemen volta , batrai dan aki.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan
v
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
v
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
tentang sumber tegangan
v
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
SUMBER BELAJAR:
v Buku fisika BSE kelas IX
v Buku yudistira kelas IX
v Madul
v LKS
PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik
penilaian : Tes tertulis.
Bentuk
penilaian : uraian
SOAL SOAL
PENILAIAN KD III
1. Jelaskan perbedaan sumber tegangan AC dan DC
disertai contoh masing masing.
2. Tulislah bagain anoda,katoda dan larutan
elektrolit dari:
A.
Elemen volta
B.
Batrai
C.
Akumulator ( aki )
3. Buatlah sebuah rangkaian yang terdiri dari 1
lampu, 3 batrai dan 1 volmeter jika:
A.
Batrai seri
B.
Batrai paralel
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika
( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP IV )
Satuan Pendidikan : MTsN
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Mata Pelajaran
: IPA Fisika
Jumlah Pertemuan
: 3 kali pertemuan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Memahami konsep kelistrikkan dan
penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
|
4.
Mendeskripsikan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
v
Menjelaskan hubungan tegangan
( V ) ,kuat arus ( I ) dan waktu (
t ) dengan besar energi listrik ( W )
v
Menjelaskan hubungan energi dan daya listrik
dan satuannya.
v
Menerapkan konsep energi listrik dan daya
listrik dalam menghitung besar penggunaan energi di rumah dalam kWh
|
Siswa dapat:
·
Menyebutkan faktor faktor yang mempengaruhi
besar energi listrik.
·
Menghitung besar energi listrik beberapa alat
alat listrik.
·
Menghitung besar daya listrik beberapa
alat-alat listrik.
·
Menghitung energi listrik alat yang
diketahui besar daya alat.
·
Menghitung besar rekening listrik rumah
tangga satu bulan.
|
MATERI AJAR
FAKTA
|
Energi dan daya listrik
|
KONSEP
|
Energi listrik dipengaruhi oleh 3 faktor
yaitu tegangan ( V ) ,kuat arus ( I ) dan waktu pemakaian alat ( t )
Daya listrik adalah besar energi setiap
waktu.
|
PRINSIP
|
Energi listrik : W = V. I. T atau W = I2 . R. T atau W = P x t
Daya listrik : P
= W / t
|
PROSEDUR
|
1.
Memahami faktor yang mempengaruhi besar
energi listrik
dan mempelajari cara menghitung besar energi yang diserap alat alat
listrik secara kualitatif
2.
Mempelajari cara menghitung daya listrik
alat-alat listrik yang sering kita pakai sehari hari.
3.
Mempelajari cara menghitung besar rekening
listrik yang dibayarkan tiap bulan.
|
ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
|
TM
|
9 x 45 menit
|
Proses pembelajaran
|
PT
|
3 x 45 menit
|
Tugas tertulis di rumah
|
KMTT
|
METODE PEMBELAJARAN:
Model
Pembelajaran :
o
Direct Instruksional ( DI )
o
Cooperative learning ( TGT )
Metode
pembelajaran:
o
Diskusi , tanya jawab
o
Demonstrasi
o
Pengamatan
o
Studi pustaka
o
Penugasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN I
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v
Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan ke I
Motivasi
·
Kita sejak dari kecil telah sering
menggunakan alat listrik dan menggunakan alat alat listrik. Tahukah kamu
bagaimana menghitung pembayaran rekening listrik tersebut seperti kamu
membeli pulsa HP.
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
energi listrik
·
Mendiskusikan faktor-faktor yang
mempengaruhi besarnya energi listrik.
·
Mendengarkan informasi cara menghitung besar
energi listrik beberapa alat-alat listrik yang sering digunakan sehari hari.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab
pertanyaan tentang energi listrik alat alat listrik.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
v
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
I
v
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
tentang energi listrik
v
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
PERTEMUAN II
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v
Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v
Guru meminta siswa mngumpulkan PR
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan ke II
Motivasi
·
Kalau kamu disuruh membeli lampu listrik
.apa yang ditanyakan samamu oleh penjual lampu ?
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
daya listrik
·
Mendiskusikan cara menghitung besar daya
listrik beberapa alat-alat listrik yang sering digunakan sehari hari.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab
pertanyaan tentang daya listrik alat alat listrik.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan II
v
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
II
v
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
tentang daya listrik
v
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
PERTEMUAN III
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
PENDAHULUAN
v
Salam, Do’a Dan Absensi Serta Tausiayah
v
Guru Meminta Siswa Mengumpulkan Pr
v
Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Ke III
Motivasi
·
Pernahkah kamu membayar rekening listrik di
rumahmu? Bagai mana cara petugas menentukan besar rekening tersebut?
|
10
mnt
|
|
KEGIATAN INTI
|
||
EKSPLORASI
·
Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang
rekening listrik rumah tangga .
·
Mendiskusikan cara menghitung rekening listrik beberapa alat listrik.
ELABORASI
·
Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab
pertanyaan tentang cara menghitung rekening listrik rumah tangga.
KONFIRMASI
·
Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS.
|
60 mnt
25 mnt
25 mnt
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
v
Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
v
Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
tentang kesimpulan pelajaran pertemuan
III
v
Siswa diberi tugas menjawab soal-soal
tentang menghitung rekening listrik rumah tangga.
v
Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
15 mnt
|
SUMBER BELAJAR:
v Buku fisika BSE kelas IX
v Buku yudistira kelas IX
v Madul
v LKS
PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik penilaian : Tes tertulis.
Bentuk penilaian : uraian
SOAL SOAL PENILAIAN KD IV
1. Sebuah setrika listrik dihubungkan ke tegangan
220 V mengalirkan arus sebesar 4 A.
Jika setrika digunakan selama 30 menit . Berapa energi
yang diserap setrika?
2. Pada sebuah lampu tertulis 220V – 40 W
hitunglah:
A. Daya lampu
B. Energi lampu selama 5 detik.
3. Disebuah rumah terdapat alat-alat listrik
sebagai berikut:
a. 2 lampu 40 W menyala 6 jam / hari
b. 4 lampu 10 W menyala 5 jam / hari
c. 1 TV 120 W menyala 4 jam / hari
d. 1 megic com 350 W menyala 1 jam / hari
e. 1 kulkas 60 W menyala 24 jam / hari
Jika 1 kWh = Rp 2.000 dan biaya beban Rp
20.000 berapakah:
A. Energi listrik 1 hari
B. Energi listrik 1 bulan ( 30 hari )
C. Rekening listrik 1 bulan.
4. Jelaskan kenapa lampu neon ( TL ) jauh lebih terang
dari lampu pijar yang mempunyai daya yang sama?
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
|
Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika
( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
|
Comments
Post a Comment