RPP IPA KELAS IX SEMESTER I TAHUN 2020


PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan                                          : MTsN Kubang Putih
Mata Pelajaran                                                : Fisika
Kelas                                                               : IX
Tahun Pelajaran                                               : 2019-2020

Semester
Standar kompetensi/kompetensi dasar
Alokasi waktu
I
SK I  : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan  sehari hari. 
KD I  : Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala gejala listrik statis serta kaitannya dalamkehidupan
KD II : Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian seerta penerapannya dalam kehidupan
KD III: Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang sitimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari .
KD IV: Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari


9 jp

12 jp

3 jp

9  jp


JUMLAH
33 JP
II
SK II  : Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

KD I  : Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.
KD II : Mendeskripsikan konsep magnet dalam produk tegnologi.
KD III : Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk   
              menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang
              menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.

SK III : Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi \   
             didalamnya.

KD I   : Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
KD II  : Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi
              sebagai planet.
KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta pengaruh
              interaksinya.
KD IV : Mendeskripsikan proses proses khusus yang terjadi
              dilapisan lithosfer dan atmosfer yang tekait dengan
              perubahan zat dan kalor .
KD V  : Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi
              dilapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan  dan
              permasalahan lingkungan.



4 jp
6 jp

10 jp





4 jp
8 jp

6 jp

6 jp


6 jp

             Jumlah Jam Pelajaran
50 jam
Mengetahui :
Kepala MTsN Kubang Putih



( BASRIAL,S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
 Kubang Putih, Juli 2013                             
Guru Mata Pelajaran


                               
( JASMIAL )                               
 NIP: 197011281995122001

RINCIAN PROGRAM SEMESTER
                Mata pelajaran                 : Fisika
Satuan Pendidikan          : Mtsn Kubang Putih
Kelas / Semester              : IX / I
Tahun Pelajaran               : 2013 - 2014

A.      Banyak minggu dalam semester I

NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
MINGGU TIDAK EFEKTIF
MINGGU EFEKTIF
KETERANGAN
1
Juli
4
2
2
M0S Cadangan, libur puasa
2
Agustus
5
2
3
Libur puasa,lebaran
3
September
4
-
4

4
Oktober
5
-
5

5
November
4
1
3
Mid
6
Desember
4
3
1
Ujian semester

JUMLAH
26
9
18


B.      Banyak minggu efektif                   :  18 minggu
C.      Jumlah jam efektif                          :  18 x 3 = 54 jam pelajaran
D.      Rincian jam efektif                          :  cadangan                                         =   9
   Pembelajaran                                                 = 33 JP
   Ulangan harian               3 x 3 JP  =   9 JP
   Ujian MID SEM I            1 x 3 JP  =  3 JP
  Jumlah                                                = 54 Jam pelajaran


Mengetahui :
Kepala MTsN Kubang Putih




( BASRIAL, S. Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
Kubang Putih, Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika




( JASMIAL )
NIP : 197011281995122001




                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP I )
Satuan Pendidikan                              : MTsN
Kelas / Semester                      : IX / Ganjil
Mata Pelajaran                        : IPA Fisika
Jumlah Pertemuan                   : 3 kali pertemuan

                  STANDAR KOMPETENSI
                     KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami konsep kelistrikkan dan penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
1.       Mendeskripsikan muatan listrik untuk memehami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan.

                             INDIKATOR
                    TUJUAN PEMBELAJARAN
v  Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan cara tertentu




v  Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik






v  Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara 2 benda bermuatan listrik

v  Menjelaskan peristiwa terjadinya petir
Setelah pembelajaran siswa dapat:
·         Menimbulkan muatan listrik dengan cara menggosok
·         Menimbulkan muatan listrik dengan cara induksi


·         Menjelaskan cara menimbulkan muatan listrik pada rol
·         Menjelaskan cara menimbulkan muatan lisrik pada kaca
·         Menjelaskan muatan listrik yang timbul pada pada rol
·         Menjelaskan muatan listrik yang timbul pada kaca

·         Menyebutkan kembali bunyi hukum coulomb
·         Menggunakan  rumusan hukum coulomb dan penerapannya pada soal-soal


·         Menjelaskan proses  terjadinya petir


        MATERI AJAR
FAKTA           
 Listrik statis
KONSEP
Listrik statis dapat ditimbulkan pada benda dengan cara menggosok dan induksi.

PRINSIP         







Hukum coulomb menjelaskan dua benda bermuatan jika didekatkan akan saling tarik menarik atau tolak menolak besarnya sama dengan hasil kali dua muatan tiap jarak kuadrat yang dirumuskan dengan :
                                      F = K Q1 X Q2
                                                                R2
PROSEDUR
1.      Memahami cara membuat benda bermuatan listrik seperti pada rol plastik dan kaca.
2.      Mempelajari hukum coulomb.
3.      Mengenal cara mengukur benda bermuatan listrik atau tidak dengan elektroskop
                       
        ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
TM
9 x 45 menit
Proses pembelajaran
PT
3 x 45 menit
Tugas tertulis
KMTT



        METODE PEMBELAJARAN:
Model Pembelajaran :             
o   Direct Instruksional ( DI )
o   Cooperative learning ( TGT )
Metode pembelajaran:
o   Diskusi , tanya jawab
o   Demonstrasi
o   Pengamatan
o   Studi pustaka
o   Penugasan
        KEGIATAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN I
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KET
PENDAHULUAN
Ø  Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I

Motivasi
Ø  Apa yang terjadi ketika   rambutmu di sisir dengan sisir plastik?
Ø  Adakah potongan-potongan rambut yang nempel pada sisir?
( rambut kering)
 10 mnt








KEGIATAN INTI



EKSPLORASI
Ø  Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang cara menimbulkan listrik statis
Ø  Melakukan demonstrasi cara menimbulkan listrik statis pada rol plastik dan kaca.




ELABORASI
Ø  Siswa mengerjakan LKS tentang cara menimbulkan listrik statis
Ø  Beberapa orang siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas
Ø  Siswa lain mengomentari laporan temannya
Ø  Guru memperjelas hasil kerja siswa
Ø  Hasil kerja siswa dikumpulkan
KONFIRMASI
Ø  Kuis tentang cara menimbulkan listrik statis pada benda.
Ø  Hasil kuis dikumpulkan

60 mnt








25 mnt


25 mnt

Ø  Rol plastik
Ø  kain wol
Ø  batang kaca
Ø  kain sutra
Ø  tisu


KEGIATAN PENUTUP



Ø  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
Ø  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru
Ø  tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan I

Ø  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang cara menimbulkan listrik statis pada benda.
Ø  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a

15 mnt



I.                    BAHAN AJAR PERTEMUAN I
BAB I: LISTRIK STATIS
A.       ATOM
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
1.       Bagian Inti atom ( Nukleus )
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
a.       Muatan positif disebut dengan proton
b.      Tidak bermuatan disebut dengan neutron
2.       Bagian kulit atom terdiri dari electron yang bermuatan negative.

PENGERTIAN ATOM POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
a.       Atom positif jika sebuah atom netral ditinggalkan oleh sebuah electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah proton lebih banyak dari jumlah electron.
b.      Atom negative jika sebuah atom netral dimasuki oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah electron lebih banyak dari jumlah proton.
c.       Atom netral jika jumlah proton sama banyak dengan jumlah electron.

B.        BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di ala mini memiliki atom. Ketika benda belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi bermuatan listrik positif atau negative.

Ada dua cara member muatan listrik pada benda yaitu:
1.       Dengan menggosok benda tersebut dengan benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contohnya:
a.       Rol digosok dengan kain wol akan bermuatan negative karena terjadi perpindahan electron dari kain wol ke rol.  W       ---     R
·        Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø  Plastik jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø  Karet / ban jika bergesekkan dengan jalan
Ø  Ebonit jika digosok dengan wol
Ø  Sisir plastik jika digosokkan ke rambut kering.
Ø  Balon jika digosok dengan wol
b.      Kaca digosok dengan sutra akan bermuatan positif karena terjadi perpindahan electron dari kaca ke sutra. K                S
·        Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca

Jika benda – benda yang telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v  Tarik menarik, jika benda positif dan negatif berdekatan contoh:
o   rol plastik dan kaca
o   sisir plastik dan kaca
o   ebonit dan fiber glas dll
v  Tolak menolak jika dua benda yang memiliki muatan listrik yang sama, sam negatif atau sama-sam positif. Contoh:
o   Fiber glas dengan kaca
o   Karet dengan plastik
o   Sisir plastik dengan rol plastik
o   Sesama rol dll

II.                 LKS PERTEMUAN I

LKS 1.1

BAB I: LISTRIK STATIS
C.        ATOM
Menurut Leukippus dan Demokritus atom adalah:………………………………………………….
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
3.       Bagian …………………… atau disebut juga dengan ………………………….
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
c.       …………………….. …………………………..disebut dengan ………………………..
d.      ……………………… ………………………… disebut dengan ……………………….
4.       Bagian …………………. …………….. terdiri dari ………………………. yang bermuatan …………………………...


PENGERTIAN ATOM POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
d.      Atom positif adalah:jika sebuah atom netral ………………………… electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….. lebih …………………… dari jumlah electron.
e.      Atom negative jika sebuah atom netral …………………….. oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah ………………. lebih banyak dari jumlah ………………………
f.        Atom netral jika jumlah ……………………………….. dengan jumlah electron.

D.       BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di alam ini memiliki atom. Ketika benda belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi bermuatan listrik positif atau negative.

Ada dua cara memberi muatan listrik pada benda yaitu:
2.       Dengan ………………………….benda tersebut dengan benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contoh lain:
c.       Rol digosok dengan kain ………… akan bermuatan ………………… karena terjadi perpindahan electron dari ………………….. ke ………….. .           ( W       ---     R )
·        Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø  ……………. jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø  …………………… jika bergesekkan dengan jalan
Ø  ………………. jika digosok dengan wol
Ø  …………………………… jika digosokkan ke rambut kering.
Ø  ……………………… jika digosok dengan wol
d.      Kaca digosok dengan ………………… akan bermuatan ……………… karena terjadi perpindahan electron dari ……………………ke ……………..                 ( K                S )
·        Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca

Jika benda – benda yang telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v  …………………….., jika benda positif dan negatif berdekatan contoh:
o   …………………………. dan kaca
o   ………………………… dan kaca
o   ……………………….. dan fiber glas dll
v  …………………………….. jika dua benda yang memiliki muatan listrik yang sama, sama-sama negatif atau sama-sama positif. Contoh:
o   Fiber glas dengan …………………………..
o   Karet dengan ………………………..
o   Sisir plastik dengan rol plastik
o   Sesama rol dll





III.               SOAL KUIS  PERTEMUAN I

KUIS 1.1
1.      Bagian yang terkecil dari benda yang tidak dapat dibagi-bagi lagi disebut dengan:
A.     Proton                                  B. electron                          C. neutron                          D. nucleus

2.      Orang yang pertama kali mengemukakan tentang atom adalah:
A.     Coulomb                              B. Demokritus                   C. Neowton                        D. Oersted

3.      Atom disebut juga dengan:
A.     Proton                                  B. electron                          C. neutron                          D. nucleus

4.      Atom Carbon memiliki 6 proton, 7 elektron dan 6 neutron. Maka atom carbon bermuatan:
A.     Positif                                   B. negative                         C. netral                               D. 1

5.      Jika mistar plastic digosokkan ke rambut yang kering kemudian diletakkan pada sobekan kertas kecil-kecil, kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastic bermuatan listrik:
A.      Positif, karena electron dari rambut mengalir ke plastic
B.      Positif, karena electron plastic mengalir ke rambut
C.      Negatif, karena electron dari rambut mengalir ke plastic
D.      Negatif, karena electron dari plastic mengalir ke rambut

6.      Sebuah benda digosok dengan benda lain sebagian elektronnya berpindah ke benda yang digosok. Dalam hal ini benda yang digosok akan menjadi:
A.      Bermuatan positif                      C. Bermuatan negatif
B.      Tidak bermuatan                        D. Bermuatan nol

7.      Plastic yang digosok dengan wol bermuatan negatif, pernyataan yang benar adalah:
A.      electron wol pindah ke udara                             C. electron wol pindah ke plastic
B.      electron plastic pindah ke udara                        D. electron plastic pindah ke wol

8.      Perhatikan gambar berikut!
Batang kaca dapat menarik potongan kertas seperti gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh penggosokkan dengan ….
A.      Kain wol, sehingga melepaskan beberapa electron yang dimiliki
B.      Kain sutera,sehingga melepaskan beberapa electron.
C.      Kain wol,sehingga menerima beberapa electron dari kain wol
D.      Kain sutera,sehinggamenerima beberapa elektron

9.      Seorang siswa melakukan penyelidikan prilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut :

Hasil penyelidikannya, sisir tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....

digosok dengan
peristiwa yang terjadi
jenis muatan listrik sisir
A
kain sutera
mendapat tambahan elektron dari kain sutera
negatif
B
kain wol
mendapat tambahan elektron dari kain wol
negatif
C
kain sutera
kehilangan beberapa elektron yang dimilik
positif
D
kain wol
kehilangan beberapa elektron yang dimiliki
positif

10.  Proses pemberian muatan listrik  di bawah ini yang benar adalah…
A.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
B.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
C.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan positif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
D.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan positif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.

11.  Proses pemberian muatan listrik di bawah ini yang benar adalah…..
A.      Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan bermuatan negatif, karena electron dari rol plastic pindah ke kain wol.
B.      Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan bermuatan negatif, karena electron dari kain wol pindah rol plastic.
C.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
D.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca.

12.  interaksi tarik menarik antar muatan listrik terjadi pada:
A.      penggaris plastic yang digosok dengan kain wol terhadap kaca yang digosok dengan kain sutera
B.      penggaris plastic yang digosok dengan kain wol terhadap ebonite yang digosok dengan dengan kain wol
C.      ebonite yang digosok dengan kain wol terhadap kain sutra  yang digosok dengan kaca.
D.      Ebonite yang digosok dengan wol terhadap benda lain yang bermuatan negative

13.  Benda-benda bermuatan listrik dibawah ini jika didekatkan akan tarik menarik adalah:
A.      Sisir-plastik                                          C. Kaca-ebonit
B.      Sisir-ebonit                                          D. Plastic-ebonit

14.  Benda-benda bermuatan listrik dibawah ini akan tolak menolak jika didekatkan adalah:
A.      Sisr-kaca                                               C. Kaca-ebonit
B.      Plastic-ebonit                                      D. Plastic-kaca

15.  Sebuah penggaris plastic yang telah digosok dengan kain wol didekatkan ke sebuah batang kaca yang telah digosok dengan kain sutra, interaksi yang terjadi adalah:
A.      Tolak menolak                                     C. Tarik menarik
B.      Tidak memiliki gaya listrik                 D. Tidak ada reaksi

IV.              SOAL PR PERTEMUAN I
PR 1.1
1.                   Jelaskan pengertian atom dan siapa yang pertama kali pemberi pengertian seperti itu?
2.                   Jelaskan bagian-bagian atom dan komponen masing-masingnya!
3.                   Jelaskan pengertian atom netral, atom positif dan atom negative!
4.                   Berilah 2 contoh benda yang dapat diberi muatan listrik statis, dan jelaskan proses terjadinya dan muatan yang terjadi pada benda tersebut.
5.                   Tuliskan contoh benda-benda yang bermuatan positif dan negative ketika diberi muatan listrik?
6.                   Jelaskan reaksi yang terjadi pada benda bermuatan yang saling berdekatan dan sertakan contoh masing.


PERTEMUAN II
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KET
Pendahuluan 
  • Gurmengumpulkan tugas / PR di rumah
  •          salam, do’a dan absensi serta tausiayah
  •       guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke II

Motivasi 
  •   apa yang terjadi ketika kamu menolak  tubuh kawanmu yang lebih besar darimu. Apa yang terjadi?

 10 mnt


KEGIATAN INTI




EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang gaya Coulomb antara dua benda bermuatan listrik
 ( hukum coulomb )
·         Melakukan demonstrasi dua benda bermuatan saling didekatkan. ( rol –rol ) atau ( kaca – rol )
·         Mendengarkan informasi cara menghitung besar gaya coulomb antara dua benda bermuatan berdekatan .

ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS tentang hukum coulomb secara berkelompok
·         Beberapa siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan kelas.
·         Kelompok lain langsung memberikan tanggapan
·         Guru menjelaskan ulang tentang materi dan member penguatan terhapa materi pelajaran

KONFIRMASI
·         Siswa menjawab soal kuis
·         Setelah selesai jawaban kuis dikumpulkan


60 mnt












25 mnt











25 mnt


KEGIATAN PENUTUP



  •       Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan II
  •        Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan II
  •        Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hukum coulomb
  •       Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a

15 mnt



I.                    BAHAN AJAR PERTEMUAN II

E.        HOKUM COULOMB
Bunyi Hokum Coulomb: besar gaya tarik / tolak ( gaya Coulomb ) antara dua muatan yang berdekatan sebanding dengan muatan ke dua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak ke dua muatan.

Besarnya gaya Coulomb pertama kali diselidiki oleh Charles Augustin De Coulomb dengan menggunakan alat yang disebut NERACA PUNTIR.

Besar gaya coulomb dihitung dengan persamaan:
F = k x Q1 X Q2
R2
Keterangan rumus:
F = besar gaya coulomb satuannya Newton ( N )
K = tetapan coulomb atau konstanta coulomb ( Nm2/C2  )
Q1,2 = besar muatan 1 dan 2 ( C )
r = jarak antara ke dua muatan ( m )
CONTOH SOAL:
1.       Dua benda bermuatan 4 C dan 8 C berada pada jarak 0,02 m. berapakah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
Diketahui:
















2.       Dua muatan P dan Q berada pada jarak r.menghasilkan gaya coulomb sebesar F. jika muatan P diperbesar 2 kali semula dan muatan Q diperbesar 3 kali semula. Berapakah besar gaya coulomb jika :
B.     Jarak diperkecil ½ kali semula.
C.     Jarak diperbesar 2 kali semula.













3.       Dua buah benda masing masing bermuatan listrik 3µC dan  –2 µC yang terpisah sejauh 10 cm bila ketetapan coulomb 9.109 N m2/C2 berapakah besar gaya tarik antara kedua muatan ?


















II.                 LKS 1.2

LKS  1.2
F.        HOKUM COULOMB
Bunyi Hokum Coulomb adalah: ………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Besarnya gaya Coulomb pertama kali diselidiki oleh ……………………………………………………………... dengan menggunakan alat yang disebut …………………………………………………
Besar gaya coulomb dihitung dengan persamaan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………

Keterangan rumus:
F = ………………………………………………… satuannya Newton ( N )
K = ………………………………………………… ( Nm2/C2  )
Q1,2 = ………………………………………satuannya ( C )
r = ………………………………………… satuannya ( m )
CONTOH SOAL:
1.       Dua benda bermuatan 4 C dan 8 C berada pada jarak 0,02 m. berapakah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
Diketahui:
















2.       Dua muatan P dan Q berada pada jarak r.menghasilkan gaya coulomb sebesar F. jika muatan P diperbesar 2 kali semula dan muatan Q diperbesar 3 kali semula. Berapakah besar gaya coulomb jika :
D.     Jarak diperkecil ½ kali semula.
E.      Jarak diperbesar 2 kali semula.













4.       Dua buah benda masing masing bermuatan listrik 3µC dan  –2 µC yang terpisah sejauh 10 cm bila ketetapan coulomb 9.109 N m2/C2 berapakah besar gaya tarik antara kedua muatan ?



















III.               SOAL KUIS 1.2
IV.              SOAL PR 1.2
PERTEMUAN III
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KET

A.     PENDAHULUAN
·         salam, do’a dan absensi serta tausiayah
·         Guru meminta tugas di rumah
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke III
Prasyarat
o   Siswa telah mengetahui benda di gosok dengan benda lain menjadi bermuatan listrik

Motivasi
o   Dapatkah kamu membuat potongan kertas menempel lebih lama pada mistar plastik dan kaca?
 10 mnt


KEGIATAN INTI



EKSPLORASI
§  Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang elektroskop dan petir
§  Guru mengadakan tanya jawab tentang cara kerja elektroskop
§  Guru meminta siswa menjelaskan cara kerja penangkal petir
§  Bersama siswa mendiskusikan peristiwa-peristiwa listrik statis di alam
ELABORASI
§  Siswa mengerjakan soal-soal tentang elektroskop dan peristiwa listrik statis
KONFIRMASI
§  Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa

60 mnt






25 mnt


25 mnt
Ø  Gambar elektroskop
Ø  Gambar penangkal petir
Ø  Gambar generator Van De Graff

KEGIATAN PENUTUP



§  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
§  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan III
§  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal listrik statis di rumah
§  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt



SUMBER BELAJAR :
1.      Buku fisika kelas IX BSE
2.      Yudistira kelas IX
3.      Modul fisika kelas IX
4.      LKS fisika kelas IX

PENILAIAN HASIL BELAJAR
ALAT PENILAIAN
1.      Jelaskan sebuah atom bersifat netral , positif dan negatif
2.      Berilah 2 contoh benda yang diberi muatan dengan cara digosok dan jelaskan proses perpindahan elektronnya serta muatan listrik yang terjasi!
3.      Dua benda bermuatann masing masing 3 C dan 4 C, berada pada jarak 3 cm. Jika k = 9 x 109 N m2 / C2
Hitunglah besar gaya coulomb antara kedua muatan?
4.      Dua benda P dan Q berada pada jarak R. Jika muatan P dan Q diperbesar masingmasing 3 kali semula
Dan jarak diperkecil ½ kali semula. Berapakah besar gaya coulomb kedua muatan sekarang?
5.      Jelaskan proses perpindahan elektron jika:
A.     Awan positif mendekati  penangkal petir
B.     Awan negatif mendekati penangkal petir.

KUNCI JAWABAN

1.      * Atom netral jika jumlah muatan positif dan negatif sama banyak.
*Atom positif jika sebuah atom ditinggalkan oleh elektron atau jika jumlah  muatan positif ( proton) lebih banyak dari muatan negatif ( elektron )
*Atom negatif jika atom dimasuki oleh elektron atau jika jumlah muatan negatif atom lebih banyak dari muatan positif .
2.      A. Rol plastik digosok dengan kain wol terjadi perpindahan elektron  dari wol ke rol plastik sehingga rol plastik menjadi negatif.
B.Kaca digosok dengan kain sutra sehingga terjadi perpindahan elektron dari kaca ke sutra sehingga kaca bermuatan positif
3.      Diketahui: Q1 = 3 C
Q2  = 4 C
r     = 3 cm = 3 x 10-2 m
r2    = 9 x 10-4 m
                                Ditanya  : F    = ......... N
                                     Jawab     :       F = k x Q1 x Q2
                                                            R2
                  F = 9 x 109 x 3 x 4
                              9 x 10-4
                  F = 1,2 x 1014 N

4.      Jawab :      F = 1 x 3 x 3
   ( ½ )2
                                                F = ___9___
                                                            ¼
                                                F = 9 x 4
                                                F = 36 F
5.      A. Jika awan positif mendekati penangkal petir maka elektron berpindah dari bumi ke penangkal petir terus ke  awan .
B.jika awan negatif mendekati penangkal petir maka elektron berpindah dari awan ke penangkal petir terus ke bumi.




Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih




( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika




( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )
                                Satuan Pendidikan                 : MTsN
                        Kelas / Semester                     : IX / Ganjil
                        Mata Pelajaran                                    : IPA Fisika
                        Jumlah Pertemuan                   : 4 kali pertemuan

                  STANDAR KOMPETENSI
                     KOMPETENSI DASAR
Memahami konsep kelistrikkan dan penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
2.      Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian listrik serta penerapannya dalam kehidupan.

                             INDIKATOR
                    TUJUAN PEMBELAJARAN

v  Menyimpulkan pengertian  kuat arus listrik dan tegangan listrik.dengan






v  Menghitung tegangan dengan menggunakan hukum ohm .


v  Menghitung besar hambatan bahan yang berbeda jenisnya.


v  Menghitung kuat arus pada rangkaian bercabang ( paralel ) dengan menggunakan hukum Kirchof I .


v  Menghitung besar hambatan pengganti seri dan paralel pada rangkaian sederhana.

v  Menghitung kuat arus dalam rangkaian dengan hambatan seri dan paralel.



Siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian arus listrik dan beda potensial dengan tepat.
·         Membedakan arah arus listrik dan arah elektron.
·         Menggunakan ampermeter dalam rangkaian serta mengukur besar arus yang terjadi.
·          Menghitung besar kuat arus jika besar muatan dan waktu alir arus diketahui.

·         Dapat menjelaskan bunyi hukum ohm
·         Menghitung besar tegangan listrik  dengan menggunakan hukum ohm

·         Menuliskan faltor faktor yang mempengaruhi besar hambatan kawat penghantar.
·         Menghitung besar hambatan kawat penghantar.

·         Menghitung besar kuat arus yang melalui penghantar yang bercabang dengan menggunakan hukum kirchoff I.

·         Menghitung besar hambatan pengganti seri dan paralel


·         Menghitung kuat arus yang melalui rangkaian tertutup yang hambatannya seri, paralel dan campuran.






MATERI AJAR
FAKTA           
Listrik dinamis
KONSEP




Listrik dinamis adalah listrik yang mengalir yang dipakai sehari hari untuk berbagai keperluan .seperti untuk penerangan. Setrika, kompor oven,kulkas ,megic com dan lain-lain

PRINSIP         
Ø  Kuat arus ( I ) = Q/t
Ø  Beda potensial ( V ) = W/Q
Ø  Hukum Ohm :  I = V / R
Ø  Besar hambatan kawat penghantar ( R ) = P x l/A
Ø  Hukum Kircchof I : besar kuat arus yang memasuki cabang sama dengan kuat arus yang keluar dari cabang.
Ø  Hambatan pengganti seri = R1 + R2 + R3
Ø  Hambatan pengganti paralel = 1/R1 +1/R2 + 1/R3
Ø  Kuat arus dalam rangkaian tertutup :  I = E/( R + r )

PROSEDUR
1.      Mempelajari cara mengukur kuat arus listrik secara kuantitaif dan kualitatif
2.      Mempelajari cara mengukur beda potensial secara kuantitaif dan kualitatif.
3.      Mengenalkan hukum ohm secara kualitatif
4.      Mengenalkan hambatan berbagai macam kawat penghantar.
5.      Mengenal kuat arus pada rangkaian bercabang dan tak bercabang dengan hukum Kirchoff I.
6.      Mempelajari cara menghitung besar hambatan pengganti seri dan paralel
7.      Menghitung besar kuat arus dalam rangkaian tertutup dimana bentuk rangkaian resitornya bervariasi.


   ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
TM
12 x 45 menit
Proses pembelajaran
PT
4 x 45 menit
Tugas tertulis dirumah
KMTT



   METODE PEMBELAJARAN:
Model Pembelajaran :             
o   Direct Instruksional ( DI )
o   Cooperative learning ( TGT )
Metode pembelajaran:
o   Diskusi , tanya jawab
o   Demonstrasi
o   Pengamatan
o   Studi pustaka
o   Penugasan

KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan I
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, do’a dan absensi serta nasehat
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I

Motivasi
·         Kita sejak dari kecil telah biasa berinteraksi dengan listrik. Bagaimanakah cara menghitung besar arus listrik tersebut ?

 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang kuat arus dan beda potensial listrik
·         Siswa mendengarkan informasi cara mengukur kuat arus dan melakukan demonstrasi pengukuran kuat arus listrik dan beda potensial pada rangkaian listrik sederhana
·         Guru meminta siswa menjelaskan cara menghitung kuat arus dan beda potensial.
·         Siswa menghitung kuat arus dan beda potensial dari contoh soal dan mendiskusikan jawaban yang benar.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menghitung beberapa soal kuat arus dan beda potensial.
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.


60 mnt










25 mnt


25 mnt

· Senter listrik
· Ampermeter
(multimeter )
KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan I
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang kuat arus listrik dan beda potensial di rumah
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt



Pertemuan II
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, do’a dan absensi serta nasehat
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke II

Motivasi
·         Kenapa lampu senter yang batrainya 4 buah lebih terang dari yang 2 batrai?
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang hukum ohm.
·          Siswa mendengarkan informasi tentang hokum ohm.
·         Siswa berlatih menghitung besar hambatan dengan menggunakan hokum ohm.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menghitung beberapa soal tentang hokum ohm.
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.


60 mnt










25 mnt


25 mnt



KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan II
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan II
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hukum ohm dirumah.
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt



PERTEMUAN III
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KEGIATAN PENDAHULUAN
1.      Salam,do’a , absensi dan tausiah
2.      Guru meminta tugas di rumah
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke III
Prasyarat
·         Siswa telah mengetahui cara menghitung dan memasang ampermeter pada rangkaian listrik.
Motivasi
·         Apakah kayu dapat kita gunakan sebagai pengganti kawat listrik ?

 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
v  Siswa memperhatikan demonstrasi hambatan jenis kawat penghantar dan hukum kirchof I.
v  Siswa mendengar informasi cara menghitung hambatan kawat penghantar dan pemakaian hukum kirchof I.
v  Melatih siswa menghitung hambatan kawat penghantar dan menggunakan hukum ohm dalam berbagai bentuk rangkaian.
ELABORASI
v  Siswa mengerjakan beberapa soal pada LKS tentang hambtan kawat penghantar dan hukum kirchoff  I
KONFIRMASI
v  Bersama siswa mendiskusikan hasil kerja siswa pada LKS


60 mnt







25 mnt


25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang hambtan kawat penghantar dan hukum kirchoff  I
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hambatan kawat penghantar dan hukum kirchoff  I di rumah
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt


Pertemuan IV
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KEGIATAN PENDAHULUAN
1.      Sal am, do’a, absensi dan motivasi.
2.      Guru meminta tugas di rumah siswa
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan IV

Prasyarat
·         Siswa telah mengetahui tentang hukum ohm, rangkaian seri dan paralel serta pemakaian ampermeter dan voltmeter.
Motivasi
·         Bolehkah beberapa hambatan diganti hanya dengan satu hambatan saja?
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang rangkaian hambatan seri dan paralel dan besar arus listrik dalam rangkaian tertutup.
·         Guru mengadakan tanya jawab tentang rangkaian hambatan seri dan paralel
·         Siswa memperhatikan gambar rangkaian seri dan paralel
·         Mendiskusikan cara menghitung besar hambatan pengganti seri dan paralel serta campuran serta besar arus listrik dalam rangkaian tertutup.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan soal-soal tentang hambatan pengganti seri paralel dan campuran serta besar arus listrik dalam rangkaian tertutup pada LKS
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa pada LKS


60 mnt










25 mnt



25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


·         Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan IV
·         Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan IV
·         Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang hambatan pengganti seri ,paralel dan campuran serta besar arus listrik dalam rangkaian tertutup di rumah
·         Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt



      SUMBER BELAJAR:
1.      Buku fisika BSE  kelas IX
2.      Buku yudistira kelas IX
3.      Modul
4.      LKS
     PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik penilaian : Tes tertulis.
Bentuk penilaian : uraian
ALAT PENILAIAN:
1.      Tulislah pengertian kuat arus dan beda
potensial ( tegangan ) listrik!
2.       Sebuah alat listrik dilewati muatan 3 C selama 5 menit, berapakah kuat arus alat tersebut?
3.      Perhatikan gambar ampermeter berikut ini!
Barapakah besar Kuat arus yang melewati ampermeter :

4.      Pada sebuah rangkaian listrik dicatat kuat arus 5 A. Dan hambatan 25 ohm. Berapakah besar
tegangan alat tersebut?
5.      Tulislah 3 faktor yang mempengaruhi hambatan kawat penghantar!
6.      Seutas kawat panjangnya 5 m. Dengan luas penampang 2 x 10-3 m. Jika hambatan jenis kawat
0,017 Ω m. Berapakah besar hambatan kawat ?
7.      Perhatikan rangkaian berikut!
Berapakah besar kuat arus I3 dan I5 ?




8.      Bearapakah besar hambatan pengganti untuk ketiga rangkaian dibawah ini ?
A.     R seri

B,R paralel
B.     R campuran
9.      Perhatikan gambar rangkaian berikut!  Berapakah kuat arus yang melewati rangkaian ?
C.     R seri
D.     R paralel

E.      R campuran

Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih




( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
NIP: 196305171987031003
Kubang Putih juni 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika




( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP III )
                                Satuan Pendidikan      : MTsN
                        Kelas / Semester          : IX / Ganjil
                        Mata Pelajaran            : IPA Fisika
                        Jumlah Pertemuan     : 1 kali pertemuan

                  STANDAR KOMPETENSI
                     KOMPETENSI DASAR
Memahami konsep kelistrikkan dan penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
1.      Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan.

                             INDIKATOR
                    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan konsep GGL sumber tegangan listrik



2.      Menjelaskan cara kerja elemen primer dan sekunder.

Siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian GGL.
·         Membedakan sumber tegangan AC dan DC  dan contohnya

·         Menunjukkan bagian bagian dari elemen volta.
·         Menjelaskan bagian bagian dari batrai.
·         Menuliskan bagian bagian dari akumulator

   MATERI AJAR
FAKTA           
Sumber tegangan
KONSEP
Sumber tegangan ada dua macam yaitu tegangan searah ( DC ) dan tegangan bolak balik ( AC )
Tegangan DC contohnya : batrai, elemen volta dan aki, dinamo DC,
                                            generator DC.
Tegangan AC contohnya: stop kontak, dinamo AC , generator AC
PRINSIP           
-
PROSEDUR
1.      Mempelajari jenis sumber tegangan AC dan DC
2.      Mempelajari komponen dan cara kerja element volta, batrai dan aki.

  ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
TM
3 x 45 menit
Proses pembelajaran
PT
1 x 45 menit
Tugas tertulis di rumah
KMTT



   METODE PEMBELAJARAN:
Model Pembelajaran :             
o   Direct Instruksional ( DI )
o   Cooperative learning ( TGT )
Metode pembelajaran:
o   Diskusi , tanya jawab
o   Demonstrasi
o   Pengamatan
o   Studi pustaka
o   Penugasan
     KEGIATAN PEMBELAJARAN:
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I

Motivasi
·         Kita sejak dari kecil telah sering memegang dan mnggunakan batrai. Dari manakah asal batrai itu pertama kali?
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang sumber tegangan
·         Mendiskusikan bagian bagian dan cara kerja dari element volta , batrai dan aki.
·         Mendemonstrasikan cara mengukur tegangan seri dan paralel
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab pertanyaan tentang bagian dan cara kerja elemen volta , batrai dan aki.
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.


60 mnt






25 mnt


25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang sumber tegangan
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a

15 mnt

    
        SUMBER BELAJAR:
v  Buku fisika BSE  kelas IX
v  Buku yudistira kelas IX
v  Madul
v  LKS
          PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik penilaian : Tes tertulis.
Bentuk penilaian : uraian

SOAL SOAL  PENILAIAN KD III
1.      Jelaskan perbedaan sumber tegangan AC dan DC disertai contoh masing masing.
2.      Tulislah bagain anoda,katoda dan larutan elektrolit dari:
A.    Elemen volta
B.     Batrai
C.     Akumulator ( aki )
3.      Buatlah sebuah rangkaian yang terdiri dari 1 lampu, 3 batrai dan 1 volmeter jika:
A.    Batrai seri
B.     Batrai paralel

         Mengetahui:
        Kepala MTsN Kubang Putih




        ( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
        NIP: 196305171987031003
Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika




( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP IV )
                                Satuan Pendidikan      : MTsN
                        Kelas / Semester          : IX / Ganjil
                        Mata Pelajaran            : IPA Fisika
                        Jumlah Pertemuan     : 3 kali pertemuan

                  STANDAR KOMPETENSI
                     KOMPETENSI DASAR
Memahami konsep kelistrikkan dan penerapannya dalam kehidupan sahari-hari
4.      Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan

                             INDIKATOR
                    TUJUAN PEMBELAJARAN

v  Menjelaskan hubungan tegangan
 ( V ) ,kuat arus ( I ) dan waktu ( t ) dengan besar energi listrik ( W )


v  Menjelaskan hubungan energi dan daya listrik dan satuannya.



v  Menerapkan konsep energi listrik dan daya listrik dalam menghitung besar penggunaan energi di rumah dalam kWh
Siswa dapat:
·         Menyebutkan faktor faktor yang mempengaruhi besar energi listrik.
·         Menghitung besar energi listrik beberapa alat alat listrik.

·         Menghitung besar daya listrik beberapa alat-alat listrik.
·         Menghitung energi listrik alat yang diketahui besar daya alat.

·         Menghitung besar rekening listrik rumah tangga satu bulan.


     MATERI AJAR
FAKTA           
 Energi dan daya listrik
KONSEP
Energi listrik dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu tegangan ( V ) ,kuat arus ( I ) dan waktu pemakaian alat ( t )
Daya listrik adalah besar energi setiap waktu.

PRINSIP         
Energi listrik     : W = V. I. T atau  W = I2 . R. T atau W = P x t
Daya listrik       : P   = W / t

PROSEDUR
1.      Memahami faktor yang mempengaruhi besar energi listrik
dan mempelajari cara menghitung besar energi yang diserap alat alat listrik secara kualitatif
2.      Mempelajari cara menghitung daya listrik alat-alat listrik yang sering kita pakai sehari hari.
3.      Mempelajari cara menghitung besar rekening listrik yang dibayarkan tiap bulan.




        ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN / TUGAS
TM
9 x 45 menit
Proses pembelajaran
PT
3 x 45 menit
Tugas tertulis di rumah
KMTT



        METODE PEMBELAJARAN:
Model Pembelajaran :             
o   Direct Instruksional ( DI )
o   Cooperative learning ( TGT )
Metode pembelajaran:
o   Diskusi , tanya jawab
o   Demonstrasi
o   Pengamatan
o   Studi pustaka
o   Penugasan
        KEGIATAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN I
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke I

Motivasi
·         Kita sejak dari kecil telah sering menggunakan alat listrik dan menggunakan alat alat listrik. Tahukah kamu bagaimana menghitung pembayaran rekening listrik tersebut seperti kamu membeli pulsa HP.
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang energi listrik
·         Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi listrik.
·         Mendengarkan informasi cara menghitung besar energi listrik beberapa alat-alat listrik yang sering digunakan sehari hari.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab pertanyaan tentang energi listrik alat alat listrik.
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.





60 mnt




25 mnt


25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan I
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan I
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang energi listrik
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
15 mnt


PERTEMUAN II
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, do’a dan absensi serta tausiayah
v  Guru meminta siswa mngumpulkan PR
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan ke II

Motivasi
·         Kalau kamu disuruh membeli lampu listrik .apa yang ditanyakan samamu oleh penjual lampu ?
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang daya listrik
·         Mendiskusikan cara menghitung besar daya listrik beberapa alat-alat listrik yang sering digunakan sehari hari.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab pertanyaan tentang daya listrik alat alat listrik.
KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.


60 mnt



25 mnt


25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan II
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan II
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang daya listrik
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a

15 mnt


PERTEMUAN III
KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
PENDAHULUAN
v  Salam, Do’a Dan Absensi Serta Tausiayah
v  Guru Meminta Siswa Mengumpulkan Pr
v  Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran Pertemuan Ke III




Motivasi
·         Pernahkah kamu membayar rekening listrik di rumahmu? Bagai mana cara petugas menentukan besar rekening tersebut?
 10 mnt

KEGIATAN INTI


EKSPLORASI
·         Siswa memahami (membaca) buku sumber tentang rekening listrik rumah tangga .
·         Mendiskusikan cara menghitung rekening  listrik beberapa alat listrik.
ELABORASI
·         Siswa mengerjakan LKS untuk menjawab pertanyaan tentang cara menghitung rekening listrik rumah tangga.

KONFIRMASI
·         Mendiskusikan bersama hasil kerja siswa  pada LKS.


60 mnt




25 mnt



25 mnt


KEGIATAN PENUTUP


v  Guru memperjelaskan kesimpulan pertemuan III
v  Siswa menjawab pertanyaan –pertanyaan guru tentang kesimpulan pelajaran  pertemuan III
v  Siswa diberi tugas menjawab soal-soal tentang menghitung rekening listrik rumah tangga.
v  Menutup pembelajaran dengan salam dan do’a

15 mnt


SUMBER BELAJAR:
v  Buku fisika BSE  kelas IX
v  Buku yudistira kelas IX
v  Madul
v  LKS
PENILAIAN HASIL BELAJAR:
Teknik penilaian : Tes tertulis.
Bentuk penilaian : uraian










SOAL SOAL  PENILAIAN KD IV
1.      Sebuah setrika listrik dihubungkan ke tegangan 220 V mengalirkan arus sebesar 4 A.
Jika setrika digunakan selama 30 menit . Berapa energi yang diserap setrika?
2.      Pada sebuah lampu tertulis 220V – 40 W hitunglah:
A.    Daya lampu
B.     Energi lampu selama 5 detik.
3.      Disebuah rumah terdapat alat-alat listrik sebagai berikut:
a.       2 lampu 40 W menyala 6 jam / hari
b.      4 lampu 10 W menyala 5 jam / hari
c.       1 TV 120 W menyala 4 jam / hari
d.      1 megic com 350 W menyala 1 jam / hari
e.       1 kulkas 60 W menyala 24 jam /  hari
Jika 1 kWh = Rp 2.000 dan biaya beban Rp 20.000 berapakah:
A.    Energi listrik 1 hari
B.     Energi listrik 1 bulan ( 30 hari )
C.     Rekening listrik 1 bulan.
4.      Jelaskan kenapa lampu neon ( TL ) jauh lebih terang dari lampu pijar yang mempunyai daya yang sama?
    
     Mengetahui:
      Kepala MTsN Kubang Putih




     ( BASRIAL, S.Ag M.Pd )
     NIP: 196305171987031003

Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Fisika




( JASMIAL )
NIP: 197011281995122001






Comments

Popular posts from this blog

Hukum Archimedes lengkap dengan RP, bahan Ajar dan Soal-soa Hukum Archimedes.

Cara Membuat PTK

RPP LISTRIK STATIS PERT I , TGT