PERANGKAT PENGAJARAN FISIKA KELAS IX SEM II 2013-2014, RPP FISIKA KLS IX 2013-2014,BAHAN AJAR FISIKA KLS IX
|
SEMESTER I dan II KELAS
IX
TAHUN
2013 – 2014
OLEH
JASMIAL
NIP : 197011281995122001
SEKOLAH
MTSN KUBANG PUTIH
KABUPATEN AGAM
PROPINSI SUMATERA BARAT
|
PERANGKAT
PENGAJARAN
1. PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
2. PROGRAM SEMESTER ( PROSEM )
3. PENGEMBANGAN SILABUS
4. PEMETAAN KD
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
6. LAMPIRAN SOAL UH 1,2,3
7. LAMPIRAN SOAL MID SEM I,II 2012- 2013
8. ANALISIS UH 1,2,3
9. ANALISIS
UJIAN MID SEMESTER
10.
ABSENSI
11.
DAFTAR NILAI
12.
BATAS PELAJARAN
PERANGKAT PENGAJARAN FISIKA
KELAS IX SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
OLEH
JASMIAL
NIP : 197011281995122001
GURU MTSN KUBANG PUTIH
BANUHAMPU AGAM SUMATERA BARAT
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : MTsN Kubang Putih
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2013 - 2014
Semester
|
Standar
kompetensi/kompetensi dasar
|
Alokasi waktu
|
KET
|
I
|
SK I : Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari hari.
KD I: Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari hari.
KD II : Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian seerta penerapannya dalam
kehidupan sehari hari.
KD III : mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang sitimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari hari .
KD IV : Mendeskripsikan
hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari
hari.
|
10 jp
14 jp
10 jp
14 jp
|
|
II
|
Memahami konsep kemagnetan
dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari.
KD I : Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet.
KD II : Mendeskripsikan
konsep magnet dalam produk tegnologi.
KD III: menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang
menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.
SK III : Memahami system
tatasurya dan proses yang terjadi didalamnya.
KD I : Mendeskripsikan
karakteristik system tata surya.
KD III : Mendeskripsikan
gerak edar bumi bulan serta pengaruh interaksinya.
|
3 jp
3 jp
6 jp
3 jp
3 Jp
|
|
Jumlah jam pelajaran
|
66 jam
|
PROGRAM SEMESTER
Mata pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester : IX / Genap
Banyak minggu efektif dalam
semester genap :
No
|
Bulan
|
Jumlah minggu
|
Minggu tidak
efektif
|
Minggu efektif
|
1
|
Januari
|
5
|
3
|
3
|
2
|
Februari
|
4
|
-
|
4
|
3
|
Maret
|
4
|
1
|
3
|
4
|
april
|
4
|
2
|
2
|
Jumlah
|
13
|
3
|
12
|
Jumlah jam
efektif : 12 x 3= 36 jam pelajaran.
B. Distribusi Alokasi Waktu
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SK I :Memahami konsep kemagnetan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari
hari.
KD I : Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet.
KD II : Mendeskripsikan konsep magnet dalam
produk tegnologi.
KD III :
menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan konsep
kerja beberapa alat yang
menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.
SK III : Memahami system tatasurya dan proses yang
terjadi didalamnya.
KD I : Mendeskripsikan karakteristik system
tata surya.
KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan
serta pengaruh interaksinya.
|
3 jp
3 jp
6 jp
3 JP
3 Jp
|
Ulangan Harian
|
3 JP
|
Pengayaan ( mengulang SKL UN kls VII dan VIII
|
12 JP
|
TO
|
3 JP
|
Jumlah jam pelajaran
|
36 JP
|
Mengetahui : Kepala
MTsN Kubang Putih
Basrial S.Ag, M. Pd
Nip :
196305171987031003
|
Kubang Putih Juli
2013
Guru Mata Pelajaran
Jasmial
Nip:
197011281995122001
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )
Mata Pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester : IX / Genap
Tema : Induksi elektromagnetik.
Jumlah pertemuan : 2 x pert ( 6 x 45 JP )
A. Standar Kompetensi
|
B. Kompetensi Dasar
|
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari hari
|
menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk
menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang menggunakan prinsip induksi
elektromagnetik
|
C. Indikator
|
D. Tujuan Pembelajaran
|
1.
Menjelaskan hubungan garis gaya magnet dengan timbulnya GGL induksi dengan
demonstrasi / percobaan.
|
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
|
2. Mengamati
proses timbulnya GGL
induksi pada generator
,dynamo AC, DC
|
1. menjelaskan
prinsip kerja generator / dynamo AC.
2.
Menjelaskan prinsip kerja generato / dynamo DC.
|
4. Meneliti
cara kerja transformator dan
menghitung besar tegangan keluaran
( Vs ) untuk
jumlah lilitan yang berbeda.
|
1.
Menjelaskan prinsip kerja transformator .
2.
Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs ) trafo.
3.
Menghitung besar efisiensi trafo.
4.
Membedakan trafo step up dan step down.
5.
Menjelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan tinggi.
|
E.
Materi Ajar.
FAKTA : Mengenalkan peristiwa Induksi elektromagnetik.
KONSEP : Induksi elektromagnetik adalah
peristiwa timbulnya GGL induksi
karena gerakan magnet dalam kumparan atau gerakan kumparan dalam magnet.
PRINSIP : 1. Cara menimbulkan GGL induksi
adalah:
a.
Menggerakkan magnet ddalam kumparan
b.
Menggerakkan kumparan dalam medan magnet
2. Faktor yang memperbesar GGL induksi adalah:
a.
Jumlah lilitan kumparan
b.
Kekuatan magnet.
c.
kecepatan gerak magnet atau kumparan ( jumlah flux magnet)
3. Alat yang menggunakan prinsip Induksi Elektromagnetik :
a.
Generator AC / DC
b.
Dinamo AC / DC
c.
Tansformator
Persamaan trafo ideal yaitu:
v
NP / NS = VP
/ VS = IS / IP
Persamaan Efisiensi trafo yaitu:
v
µ = Vs / VP X 100 %
PROSSEDUR : 1. Demonstrasi cara
menimbulkan GGL induksi.
2. Membuat kesimpulan tentang cara menimbulkan GGL induksi
3. Menjelaskan factor yang mempengaruhi GGL induksi
4. Menemukan cara memperbesar GGL induksi
lewat demonstrasi.
5. Menjelaskan prinsip kerja generator AC /
DC lewat charta
6. Menjelaskan prinsip kerja dinamo AC / DC
lewat charta
7. Menjelaskan prinsip kerja transformator dengan alat sederhana.
ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN
|
TM
|
4 x 45 = 180 menit
|
Demonstrasi, diskusi Tanya jawab
|
PT
|
2.7 x 45 = 167 menit
|
Latihan tertulis di sekolah / di rumah
|
KMTT
|
2 x 45 = 90 menit
|
Membuat ringkasan materi dengan melengkapi LKS yang telah
tersedia.
|
G.
Langkah – langkah Kegiatan.
PERTEMUAN I
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Peralatan
pendukung
|
A.
Pendahuluan.
·
Salam, Do’a.
·
Absensi.
·
Motivasi, Nasehat
|
5 menit
|
|
B.
Eksplorasi.
·
Guru bersama beberapa orang siswa
mendemonstrasikan cara menimbulkan GGL
induksi.
·
Siswa diminta duduk perkelompok yang terdiri
dari 6 kelompok.
·
Siswa diminta membaca buku sumber sbb:
o Kel
1,2 membaca tentang GGL Induksi.
o Kel
3,4 membaca tentang generator.
o Kel
5,6 membaca tentang dynamo.
|
20 menit
|
( 500,750,1000 lilitan)
|
C.
Elaborasi
·
Siswa mendiskusikan materi inti dari yang
mereka baca dan menulis kesimpulannya pada lembaran kerja
·
Siswa bergabung membentuk 3 kelompok baru dan
mendiskusikan hasil kerja kelompok sebelumnya.
·
Siswa menjawab lembaran kerja II
( LKS II )
·
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil
kerja kelompok didepan kelas
|
30 menit
|
|
D.
Konfirmasi
·
Siswa kembali ketempat duduk semula dan
menjawab lembaran kerja III ( LKS III ).
|
20 menit
|
|
E.
Penutup
·
Guru memperjelas inti pelajaran .
·
Guru memberikan reword pada kelompok yang
bekerja dengan baik .
·
Guru memberikan tugas di rumah pada LKS IV.
·
Menutup pelajaran dengan do’a.
|
25 menit
|
I.
BAHAN AJAR PERTEMUAN I
BAB I: LISTRIK STATIS
A. ATOM
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
1.
Bagian Inti atom ( Nukleus )
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
a.
Muatan positif disebut dengan proton
b.
Tidak bermuatan disebut dengan neutron
2.
Bagian kulit atom terdiri dari electron yang
bermuatan negative.
PENGERTIAN ATOM
POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
a.
Atom positif jika sebuah atom netral
ditinggalkan oleh sebuah electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki
jumlah proton lebih banyak dari jumlah electron.
b.
Atom negative jika sebuah atom netral dimasuki
oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah electron
lebih banyak dari jumlah proton.
c.
Atom netral jika jumlah proton sama banyak
dengan jumlah electron.
B.
BENDA
DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di ala mini memiliki atom. Ketika benda
belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan
netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut
diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah
tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut
kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi
bermuatan listrik positif atau negative.
Ada dua cara member muatan listrik pada benda yaitu:
1. Dengan menggosok benda tersebut dengan
benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik
statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia
dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu
ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contohnya:
a.
Rol
digosok dengan kain wol akan bermuatan negative
karena terjadi perpindahan electron dari kain
wol ke rol. W ---
R
·
Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø
Plastik
jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø
Karet /
ban jika bergesekkan dengan jalan
Ø
Ebonit jika
digosok dengan wol
Ø
Sisir
plastik jika digosokkan ke rambut kering.
Ø
Balon jika
digosok dengan wol
b.
Kaca digosok dengan sutra
akan bermuatan positif karena
terjadi perpindahan electron dari kaca
ke sutra. K S
·
Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca
Jika benda – benda yang
telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v
Tarik menarik, jika benda positif dan negatif
berdekatan contoh:
o
rol plastik dan kaca
o
sisir plastik dan kaca
o
ebonit dan fiber glas dll
v
Tolak menolak jika dua benda yang memiliki
muatan listrik yang sama, sam negatif atau sama-sam positif. Contoh:
o
Fiber glas dengan kaca
o
Karet dengan plastik
o
Sisir plastik dengan rol plastik
o
Sesama rol dll
II.
LKS PERTEMUAN I
LKS 1.1
BAB I: LISTRIK STATIS
C.
ATOM
Menurut Leukippus
dan Demokritus atom
adalah:………………………………………………….
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
3.
Bagian …………………… atau disebut juga dengan ………………………….
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
c.
…………………….. …………………………..disebut dengan ………………………..
d.
……………………… ………………………… disebut dengan ……………………….
4.
Bagian …………………. …………….. terdiri dari ……………………….
yang bermuatan …………………………...
PENGERTIAN ATOM
POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
d.
Atom positif adalah:jika sebuah atom netral …………………………
electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….. lebih ……………………
dari jumlah electron.
e.
Atom negative jika sebuah atom netral ……………………..
oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….
lebih banyak dari jumlah ………………………
f.
Atom netral jika jumlah ……………………………….. dengan
jumlah electron.
D. BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di alam ini memiliki atom. Ketika benda
belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan
netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut
diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah
tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut
kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi
bermuatan listrik positif atau negative.
Ada dua cara memberi muatan listrik pada benda yaitu:
2. Dengan ………………………….benda tersebut dengan benda
lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik
statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia
dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu
ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contoh lain:
c.
Rol digosok dengan kain ………… akan bermuatan ………………… karena terjadi perpindahan electron dari ………………….. ke ………….. . ( W ---
R )
·
Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø
…………….
jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø
……………………
jika bergesekkan dengan jalan
Ø
………………. jika
digosok dengan wol
Ø
……………………………
jika digosokkan ke rambut kering.
Ø
………………………
jika digosok dengan wol
d.
Kaca digosok dengan …………………
akan bermuatan ……………… karena terjadi
perpindahan electron dari ……………………ke
…………….. ( K S )
·
Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca
Jika benda – benda yang
telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v
…………………….., jika benda positif dan negatif berdekatan
contoh:
o
…………………………. dan kaca
o
………………………… dan kaca
o
……………………….. dan fiber glas dll
v
…………………………….. jika dua benda yang memiliki
muatan listrik yang sama, sama-sama negatif atau sama-sama positif. Contoh:
o
Fiber glas dengan …………………………..
o
Karet dengan ………………………..
o
Sisir plastik dengan rol plastik
o
Sesama rol dll
III.
SOAL KUIS PERTEMUAN I
KUIS 1.1
1.
Bagian yang terkecil dari benda yang tidak dapat
dibagi-bagi lagi disebut dengan:
A.
Proton B.
electron C.
neutron D.
nucleus
2.
Orang yang pertama kali mengemukakan tentang
atom adalah:
A.
Coulomb B.
Demokritus C. Neowton D. Oersted
3.
Atom disebut juga dengan:
A.
Proton B.
electron C.
neutron D.
nucleus
4.
Atom Carbon memiliki 6 proton, 7 elektron dan 6
neutron. Maka atom carbon bermuatan:
A.
Positif B.
negative C. netral D. 1
5. Jika
mistar plastic digosokkan ke rambut yang kering kemudian diletakkan pada
sobekan kertas kecil-kecil, kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan
bahwa mistar plastic bermuatan listrik:
A.
Positif, karena electron dari rambut mengalir ke
plastic
B.
Positif, karena electron plastic mengalir ke
rambut
C.
Negatif, karena electron dari rambut mengalir ke
plastic
D.
Negatif, karena electron dari plastic mengalir
ke rambut
6. Sebuah
benda digosok dengan benda lain sebagian elektronnya berpindah ke benda yang
digosok. Dalam hal ini benda yang digosok akan menjadi:
A.
Bermuatan positif C. Bermuatan negatif
B.
Tidak bermuatan D. Bermuatan nol
7. Plastic
yang digosok dengan wol bermuatan negatif, pernyataan yang benar adalah:
A.
electron wol pindah ke udara C. electron wol
pindah ke plastic
B.
electron plastic pindah ke udara D. electron plastic
pindah ke wol
8. Perhatikan
gambar berikut!
Batang kaca dapat menarik potongan
kertas seperti gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh
penggosokkan dengan ….
A. Kain
wol, sehingga melepaskan beberapa electron yang dimiliki
B. Kain
sutera,sehingga melepaskan beberapa electron.
C. Kain
wol,sehingga menerima beberapa electron dari kain wol
D. Kain
sutera,sehinggamenerima beberapa elektron
|
9. Seorang siswa melakukan penyelidikan
prilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut :
Hasil
penyelidikannya, sisir tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada
gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....
digosok dengan
|
peristiwa yang terjadi
|
jenis muatan listrik sisir
|
|
A
|
kain sutera
|
mendapat tambahan elektron
dari kain sutera
|
negatif
|
B
|
kain wol
|
mendapat tambahan elektron
dari kain wol
|
negatif
|
C
|
kain sutera
|
kehilangan beberapa
elektron yang dimilik
|
positif
|
D
|
kain wol
|
kehilangan beberapa
elektron yang dimiliki
|
positif
|
10. Proses
pemberian muatan listrik di bawah ini
yang benar adalah…
A.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
B.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
C.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan positif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
D.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan positif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
11. Proses
pemberian muatan listrik di bawah ini yang benar adalah…..
A.
Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan
bermuatan negatif, karena electron dari rol plastic pindah ke kain wol.
B.
Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain wol pindah rol plastic.
C.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
D.
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan
bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca.
12. interaksi
tarik menarik antar muatan listrik terjadi pada:
A.
penggaris plastic yang digosok dengan kain wol
terhadap kaca yang digosok dengan kain sutera
B.
penggaris plastic yang digosok dengan kain wol
terhadap ebonite yang digosok dengan dengan kain wol
C.
ebonite yang digosok dengan kain wol terhadap
kain sutra yang digosok dengan kaca.
D.
Ebonite yang digosok dengan wol terhadap benda
lain yang bermuatan negative
13. Benda-benda
bermuatan listrik dibawah ini jika didekatkan akan tarik menarik adalah:
A.
Sisir-plastik C. Kaca-ebonit
B.
Sisir-ebonit D.
Plastic-ebonit
14. Benda-benda
bermuatan listrik dibawah ini akan tolak menolak jika didekatkan adalah:
A.
Sisr-kaca
C. Kaca-ebonit
B.
Plastic-ebonit D.
Plastic-kaca
15. Sebuah
penggaris plastic yang telah digosok dengan kain wol didekatkan ke sebuah
batang kaca yang telah digosok dengan kain sutra, interaksi yang terjadi
adalah:
A.
Tolak menolak C. Tarik
menarik
B.
Tidak memiliki gaya listrik D. Tidak ada reaksi
IV.
SOAL PR PERTEMUAN I
PR 1.1
1.
Jelaskan pengertian atom dan siapa yang pertama
kali pemberi pengertian seperti itu?
2.
Jelaskan bagian-bagian atom dan komponen
masing-masingnya!
3.
Jelaskan pengertian atom netral, atom positif
dan atom negative!
4.
Berilah 2 contoh benda yang dapat diberi muatan
listrik statis, dan jelaskan proses terjadinya dan muatan yang terjadi pada
benda tersebut.
5.
Tuliskan contoh benda-benda yang bermuatan
positif dan negative ketika diberi muatan listrik?
6.
Jelaskan reaksi yang terjadi pada benda
bermuatan yang saling berdekatan dan sertakan contoh masing.
PERTEMUAN II:
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PERALATAN
PENDUKUNG
|
A. Pendahuluan
|
5
menit
|
|
B. INTI
Elaborasi
·
Guru member penjelasan tentang bagian bagian
tarafo dengan menunjukkan bentuk trafo sederhana.
·
Siswa dibagi 6 kelompok dan duduk pada
kelompok masing masing.
·
Siswa diminta membaca buku tentang :
v
Kel 1,2 membaca tentang trafo
v
Kel 3,4 membaca hubungan jmlah lilitan ,tegangan dan arus pada trafo.
v
Kel 5,6 membaca tentang efisiensi trafo dan
transmisi jarak jauh.
|
20
menit
|
|
Eksplorasi
·
Siswa mendiskusikan tentang yang dibacanya dan
menjawab lembar kerja ( LKS I ).
·
Siswa bergabung membentuk kelompok baru 3
kelompok.
·
Siswa mendiskusikan hasila kerja kelompok
sebelumnya dan menjawab lembar kerja ( LKS II ) .
·
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil
kerja kelompok, dan kelompok lain menanggapi nya.
|
30
menit
|
|
Konfirmasi
·
Siswa kembali ketempat duduk semula dan
mengerjakan lembar kerja ( LKS III ).
|
20
menit
|
|
C. PENUTUP
|
25
menit
|
H.
Sumber Belajar
Ø
IPA BSE KLS IX
Ø
IPA IX YUDISTIRA
Ø
Modul fisika kls IX.
Ø
LKS I, II, III, IV.
I. Penilaian
:
- Teknik penilaian: Kuis, LKS, tugas, tes tertulis.
- Bentuk penilaian: Objektif, uraian.
J. Alat
penilaian. (terlampir)
Mengetahui :
Kepala MTsN Kubang Putih
Basrial S. Ag,
M.Pd
Nip :
196305171987031003
|
Kubang Putih, Juli
2013
Guru mata
pelajaran
Jasmial
Nip :
197011281995122001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP III )
Mata pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester : IX / Genap
Tema :Tata Surya
Jumlah pertemuan : 1 x pert ( 3 x 45 JP )
A. Standar Kompetensi
|
B. Kompetensi Dasar
|
Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi
didalamnya.
|
KD I : Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta
pengaruh interaksinya.
|
C. Indikator
|
D. Tujuan Pembelajaran
|
1. Mendeskripsikan system tatasurya.
|
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. Menyebutkan susunan planet dan
menjelaskan ciri
– cirinya .
2. Menjelaskan susunan lapisan matahari
dan gangguan
matahari.
|
2. Menggali informasi bumi sebagai planet.
|
1. Menjelaskan akibat rotasi bumi.
2. menjelaskan akibat revolusi bumi.
3. membedakan dengan gambar terjadinya
gerhana matahari dan bulan.
4. menjelaskan dengan gambar posisi bulan
bumi dan
matahari ketika terjadi pasang
perbani dan
pasang purnama.
|
3. Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan yang
terjaddi sehari hari.
|
1. menjelaskan factor yang mempengaruhi
terjadinya
pelapukan .
2. Menjelaskan terjadinya efek rumah kaca.
3. Menjelaskan efek negative pada
kesehatan
manusia karma proses yang
terjadi di
lingkungan.
|
A.
Materi
Ajar.
1. Sistem
tata surya.
2. Matahari
sebagai bintang .
3. Bumi
sebagai planet.
4. Permasalahan
lingkungan.
B.
Langkah –
langkah Kegiatan.
Tema
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
I. Pendahuluan
|
1. Salam dan do’a.
2. Absensi
3. Motivasi atau nasehat.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.
|
Siswa diminta duduk dalam kelompok dengan anggota 4 org /
kelompok.
Siswa diminta membaca buku tentang:
·
Kel 1,2 membaca tentang system tata surya.
·
Kel 3,4 membaca tentang matahari sebagai bintang .
·
Kel 5,6 membaca tentang bumi sebagai planet.
·
Kel 7,8 membaca tentang permasalahan
lingkungan.
|
20
menit
|
B. Elaborasi
|
Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan menjawab
lembaran kerja ( LKS I ) dalam kelompok masing masing.
Siswa bergabung membentuk kelompok baru yang terdiri dari
wakil masing masing kelompok.
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok sebelumnya dalam kelompok
baru dan menjawab LKS II.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa
kelompok lain.
|
30 menit
|
C. Konfirmasi
|
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS
III sendiri sendiri.
|
20 menit
|
III. Penutup
|
Guru menjelaskan kembali intipelajaran tata surya.
Guru memberikan LKS IV untuk dikerjakan siswa dirumah.
Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
25 menit
|
C. Sumber belajar.
- Buku IPA BSE kelas IX.
- Buku IPA Yudistira kelas IX.
- Modul Fisika kelas IX
- LKS I, II, III, IV.
D.
Penilaian.
- Teknik Penilaian : Tugas, kuis, tes tertulis.
- Bentuk penilaian: Objektif, isian, uraian.
E.
Alat
Penilaian. ( Terlampir )
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
Basrial S.Ag,
M.Pd
Nip:196305171987031003
|
Kubang Putih, Juli
2013
Guru mata
pelajaran
Jasmial
Nip:197011281995122001
|
LAMPIRAN I.A
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Lembaran Kerja Siswa
Kode :LKS I.1
Tema : GGL Induksi
Tujuan pembelajaran :
1. siswa dapat menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
2. Siswa dapat menjelaskan cara memperbesar
GGL induksi.
3. Siswa dapat menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL induksi.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
1.Dari buku yang kamu baca ,jelaskanlah apa pengertian
Induksi elektromagnetik ?
|
2.Bagaimana cara menimbulkan GGL iduksi itu ?
|
3. Kenapa bisa timbul GGL induksi dengan cara yang kamu
jelaskan tersebut ?
|
4. Jelaskan cara memperbesar GGL induksi.
|
5. Tulislah
beberapa alat yang bekerja berdasakan prinsip induksi elektromagnetik !
|
Nama : ……………………………
Kelompok : ……………………………
Mengetahui : Kepala
MTsN Kubang Putih
Basrial S. Ag, M.Pd
Nip :
196305171987031003
|
Kubang Putih,
Januari 2013
Guru mata pelajaran
Jasmial
Nip :
197011281995122001
|
LAMPIRAN I.B
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS I.2
Tema :
Generator.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat menjelaskan prinsip kerja generator.
2. Siswa dapat membedakan generator AC dan
DC.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
|
|
|
|
Nama : ……………………………
Kelompok : ……………………………
Mengetahui : Kepala
MTsN Kubang Putih
Basrial S. Ag, M.Pd
Nip :
196305171987031003
|
Kubang Putih,
Januari 2013
Guru mata pelajaran
Jasmial
Nip :
197011281995122001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP I )
Mata pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester : IX / Genap
Tema : kemanegtan
Jumlah pertemuan : 1 x pert ( 3 x 45 JP )
A. Standar Kompetensi
|
B. Kompetensi Dasar
|
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1. Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat
magnet.
4.2 Mendeskripsikan kemagnetan dalam produk tegnologi
|
C. Indikator
|
D. Tujuan Pembelajaran
|
|
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat:
|
F.
Materi
Ajar.
Kemagnetan (terlampir pada bahan
ajar)
- Pengertian magnet
- Bentuk-bentuk magnet
- Sifat-saifat magnet
- Cara membuat magnet
- Kemagnetan bumi
- Medan magnet dalam kawat
berarus listrik
- Gaya Lorent
G.
Model Dan
Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : -
Diskusi kelompok
- Eksperimen
H. Langkah – langkah Kegiatan.
PERTEMUAN I
Tema
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
I. Pendahuluan
|
-Pengecekan dan kesiapan siswa
2.
-Menjelaskan
indikator dan tujuan yang ingin dicapai serta gambaran singkat materi yang
akan dipelajari
|
5 menit
|
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.
|
-siswa diminta membaca modul / buku sumber tentang bentu dan cara
mebuat magnet.
-guru dan siswa melaksanakan Tanya jawab tentang materi yang dibaca
siswa dan memberikan penekanan dan penjelasan tentang kutub magnet yang
terbentuk.
|
20
menit
|
B. Elaborasi
|
-siswa duduk dalam kelompok.
-Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan melakukan
percobaan cara membuat magnet dengan ke tiga cara. Sesuai petunjuk dalam LKS
-siswa menyelesaikan jawaban LKS dengan berdiskusi
kelompok
-Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa
kelompok lain.
|
30
menit
|
C. Konfirmasi
|
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS
sendiri sendiri.( TES akhir pembelajaran)
|
20
menit
|
III. Penutup
|
-Bersama siswa guru menarik kesimpulan pelajaran
-Guru memberikan LKS untuk dikerjakan siswa dirumah.
-Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
25
menit
|
PERTEMUAN II
Tema
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
I. Pendahuluan
|
-Pengecekan dan kesiapan siswa
2.
-Menjelaskan
indikator dan tujuan yang ingin dicapai serta gambaran singkat materi yang
akan dipelajari
|
5 menit
|
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.
|
-siswa diminta membaca modul / buku sumber tentang medan magnet
sekitar kawat berarus listrik dan gaya lorenzt
-guru dan siswa melaksanakan Tanya jawab tentang materi yang dibaca
siswa dan memberikan penekanan dan penjelasan tentang kutub magnet yang
terbentuk.
|
20
menit
|
B. Elaborasi
|
-siswa duduk dalam kelompok.
-Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan -siswa
menyelesaikan jawaban LKS dengan berdiskusi kelompok
-Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa
kelompok lain.
|
30
menit
|
C. Konfirmasi
|
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS
sendiri sendiri.( TES akhir pembelajaran)
|
20
menit
|
III. Penutup
|
-Bersama siswa guru menarik kesimpulan pelajaran
-Guru memberikan LKS untuk dikerjakan siswa dirumah.
-Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
25
menit
|
I. Sumber belajar.
- Buku IPA BSE kelas IX.
- Buku IPA Yudistira kelas IX.
- Modul Fisika kelas IX
- LKS I, II, III, IV.
J.
Penilaian.
- Teknik Penilaian : Tugas, kuis, tes tertulis.
- Bentuk penilaian: Objektif, isian, uraian.
K. Alat Penilaian. ( Terlampir )
Mengetahui:
Kepala MTsN Kubang Putih
Basrial S.Ag,
M.Pd
Nip:196305171987031003
|
Kubang Putih, Juli
2013
Guru mata
pelajaran
Jasmial
Nip:197011281995122001
|
LAMPIRAN I.C
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS I.3
Tema :
Dinamo
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan cara kerja dynamo sepeda.
2. Siswa dapat membedakan dynamo AC dan DC.
3. siswa dapat meyebutkan rotor dan stator
pada dynamo.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
|
|
|
|
Nama : ……………………………
Kelompok : ……………………………
LAMPIRAN I.D
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS II
Tema :
GGL Induksi,Generator,Dinamo.
Tujuan Pembelajaran
:.
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
1.Menjelaskan cara menimbulkan
GGL induksi.
2.Cara memperbesar GGL induksi.
3.Menyebutkan alat alat yang
menghasilkan GGL induksi.
4. Menjelaskan prinsip kerja generator / dinamo AC
5. Menjelaskan prinsip
kerja generator / dynamo DC
|
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
|
|
|
|
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS III
Tema :
GGL induksi, generator, dinamo
Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
1.Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
2.Cara memperbesar GGL induksi.
3.Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL
induksi.
4. Menjelaskan prinsip kerja generator / dinamo AC
5. Menjelaskan prinsip kerja generator
/ dynamo DC
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan tepat!
Untuk soal no 1 dan 2 perhatikan
pernyataan dibawah ini !
- Menggerakkan magnet keluar masuk kumparan.
- menambah kecepatan gerak kumparan
- Mngurangi jumlah lilitan.
- Menambah inti besi
- menambah kuat arus
- menggerakkan magnet dalam kumparan
- menggerakkan kumparan dalam medan magnet.
- menambah kekuatan magnet.
- Cara menimbulkan GGL induksi yang benar pada pernyataan diatas adalah:
- 1, 2, dan 4. C. 1, 6, dan 7.
- 2, 4, dan 5. D. 2, 3, dan 8
- Cara memperbesar GGL induksi yang benar dari pernnyataan di atas adalah :
- 1, 2, dan 4. C. 1, 6, dan 7.
- 2, 4, dan 5. D. 2, 4, dan 8.
- Perhatikan pernyataan dibawah ini !
1. Bel
listrik. 5.
Generator.
2. Telephon. 6. Ampermeter.
3. Mixer. 7. Dinamo.
4. Motor
listrik. 8.
Transformator.
Yang merupakan alat – alat yang
menghasilkan GGL induksi adalah :
- 1, 2 dan 3. C. 3, 4 dan 6.
- 5, 7 dan 8. D. 3, 4 dan 7.
4. Yang membedakan generator AC dan DC adalah :
1. Pada generator AC mempunyai 1 cincin
luncur
2. Pada generator DC mempunyai 1 cicin belah ( komutator ).
3. Pada generator AC mempunyai 2 cincin
Luncur.
4. Pada generator DC mempunyai 2 cincin
belah ( komutator ).
Pernyataan yang benar adalah :
A. 1
dan 2. C.
3 dan 4.
B. 2
dan 3. D.
1 dan 4.
- Pernyataan yang benar adalah :
- Rotor pada generator adalah magnet dan statornya adalah kumparan.
- Rotor pada generator adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
- Rotor pada dynamo sepeda adalah kumparan dan statornya adalah magnet
- Rotor pada dynamo sepeda adalah magnet dan statornya adalah kumparan.
Saya adalah “ SANG
JUARA, BUKAN PECUNDANG”. Maka saya akan selalu berlaku jujur dalam setiap
kegiatanku. AMIIN. Selamat bekerja , semoga sukses selalu menyertaimu !.
Lampiran
I.F
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS III
Tema :
GGL induksi, generator, dinamo
Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
1.Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
2.Cara memperbesar GGL induksi.
3.Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL
induksi.
4. Menjelaskan prinsip kerja generator / dinamo AC
5. Menjelaskan prinsip kerja generator
/ dynamo DC
Kerjakanlah tugas ini dengan
penuh tanggung jawab atas diri sendiri. Semoga sukses menyertaimu selalu.
Amiin.
- Cara menimbulkan GGL induksi adalah :
A. Menambah
jumlah lilitan.
B. Menguarangi
kecepatan gerak magnet atau kumparan.
C. memutar
kumparan dalam medan magnet.
D. Menambah
kekuatan magnet.
- Cara memperbesar GGL induksi adalah:
A. mengurangi
jumlah lilitan kumparan.
B. Menambah
kuat arus listrik.
C. Menggerakkan
magnet keluar masuk kumparan.
D. Menambah
inti besi dalam kumparan.
- Dibawah ini yang merupakan alat yang menghasilkan GGL induksi adalah :
A. Bel
listrk, telephon, katrol listrik.
B. Generator,
dynamo, transformator.
C. Mixer,
motor listrik, alat ukur listrik.
D. Motor
listrik, bel listrik, kompor listrik.
- Untuk mengganti generator AC menjadi generator DC adalah dengan cara :
A. Menukar
1 cincin luncur dengan 2 cincin belah ( komutator ).
B. Menukar
2 cincin luncur dengan 1 cincin belah ( komutator ).
C. Menukar
1 komutator dengan 2 cincin luncur.
D. Menukar
2 komutator dengan 1 cincin luncur.
- Pernyataan yang benar dibawah ini adalah:
A. Rotor
pada generator adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
B. Rotor
pada generator adalah magnet dan statornya adalah kumparan.
C. Rotor
pada dynamo sepeda adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
A. Rotor
pada dynamo sepeda adalah magnet dan statornya adalah kumparan
Orang yang
sukses akan selalu melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Dan bagi orang mukmin
ganjaran yang terbaik adalah “SURGA”. Selamat bekerja.Semoga sukses
menyertaimu. AMIIN
LAMPIRAN II. A
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS I
Tema :
TRANSFORMATOR
Tujuan pembelajaran :
1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs )
trafo.
3. Menghitung besar efisiensi trafo.
4. Membedakan trafo step up dan step down.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
NAMA :
…………………………………..
KELOMPOK : …………………………………...
LAMPIRAN II.B
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS II.2
Tema :
Tegangan Sekunder.
Tujuan pembelajaran :
1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs )
trafo.
3. Menghitung besar efisiensi trafo.
4. Membedakan trafo step up dan step down.
5. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak
jauh dengan tegangan tinggi.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
Jika jumlah lilitan primer 100 lilitan.
Berapa jumlah lilitan sekunder ?
|
|
|
NAMA :
…………………………………..
KELOMPOK : …………………………………...
LAMPIRAN : II.C
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode :
LKS II.3
Tema :
Efisiensi Trafo, Transmisi jarak jauh.
Tujuan pembelajaran 1. Menghitung besar efisiensi trafo.
2. Membedakan trafo step up dan step down.
3. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak
jauh dengan tegangan tinggi.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
|
|
80 % .
|
|
NAMA :
…………………………………..
KELOMPOK : …………………………………...
LAMPIRAN II.D
INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK.
Kode :
LKS II
Tema :
Transformator.
Tujuan pembelajaran :
1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs )
trafo.
3. Menghitung besar efisiensi trafo.
4. Membedakan trafo step up dan step down.
5. Menjelaskan
keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan tinggi.
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang induksi elektromagnetik
dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan
teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment