PERANGKAT PENGAJARAN FISIKA KELAS IX SEM II 2013-2014, RPP FISIKA KLS IX 2013-2014,BAHAN AJAR FISIKA KLS IX

SIKA
SEMESTER I dan II KELAS IX
TAHUN 2013 – 2014


OLEH

JASMIAL
NIP : 197011281995122001



SEKOLAH
MTSN KUBANG PUTIH
KABUPATEN AGAM
PROPINSI SUMATERA BARAT







PERANGKAT PENGAJARAN

1.     PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
2.     PROGRAM SEMESTER ( PROSEM )
3.     PENGEMBANGAN SILABUS
4.     PEMETAAN KD
5.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
6.     LAMPIRAN SOAL UH 1,2,3
7.     LAMPIRAN SOAL MID SEM I,II 2012- 2013
8.     ANALISIS UH 1,2,3
9.     ANALISIS UJIAN MID SEMESTER
10.             ABSENSI
11.             DAFTAR NILAI
12.             BATAS PELAJARAN





PERANGKAT PENGAJARAN FISIKA
KELAS IX SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013

OLEH

JASMIAL
NIP : 197011281995122001
GURU MTSN KUBANG PUTIH
BANUHAMPU AGAM SUMATERA BARAT

PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan         : MTsN Kubang Putih
Mata Pelajaran               : Fisika
Kelas / Semester             : IX / Genap
Tahun Pelajaran              : 2013 - 2014

Semester
Standar kompetensi/kompetensi dasar
Alokasi waktu
KET
I
SK I : Memahami konsep kelistrikan dan   penerapannya dalam kehidupan  sehari hari. 
 
KD I: Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari hari.

KD II : Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian seerta penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

KD III : mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang sitimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari .

KD IV : Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari.



10 jp



14 jp


10 jp


14 jp









II
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

KD I : Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.

KD II : Mendeskripsikan konsep magnet dalam produk tegnologi.

KD III: menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.

SK III : Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi didalamnya.

KD I : Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.

KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta pengaruh interaksinya.






3 jp


3 jp


6 jp




3 jp

3 Jp


Jumlah jam pelajaran
66 jam





PROGRAM SEMESTER

Mata pelajaran             : Fisika
Satuan Pendidikan      : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester          : IX / Genap

Banyak minggu efektif dalam semester genap :

No
Bulan
Jumlah minggu
Minggu tidak efektif
Minggu efektif
1
Januari
5
3
3
2
Februari
4
-
4
3
Maret
4
1
3
4
april
4
2
2

Jumlah
13
3
12

            Jumlah jam efektif : 12 x 3= 36 jam pelajaran.

B. Distribusi Alokasi Waktu

KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
SK I   :Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari  
           hari.
KD I    : Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.
KD II   : Mendeskripsikan konsep magnet dalam produk tegnologi.
KD III : menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan konsep
            kerja beberapa alat yang menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.
SK III  : Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi didalamnya.
KD I    : Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
KD III  : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta pengaruh interaksinya.


3 jp
3 jp
6 jp


3 JP
3 Jp
Ulangan Harian
3 JP
Pengayaan ( mengulang SKL UN kls VII dan VIII
12 JP
TO
3 JP
Jumlah jam pelajaran
36 JP


Mengetahui : Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S.Ag, M. Pd
Nip : 196305171987031003

Kubang Putih Juli 2013
Guru Mata Pelajaran



Jasmial
Nip: 197011281995122001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP II )

Mata Pelajaran            : Fisika
Satuan Pendidikan      : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tema                           : Induksi elektromagnetik.
Jumlah pertemuan       : 2 x pert ( 6 x 45 JP )

A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari
menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan konsep kerja beberapa alat yang menggunakan prinsip induksi elektromagnetik

C. Indikator
D. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan hubungan garis gaya magnet dengan timbulnya GGL induksi dengan demonstrasi / percobaan.
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
  1. Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
  2. Cara memperbesar GGL induksi.
  3. Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL induksi.
2. Mengamati proses timbulnya GGL 
    induksi pada generator ,dynamo AC, DC
1. menjelaskan prinsip kerja generator / dynamo AC.
2. Menjelaskan prinsip kerja generato / dynamo DC.
4.   Meneliti cara kerja transformator dan
     menghitung besar tegangan keluaran
      ( Vs ) untuk jumlah lilitan yang berbeda.
1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
2. Menghitung besar tegangan sekunder (       Vs ) trafo.
3. Menghitung besar efisiensi trafo.
4. Membedakan trafo step up dan step down.
5. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan tinggi.

E. Materi Ajar.
FAKTA           : Mengenalkan peristiwa Induksi elektromagnetik.
KONSEP         : Induksi elektromagnetik adalah peristiwa timbulnya GGL induksi      karena gerakan magnet dalam kumparan atau gerakan kumparan dalam magnet.
PRINSIP         : 1. Cara menimbulkan GGL induksi adalah:
a.       Menggerakkan magnet ddalam kumparan
b.      Menggerakkan kumparan dalam medan magnet
   2. Faktor yang memperbesar GGL induksi adalah:
            a. Jumlah lilitan kumparan
            b. Kekuatan magnet.
            c. kecepatan gerak magnet atau kumparan ( jumlah flux magnet)
   3. Alat yang menggunakan prinsip Induksi Elektromagnetik :
            a. Generator AC / DC
            b. Dinamo AC / DC
            c. Tansformator
                                                    Persamaan trafo ideal yaitu:
v   NP / NS = VP / VS = IS / IP

Persamaan Efisiensi trafo yaitu:
v  µ = Vs / VP X 100 %

PROSSEDUR : 1. Demonstrasi cara menimbulkan GGL induksi.
                           2. Membuat kesimpulan tentang  cara menimbulkan GGL induksi
                           3. Menjelaskan factor  yang mempengaruhi GGL induksi
                           4. Menemukan cara memperbesar GGL induksi lewat demonstrasi.
                           5. Menjelaskan prinsip kerja generator AC / DC lewat charta
                           6. Menjelaskan prinsip kerja dinamo AC / DC lewat charta
   7. Menjelaskan prinsip kerja transformator dengan alat sederhana.

ALOKASI WAKTU
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN
TM
4 x 45 = 180 menit
Demonstrasi, diskusi Tanya jawab
PT
2.7 x 45 = 167 menit
Latihan tertulis di sekolah / di rumah
KMTT
2 x 45 = 90 menit
Membuat ringkasan materi dengan melengkapi LKS yang telah tersedia.

G. Langkah – langkah Kegiatan.

PERTEMUAN I

KEGIATAN
WAKTU
Peralatan pendukung
A.    Pendahuluan.
·         Salam, Do’a.
·         Absensi.
·         Motivasi, Nasehat
5 menit

B.     Eksplorasi.
·         Guru bersama beberapa orang siswa mendemonstrasikan  cara menimbulkan GGL induksi.
·         Siswa diminta duduk perkelompok yang terdiri dari 6 kelompok.
·         Siswa diminta membaca buku sumber sbb:
o   Kel 1,2 membaca tentang GGL Induksi.
o   Kel 3,4 membaca tentang generator.
o   Kel 5,6 membaca tentang dynamo.

20 menit
  • magnet batang
  • kumparan 3 buah
( 500,750,1000 lilitan)
  • galvanometer
  • voltmeter
  • kabel penghubung
  • gambar Generator sederhana
  • gambar dynamo sederhana

C.     Elaborasi
·         Siswa mendiskusikan materi inti dari yang mereka baca dan menulis kesimpulannya pada lembaran kerja
·         Siswa bergabung membentuk 3 kelompok baru dan mendiskusikan hasil kerja kelompok sebelumnya.
·         Siswa menjawab lembaran kerja II
 ( LKS II )
·         Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas
30 menit

D.    Konfirmasi
·         Siswa kembali ketempat duduk semula dan menjawab lembaran kerja III ( LKS III ).
20 menit

E.     Penutup
·         Guru memperjelas inti pelajaran .
·         Guru memberikan reword pada kelompok yang bekerja dengan baik .
·         Guru memberikan tugas di rumah pada LKS IV.
·         Menutup pelajaran dengan do’a.
25 menit



I.                    BAHAN AJAR PERTEMUAN I
BAB I: LISTRIK STATIS
A.       ATOM
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
1.       Bagian Inti atom ( Nukleus )
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
a.       Muatan positif disebut dengan proton
b.      Tidak bermuatan disebut dengan neutron
2.       Bagian kulit atom terdiri dari electron yang bermuatan negative.

PENGERTIAN ATOM POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
a.       Atom positif jika sebuah atom netral ditinggalkan oleh sebuah electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah proton lebih banyak dari jumlah electron.
b.      Atom negative jika sebuah atom netral dimasuki oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah electron lebih banyak dari jumlah proton.
c.       Atom netral jika jumlah proton sama banyak dengan jumlah electron.

B.        BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di ala mini memiliki atom. Ketika benda belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi bermuatan listrik positif atau negative.

Ada dua cara member muatan listrik pada benda yaitu:
1.       Dengan menggosok benda tersebut dengan benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contohnya:
a.       Rol digosok dengan kain wol akan bermuatan negative karena terjadi perpindahan electron dari kain wol ke rol.  W       ---     R
·        Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø  Plastik jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø  Karet / ban jika bergesekkan dengan jalan
Ø  Ebonit jika digosok dengan wol
Ø  Sisir plastik jika digosokkan ke rambut kering.
Ø  Balon jika digosok dengan wol
b.      Kaca digosok dengan sutra akan bermuatan positif karena terjadi perpindahan electron dari kaca ke sutra. K                S
·        Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca

Jika benda – benda yang telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v  Tarik menarik, jika benda positif dan negatif berdekatan contoh:
o   rol plastik dan kaca
o   sisir plastik dan kaca
o   ebonit dan fiber glas dll
v  Tolak menolak jika dua benda yang memiliki muatan listrik yang sama, sam negatif atau sama-sam positif. Contoh:
o   Fiber glas dengan kaca
o   Karet dengan plastik
o   Sisir plastik dengan rol plastik
o   Sesama rol dll

II.                 LKS PERTEMUAN I

LKS 1.1

BAB I: LISTRIK STATIS
C.        ATOM
Menurut Leukippus dan Demokritus atom adalah:………………………………………………….
Atom terdiri dari 2 bagian yaitu :
3.       Bagian …………………… atau disebut juga dengan ………………………….
Inti terdiri dari tiga komponen yaitu:
c.       …………………….. …………………………..disebut dengan ………………………..
d.      ……………………… ………………………… disebut dengan ……………………….
4.       Bagian …………………. …………….. terdiri dari ………………………. yang bermuatan …………………………...


PENGERTIAN ATOM POSITIF,NEGATIVE DAN NETRAL
d.      Atom positif adalah:jika sebuah atom netral ………………………… electron atau lebih. Atau jika sebuah atom memiliki jumlah ……………….. lebih …………………… dari jumlah electron.
e.      Atom negative jika sebuah atom netral …………………….. oleh satu atau lebih electron . atau jika sebuah atom memiliki jumlah ………………. lebih banyak dari jumlah ………………………
f.        Atom netral jika jumlah ……………………………….. dengan jumlah electron.

D.       BENDA DAPAT DIBERI MUATAN LISTRIK
Setiap benda di alam ini memiliki atom. Ketika benda belum diusik atau di reaksikan secara kimia maka benda tersebut dalam keadaan netral artinya jumlah proton dan elektronnya sama.namun jika benda tersebut diberi aksi atau diusik maka electron yang ada dalam benda akan mudah berpindah tempat keluar dari benda atau masuk kesuatu benda. Sehingga benda tersebut kekurangan atau kelebihan electron yang menyebabkan benda tersebut menjadi bermuatan listrik positif atau negative.

Ada dua cara memberi muatan listrik pada benda yaitu:
2.       Dengan ………………………….benda tersebut dengan benda lain.
Orang yang pertama kali melakukan percobaan listrik statis Thales of miletus. Ia menggosok batu ambar dengan kain wol. Kemudian ia dekatkan dengan bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu ambar beberapa saat kemudian jatuh lagi.
Contoh lain:
c.       Rol digosok dengan kain ………… akan bermuatan ………………… karena terjadi perpindahan electron dari ………………….. ke ………….. .           ( W       ---     R )
·        Benda –benda yang negatif ketika digosok adalah:
Ø  ……………. jika digosok dengan rambut kering atau wol
Ø  …………………… jika bergesekkan dengan jalan
Ø  ………………. jika digosok dengan wol
Ø  …………………………… jika digosokkan ke rambut kering.
Ø  ……………………… jika digosok dengan wol
d.      Kaca digosok dengan ………………… akan bermuatan ……………… karena terjadi perpindahan electron dari ……………………ke ……………..                 ( K                S )
·        Benda yang positif ketika digosok adalah fiber glass dan kaca

Jika benda – benda yang telah digosok ini didekatkan akan terjadi dua interaksi yaitu:
v  …………………….., jika benda positif dan negatif berdekatan contoh:
o   …………………………. dan kaca
o   ………………………… dan kaca
o   ……………………….. dan fiber glas dll
v  …………………………….. jika dua benda yang memiliki muatan listrik yang sama, sama-sama negatif atau sama-sama positif. Contoh:
o   Fiber glas dengan …………………………..
o   Karet dengan ………………………..
o   Sisir plastik dengan rol plastik
o   Sesama rol dll





III.               SOAL KUIS  PERTEMUAN I

KUIS 1.1
1.      Bagian yang terkecil dari benda yang tidak dapat dibagi-bagi lagi disebut dengan:
A.     Proton                                  B. electron                          C. neutron                          D. nucleus

2.      Orang yang pertama kali mengemukakan tentang atom adalah:
A.     Coulomb                              B. Demokritus                   C. Neowton                        D. Oersted

3.      Atom disebut juga dengan:
A.     Proton                                  B. electron                          C. neutron                          D. nucleus

4.      Atom Carbon memiliki 6 proton, 7 elektron dan 6 neutron. Maka atom carbon bermuatan:
A.     Positif                                   B. negative                         C. netral                               D. 1

5.      Jika mistar plastic digosokkan ke rambut yang kering kemudian diletakkan pada sobekan kertas kecil-kecil, kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastic bermuatan listrik:
A.      Positif, karena electron dari rambut mengalir ke plastic
B.      Positif, karena electron plastic mengalir ke rambut
C.      Negatif, karena electron dari rambut mengalir ke plastic
D.      Negatif, karena electron dari plastic mengalir ke rambut

6.      Sebuah benda digosok dengan benda lain sebagian elektronnya berpindah ke benda yang digosok. Dalam hal ini benda yang digosok akan menjadi:
A.      Bermuatan positif                      C. Bermuatan negatif
B.      Tidak bermuatan                        D. Bermuatan nol

7.      Plastic yang digosok dengan wol bermuatan negatif, pernyataan yang benar adalah:
A.      electron wol pindah ke udara                             C. electron wol pindah ke plastic
B.      electron plastic pindah ke udara                        D. electron plastic pindah ke wol

8.      Perhatikan gambar berikut!
Batang kaca dapat menarik potongan kertas seperti gambar karena telah bermuatan listrik yang ditimbulkan oleh penggosokkan dengan ….
A.      Kain wol, sehingga melepaskan beberapa electron yang dimiliki
B.      Kain sutera,sehingga melepaskan beberapa electron.
C.      Kain wol,sehingga menerima beberapa electron dari kain wol
D.      Kain sutera,sehinggamenerima beberapa elektron

9.      Seorang siswa melakukan penyelidikan prilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut :

Hasil penyelidikannya, sisir tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....

digosok dengan
peristiwa yang terjadi
jenis muatan listrik sisir
A
kain sutera
mendapat tambahan elektron dari kain sutera
negatif
B
kain wol
mendapat tambahan elektron dari kain wol
negatif
C
kain sutera
kehilangan beberapa elektron yang dimilik
positif
D
kain wol
kehilangan beberapa elektron yang dimiliki
positif

10.  Proses pemberian muatan listrik  di bawah ini yang benar adalah…
A.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
B.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
C.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan positif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca
D.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan positif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.

11.  Proses pemberian muatan listrik di bawah ini yang benar adalah…..
A.      Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan bermuatan negatif, karena electron dari rol plastic pindah ke kain wol.
B.      Rol plastic yang digosok dengan kain wol, akan bermuatan negatif, karena electron dari kain wol pindah rol plastic.
C.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari batang kaca pindah ke kain sutera.
D.      Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan negatif, karena electron dari kain sutera pindah ke batang kaca.

12.  interaksi tarik menarik antar muatan listrik terjadi pada:
A.      penggaris plastic yang digosok dengan kain wol terhadap kaca yang digosok dengan kain sutera
B.      penggaris plastic yang digosok dengan kain wol terhadap ebonite yang digosok dengan dengan kain wol
C.      ebonite yang digosok dengan kain wol terhadap kain sutra  yang digosok dengan kaca.
D.      Ebonite yang digosok dengan wol terhadap benda lain yang bermuatan negative

13.  Benda-benda bermuatan listrik dibawah ini jika didekatkan akan tarik menarik adalah:
A.      Sisir-plastik                                          C. Kaca-ebonit
B.      Sisir-ebonit                                          D. Plastic-ebonit

14.  Benda-benda bermuatan listrik dibawah ini akan tolak menolak jika didekatkan adalah:
A.      Sisr-kaca                                               C. Kaca-ebonit
B.      Plastic-ebonit                                      D. Plastic-kaca

15.  Sebuah penggaris plastic yang telah digosok dengan kain wol didekatkan ke sebuah batang kaca yang telah digosok dengan kain sutra, interaksi yang terjadi adalah:
A.      Tolak menolak                                     C. Tarik menarik
B.      Tidak memiliki gaya listrik                 D. Tidak ada reaksi

IV.              SOAL PR PERTEMUAN I
PR 1.1
1.                   Jelaskan pengertian atom dan siapa yang pertama kali pemberi pengertian seperti itu?
2.                   Jelaskan bagian-bagian atom dan komponen masing-masingnya!
3.                   Jelaskan pengertian atom netral, atom positif dan atom negative!
4.                   Berilah 2 contoh benda yang dapat diberi muatan listrik statis, dan jelaskan proses terjadinya dan muatan yang terjadi pada benda tersebut.
5.                   Tuliskan contoh benda-benda yang bermuatan positif dan negative ketika diberi muatan listrik?
6.                   Jelaskan reaksi yang terjadi pada benda bermuatan yang saling berdekatan dan sertakan contoh masing.

PERTEMUAN II:

KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
A. Pendahuluan
  • Salam, Do’a.
  • Absensi.
  • Motivasi, Nasehat.
5        menit

B. INTI
 Elaborasi
·         Guru member penjelasan tentang bagian bagian tarafo dengan menunjukkan bentuk trafo sederhana.
·         Siswa dibagi 6 kelompok dan duduk pada kelompok masing masing.
·         Siswa diminta membaca buku tentang :
v  Kel 1,2 membaca tentang trafo
v  Kel 3,4 membaca hubungan jmlah  lilitan ,tegangan dan arus pada trafo.
v  Kel 5,6 membaca tentang efisiensi trafo dan transmisi jarak jauh.

20    menit
  • transformator sederhana
 Eksplorasi
·         Siswa mendiskusikan tentang yang dibacanya dan menjawab lembar kerja ( LKS I ).
·         Siswa bergabung membentuk kelompok baru 3 kelompok.
·         Siswa mendiskusikan hasila kerja kelompok sebelumnya dan menjawab lembar kerja ( LKS II ) .
·         Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan kelompok lain menanggapi nya.
30 menit

 Konfirmasi
·        Siswa kembali ketempat duduk semula dan mengerjakan lembar kerja ( LKS III ).
20 menit

C. PENUTUP
  • Guru memperjelas poin poin pelajaran transformator.
  • Guru memberi tugas dirumah ( LKS IV ).
  • Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
25 menit


H. Sumber Belajar

Ø  IPA BSE KLS IX
Ø  IPA IX YUDISTIRA
Ø  Modul fisika kls IX.
Ø  LKS I, II, III, IV.

I. Penilaian :
      • Teknik penilaian: Kuis, LKS, tugas, tes tertulis.
      • Bentuk penilaian: Objektif, uraian.

J. Alat penilaian. (terlampir)



Mengetahui : Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S. Ag, M.Pd
Nip : 196305171987031003
Kubang Putih, Juli 2013
Guru mata pelajaran




Jasmial
Nip : 197011281995122001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  
( RPP III )

Mata pelajaran             : Fisika
Satuan Pendidikan      : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tema                           :Tata Surya
Jumlah pertemuan       : 1 x pert ( 3 x 45 JP )

A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
Memahami system tatasurya dan proses yang terjadi didalamnya.

KD I : Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
KD III : Mendeskripsikan gerak edar bumi bulan serta pengaruh interaksinya.

C. Indikator
D. Tujuan Pembelajaran
1. Mendeskripsikan system tatasurya.
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. Menyebutkan susunan planet dan
     menjelaskan ciri – cirinya .
2. Menjelaskan susunan lapisan matahari
    dan gangguan matahari.
2. Menggali informasi bumi sebagai planet.
1. Menjelaskan akibat rotasi bumi.
2. menjelaskan akibat revolusi bumi.
3. membedakan dengan gambar terjadinya
    gerhana  matahari dan bulan.
4. menjelaskan dengan gambar posisi bulan
    bumi dan matahari ketika terjadi pasang
    perbani dan pasang purnama.
3. Mendeskripsikan permasalahan
    lingkungan yang terjaddi sehari  hari.
1. menjelaskan factor yang mempengaruhi
    terjadinya pelapukan .
2. Menjelaskan terjadinya efek rumah kaca.
3. Menjelaskan efek negative pada
    kesehatan manusia karma proses yang
    terjadi di lingkungan.

A.   Materi Ajar.
1.      Sistem tata surya.
2.      Matahari sebagai bintang .
3.      Bumi sebagai planet.
4.      Permasalahan lingkungan.

B.   Langkah – langkah Kegiatan.

Tema
Kegiatan
Alokasiwaktu
I. Pendahuluan
1. Salam dan do’a.
2. Absensi
3. Motivasi atau nasehat.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5 menit
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.
Siswa diminta duduk dalam kelompok dengan anggota 4 org / kelompok.
Siswa diminta membaca buku tentang:
·         Kel 1,2 membaca tentang system tata surya.
·         Kel 3,4 membaca tentang  matahari sebagai bintang .
·         Kel 5,6 membaca tentang bumi sebagai planet.
·         Kel 7,8 membaca tentang permasalahan lingkungan.
20 menit
B. Elaborasi   
Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan menjawab lembaran kerja ( LKS I ) dalam kelompok masing masing.

Siswa bergabung membentuk kelompok baru yang terdiri dari wakil masing masing kelompok.
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok sebelumnya dalam kelompok baru dan menjawab LKS II.

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok  di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa kelompok lain.
30 menit
C. Konfirmasi
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS III sendiri sendiri.
20 menit
III. Penutup
Guru menjelaskan kembali intipelajaran tata surya.
Guru memberikan LKS IV untuk dikerjakan siswa dirumah.
Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
25 menit

C.     Sumber belajar.
    • Buku IPA BSE kelas IX.
    • Buku IPA Yudistira kelas IX.
    • Modul Fisika kelas IX
    • LKS I, II, III, IV.

D.   Penilaian.

    • Teknik Penilaian : Tugas, kuis, tes tertulis.
    • Bentuk penilaian: Objektif, isian, uraian.

E.   Alat Penilaian. ( Terlampir )



Mengetahui: Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S.Ag, M.Pd
Nip:196305171987031003
Kubang Putih, Juli 2013
Guru mata pelajaran




Jasmial
Nip:197011281995122001



LAMPIRAN I.A
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Lembaran Kerja Siswa
Kode   :LKS I.1
Tema   : GGL Induksi
Tujuan pembelajaran   : 1. siswa dapat menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
                                      2. Siswa dapat menjelaskan cara memperbesar GGL induksi.
  3. Siswa dapat menyebutkan alat alat  yang menghasilkan GGL     induksi.
                                   
Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.


1.Dari buku yang kamu baca ,jelaskanlah apa pengertian Induksi   elektromagnetik ?




2.Bagaimana cara menimbulkan GGL iduksi itu ?






3. Kenapa bisa timbul GGL induksi dengan cara yang kamu jelaskan tersebut ?




4. Jelaskan cara memperbesar GGL induksi.







5. Tulislah beberapa alat yang bekerja berdasakan prinsip induksi elektromagnetik !






Nama               : ……………………………
Kelompok       : ……………………………


Mengetahui : Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S. Ag, M.Pd
Nip : 196305171987031003
Kubang Putih, Januari 2013
Guru mata pelajaran



Jasmial
Nip : 197011281995122001



LAMPIRAN I.B
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS I.2
Tema                           : Generator.
Tujuan Pembelajaran   : 1. siswa dapat menjelaskan prinsip kerja generator.
                                      2. Siswa dapat membedakan generator AC dan DC.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Jelaskan cara kerja generator secara sederhana dengan kalimatmu sendiri !






  1. Jelaskan beda generator AC dan DC !






  1. Apakah yang dimaksud dengan rotor dan stator ?






  1. apa yang berfungsi sebagai rotor dan stator pada generator.





  1. Bagaimana cara mengganti generator AC menjadi generator DC ?





Nama               : ……………………………
Kelompok       : ……………………………


Mengetahui : Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S. Ag, M.Pd
Nip : 196305171987031003
Kubang Putih, Januari 2013
Guru mata pelajaran



Jasmial
Nip : 197011281995122001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  
( RPP I )

Mata pelajaran             : Fisika
Satuan Pendidikan      : MTsN Kubang Putih
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tema                           : kemanegtan
Jumlah pertemuan       : 1 x pert ( 3 x 45 JP )

A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.


4.1.  Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.
4.2 Mendeskripsikan kemagnetan dalam produk tegnologi


C. Indikator
D. Tujuan Pembelajaran


  1. Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetannya


  1. Memaparkan teori kemagnetan bumi

  1. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat bermuatan listrik


  1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam produk teknologi


  1. Menentukan  penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari


Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat:
  1. Menyebutkan bentuk-bentuk magnet
  2. Menunjukkan sifat-sifat magnet
  3. Menjelaskan cara membuat magnet dan menentukan kutub-kutub magnet yang terbentuk

  1.  Menentukan letak kutub magnet bumi



  1. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik



  1. Mengkaji pustaka untuk menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya produk teknologi


  1. Mengkaji pustaka untuk menemukan penggunaan gaya Lorent pada beberapa alat listrik sehari-hari

F.    Materi Ajar.
Kemagnetan (terlampir pada bahan ajar)
-       Pengertian magnet
-       Bentuk-bentuk magnet
-       Sifat-saifat magnet
-       Cara membuat magnet
-       Kemagnetan bumi
-       Medan magnet dalam kawat berarus listrik
-       Gaya Lorent




G.    Model Dan Metode Pembelajaran

1.      Model   :     -   Direct Instruction (DI)
                         -   Cooperative Learning

2.  Metode :      -   Diskusi kelompok  
                         -   Eksperimen           


H.  Langkah – langkah Kegiatan.
PERTEMUAN I
Tema
Kegiatan
Alokasiwaktu
I. Pendahuluan
-Pengecekan dan kesiapan siswa
2.     -Menjelaskan indikator dan tujuan yang ingin dicapai serta gambaran singkat  materi yang   akan   dipelajari
5 menit
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.

-siswa diminta membaca modul / buku sumber tentang bentu dan cara mebuat magnet.
-guru dan siswa melaksanakan Tanya jawab tentang materi yang dibaca siswa dan memberikan penekanan dan penjelasan tentang kutub magnet yang terbentuk.

20 menit
B. Elaborasi   
-siswa duduk dalam kelompok.
-Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan melakukan percobaan cara membuat magnet dengan ke tiga cara. Sesuai petunjuk dalam LKS
-siswa menyelesaikan jawaban LKS dengan berdiskusi kelompok
-Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok  di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa kelompok lain.
30 menit
C. Konfirmasi
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS sendiri sendiri.( TES akhir pembelajaran)
20 menit
III. Penutup
-Bersama siswa guru menarik kesimpulan pelajaran
-Guru memberikan LKS untuk dikerjakan siswa dirumah.
-Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
25 menit


PERTEMUAN II
Tema
Kegiatan
Alokasiwaktu
I. Pendahuluan
-Pengecekan dan kesiapan siswa
2.     -Menjelaskan indikator dan tujuan yang ingin dicapai serta gambaran singkat  materi yang   akan   dipelajari

5 menit
II.Kegiatan Inti.
A. Eksplorasi.

-siswa diminta membaca modul / buku sumber tentang medan magnet sekitar kawat berarus listrik dan gaya lorenzt
-guru dan siswa melaksanakan Tanya jawab tentang materi yang dibaca siswa dan memberikan penekanan dan penjelasan tentang kutub magnet yang terbentuk.

20 menit
B. Elaborasi   
-siswa duduk dalam kelompok.
-Siswa mendiskusikan inti dari bacaannya dan -siswa menyelesaikan jawaban LKS dengan berdiskusi kelompok
-Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok  di depan kelas dan ditanggapi oleh siswa kelompok lain.
30 menit
C. Konfirmasi
Siswa kembali ke tempat duduk semula dan mengerjakan LKS sendiri sendiri.( TES akhir pembelajaran)
20 menit
III. Penutup
-Bersama siswa guru menarik kesimpulan pelajaran
-Guru memberikan LKS untuk dikerjakan siswa dirumah.
-Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
25 menit

I.       Sumber belajar.
    • Buku IPA BSE kelas IX.
    • Buku IPA Yudistira kelas IX.
    • Modul Fisika kelas IX
    • LKS I, II, III, IV.

J.     Penilaian.

    • Teknik Penilaian : Tugas, kuis, tes tertulis.
    • Bentuk penilaian: Objektif, isian, uraian.

K.  Alat Penilaian. ( Terlampir )



Mengetahui: Kepala MTsN Kubang Putih



Basrial S.Ag, M.Pd
Nip:196305171987031003
Kubang Putih, Juli 2013
Guru mata pelajaran




Jasmial
Nip:197011281995122001




LAMPIRAN I.C
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS I.3
Tema                           : Dinamo
Tujuan Pembelajaran   : 1. Siswa dapat menjelaskan cara kerja dynamo sepeda.
                                      2. Siswa dapat membedakan dynamo AC dan DC.
                                      3. siswa dapat meyebutkan rotor dan stator pada dynamo.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Jelaskanlah bagian bagian dari dynamo sepeda dan buatkan sketsnya!






  1. Jelaskan cara kerja dynamo sepeda dengan singkat dan jelas!





  1. apa yang dimaksud dengan rotor dan stator ?





  1. Sebutkan apa rotor dan stator pada dynamo !





  1. Jelaskan cara mengganti dynamo AC menjadi DC !







Nama               : ……………………………
Kelompok       : ……………………………














LAMPIRAN I.D
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS II
Tema                           : GGL Induksi,Generator,Dinamo.
Tujuan Pembelajaran          :.
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
1.Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
2.Cara memperbesar GGL induksi.
3.Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL induksi.
4. Menjelaskan  prinsip kerja generator / dinamo AC
5. Menjelaskan prinsip kerja  generator  / dynamo DC

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang generator dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Cara menimbulkan GGL induksi ada dua yaitu………….





  1. Cara memperbesar GGL induksi adalah :………….






  1. Tulis 3 alat yang menghasilkan GGL induksi !




  1. Bagaimana cara mangganti generator DC menjadi AC ? jelaskan !




  1. Apakah beda rotor dan stator pada generator dan dynamo sepeda ?



















INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS III
Tema                           : GGL induksi, generator, dinamo
Tujuan Pembelajaran   : Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
  1.Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
  2.Cara memperbesar GGL induksi.
  3.Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL induksi.
  4. Menjelaskan  prinsip kerja generator / dinamo AC
  5. Menjelaskan prinsip kerja  generator  / dynamo DC        

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
Untuk soal no 1 dan 2 perhatikan pernyataan dibawah ini !
    1. Menggerakkan magnet keluar masuk kumparan.
    2. menambah kecepatan gerak kumparan
    3. Mngurangi jumlah lilitan.
    4. Menambah inti besi
    5. menambah kuat arus
    6. menggerakkan magnet dalam kumparan
    7. menggerakkan  kumparan dalam medan magnet.
    8. menambah kekuatan magnet.

  1. Cara menimbulkan GGL induksi yang benar pada pernyataan diatas adalah:
    • 1, 2, dan 4.                              C. 1, 6, dan 7.
    • 2, 4, dan 5.                              D. 2, 3, dan 8

  1. Cara memperbesar GGL induksi yang benar dari pernnyataan di atas adalah :
    • 1, 2, dan 4.                              C. 1, 6, dan 7.
    • 2, 4, dan 5.                              D. 2, 4, dan 8.

  1. Perhatikan pernyataan dibawah ini !
1.      Bel listrik.                          5. Generator.
2.      Telephon.                          6. Ampermeter.
3.      Mixer.                                7. Dinamo.
4.      Motor listrik.                                 8. Transformator.

Yang merupakan alat – alat yang menghasilkan GGL induksi adalah :
    • 1, 2 dan 3.                   C. 3, 4 dan 6. 
    • 5, 7 dan 8.                   D. 3, 4 dan 7.

         4.  Yang membedakan generator AC dan DC adalah :
       1. Pada generator AC mempunyai 1 cincin luncur
       2. Pada generator DC mempunyai  1 cicin belah ( komutator ).
       3. Pada generator AC mempunyai 2 cincin Luncur.
       4. Pada generator DC mempunyai 2 cincin belah ( komutator ).
            Pernyataan yang benar adalah :
A.    1 dan 2.                                   C. 3 dan 4.
B.     2 dan 3.                                   D. 1 dan 4.

  1. Pernyataan yang benar adalah :
    • Rotor pada generator adalah magnet dan statornya adalah kumparan.
    • Rotor pada generator adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
    • Rotor pada dynamo sepeda adalah kumparan dan statornya adalah magnet
    • Rotor pada dynamo sepeda adalah magnet dan statornya adalah kumparan.

 Saya adalah “ SANG JUARA, BUKAN PECUNDANG”. Maka saya akan selalu berlaku jujur dalam setiap kegiatanku. AMIIN. Selamat bekerja , semoga sukses selalu menyertaimu !.

Lampiran I.F
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS III
Tema                           : GGL induksi, generator, dinamo
Tujuan Pembelajaran   : Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu :
  1.Menjelaskan cara menimbulkan GGL induksi.
  2.Cara memperbesar GGL induksi.
  3.Menyebutkan alat alat yang menghasilkan GGL induksi.
  4. Menjelaskan  prinsip kerja generator / dinamo AC
  5. Menjelaskan prinsip kerja  generator  / dynamo DC        

Kerjakanlah tugas ini dengan penuh tanggung jawab atas diri sendiri. Semoga sukses menyertaimu selalu. Amiin.

  1. Cara menimbulkan GGL induksi adalah :
A.    Menambah jumlah lilitan.
B.     Menguarangi kecepatan gerak magnet atau kumparan.
C.     memutar kumparan dalam medan magnet.
D.    Menambah kekuatan magnet.

  1. Cara memperbesar GGL induksi adalah:
A.    mengurangi jumlah lilitan kumparan.
B.     Menambah kuat arus listrik.
C.     Menggerakkan magnet keluar masuk kumparan.
D.    Menambah inti besi dalam kumparan.

  1. Dibawah ini yang merupakan alat yang menghasilkan GGL induksi adalah :
A.    Bel listrk, telephon, katrol listrik.
B.     Generator, dynamo, transformator.
C.     Mixer, motor listrik, alat ukur listrik.
D.    Motor listrik, bel listrik, kompor listrik.

  1. Untuk mengganti generator AC menjadi generator DC adalah dengan cara :
A.    Menukar 1 cincin luncur dengan 2 cincin belah ( komutator ).
B.     Menukar 2 cincin luncur dengan 1 cincin belah ( komutator ).
C.     Menukar 1 komutator dengan 2 cincin luncur.
D.    Menukar 2 komutator dengan 1 cincin luncur.

  1. Pernyataan yang benar dibawah ini adalah:
A.    Rotor pada generator adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
B.     Rotor pada generator adalah magnet dan statornya adalah kumparan.
C.     Rotor pada dynamo sepeda adalah kumparan dan statornya adalah magnet.
A.    Rotor pada dynamo sepeda adalah magnet dan statornya adalah kumparan

            Orang yang sukses akan selalu melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Dan bagi orang mukmin ganjaran yang terbaik adalah “SURGA”. Selamat bekerja.Semoga sukses menyertaimu. AMIIN










LAMPIRAN II. A

INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS I
Tema                           : TRANSFORMATOR
Tujuan pembelajaran   : 1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
                                      2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs ) trafo.
                                      3. Menghitung besar efisiensi trafo.
                                      4. Membedakan trafo step up dan step down.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Jelaskan cara kerja trafo !





  1. Apa fungsi dari trafo? Dan jelaskan 2 macam trafo yang ada !






  1. Jelaskan cirri cirri kedua trafo yang kau ketahui !
A. Trafo…………………..
B. Trafo ………………………………..






  1. Gambarkan lambang ke dua jenis trafo yang kamu ketahui !
A. Trafo …………………………..
B. Trafo ……………………..




  1. Tulis hubungan jumlah lilitan , tegangan , dan kuat arus trafo dan jelaskan lambang masing masing !






            NAMA                                    : …………………………………..
            KELOMPOK             : …………………………………...












LAMPIRAN II.B
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS II.2
Tema                           : Tegangan Sekunder.
Tujuan pembelajaran   : 1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
                                      2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs ) trafo.
                                      3. Menghitung besar efisiensi trafo.
                                      4. Membedakan trafo step up dan step down.
                                      5. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan tinggi.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Tulislah hubungan jumlah lilitan , tegangan dan arus trafo dan jelaskan arti lambang masing masing





  1. Sebuah trafo dihubungkan dengan tegangan 220 volt, menghasilkan tegangan keluaran 440 volt
      Jika jumlah lilitan primer 100 lilitan. Berapa jumlah lilitan sekunder ?






  1. Sebuah trafo dihubungkan dengan tegangan 110 volt. Jika jumlah lilitan primer …    dan lilitan sekunder …….. berapa tegangan keluaran yang dihasilkan ?





  1. Sebuah trafo trafo dihubngkan dengan ttegangan 440 V mengalirkan arus ……A .jika tegangan yang dihasilkan 220 V . Berapa arus yang keluar dari trafo ?







            NAMA                                    : …………………………………..
            KELOMPOK             : …………………………………...





LAMPIRAN  : II.C
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Kode                           : LKS II.3
Tema                           : Efisiensi Trafo, Transmisi jarak jauh.
Tujuan pembelajaran     1. Menghitung besar efisiensi trafo.
                                      2. Membedakan trafo step up dan step down.
                               3. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan   tinggi.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada tentang GGL induksi dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Tuliskan persamaan tentang efisiensi trafo dan jelaskan arti masing masing lambangnya!





  1. Sebuah trafo mempunyai energi masuk …..joule. dan  energi keluar ……joule. Berapakah efisiensi trafo ?





  1. Apakah arti efisiensi trafo 80 % ?  Jelaskan  !




  1. Manakah yang lebih bagus trafo yang efisiensi 90 % ataukah yang efisiensinya
80 % .





  1. Jelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan menggunakan tegangan tinggi !







            NAMA                                    : …………………………………..
            KELOMPOK             : …………………………………...
           














LAMPIRAN II.D
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK.
Kode                           : LKS II
Tema                           : Transformator.
Tujuan pembelajaran   : 1. Menjelaskan prinsip kerja transformator .
                                      2. Menghitung besar tegangan sekunder ( Vs ) trafo.
                                      3. Menghitung besar efisiensi trafo.
                                      4. Membedakan trafo step up dan step down.
                                 5. Menjelaskan keuntungan transmisi jarak jauh dengan tegangan        tinggi.

Bacalah buku sumber dan modul yang ada  tentang induksi elektromagnetik dengan baik. Setelah itu jawablah LKS ini dengan sempurna ,diskusikan dengan teman kelompokmu yang tidak kamu mengerti.

  1. Tulislah ciri-ciri tafo step down !





  1. Ganbarkan lambang trafo step down dan step up !





  1. Sebuah trafo dihubungkan dengan tegangan 220 V. dengan jumlah lilitan …… lilitan. Jika jumlah lilitan sekunder adalah ………. Lilitan. Berapakah tegangan yang dihasilkan trafo ?





  1. Trafo mempunyai energi primer ……. J. jika energi sekunder …….. J. Berapakah efisiensi trafo ?






  1. Jelaskan keuntungan transmisi daya jarak jauh dengan menggunakan tegangan tinggi !








Comments

Popular posts from this blog

Hukum Archimedes lengkap dengan RP, bahan Ajar dan Soal-soa Hukum Archimedes.

Cara Membuat PTK

RPP LISTRIK STATIS PERT I , TGT