Cara Membuat PTK
CARA MEMBUAT PTK
👏(CLASSROOM ACTION RESEARCH )👏
Penghitungan angka kredit bagi
kenaikan pangkat guru dimulai januari 2013 ini menuntut guru untuk mengembang
profesi melalui tulisan seperti membuat artikel atau membuat karya ilmiah salah satunya berupa PTK. Untuk itu guru harus
mulai untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Namun
banyak para guru yang kesulitan untuk memulai karena tidak memahami benar tentang cara membuat PTK.
Sehingga bingung harus mulai dari mana. Berikut tips praktis cara membuat PTK.
Semoga dengan tips ini para guru
terbantu untuk mulai membuat PTK.
Selamat bekerja.
Langkah-langkah membuat PTK.
1.
Hal pertama ketik judul dan identitas. Seperti
contoh berikut:
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TEAMS
GAME TOURNAMENT
DI KELAS VIII 3 MTs N KUBANG PUTIH
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Diajukan sebagai
BAHAN PELENGKAP KENAIKAN PANGKAT IV/A
O
L
E
H
ANISA
NIP: 197111281995122001
MTsN KUBANG PUTIH KABUPATEN AGAM
PROPINSI SUMATERA BARAT
|
2.
Buat komponen
PTK seperti daftar isi laporan PTK sesuai
dengan judul penelitian diatas sebagai berikut.
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR…………………………………………………….i
DAFTAR ISI……………………………………………………………....ii
DAFTAR TABEL……………………………………………………..….iv
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………v
BAB I: PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah………………………………….……1
B.
Rumusan Masalah………………………………………….….3
C.
Pembatasan Masalah…………………………………………..3
D.
Tujuan Penelitian……………………………………………....3
E.
Manfaat penelitian……………………………………………..4
BAB I: KAJIAN TEORITIS
A.
Kajian Teori…………………………………………………....5
1.
Belajar dan Pembelajaran Fisika…………………………..5
2.
Model Pembelajaran Kooperatif…………………………..7
3.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games tournament…………………………………………………..9
4.
Aktivitas belajar siswa ……………………………………12
5.
Tinjauan tentang hasil belajar siswa……………………....13
6.
Penelitian Tindakan Kelas………………………………....15
B.
Kerangka Konseptual……………………………………….....16
C.
Hipotesis ……………………………………………………….17
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian …………………………..18
B.
Tempat dan Subjek Penelitian………………………………..18
C.
Rancangan Penelitian………………………………………...18
D.
Variabel Penelitian…………………………………………...25
E.
Instrumen Penelitian………………………………………….25
F.
Teknik Analisis Data…………………………………………26
G.
Jadwal Penelitian…………………………………………….27
BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian……………………………………………….28
B.
Pembahasan ………………………………………………….40
BAB V: PENUTUP
A.
Kesimpulan …………………………………………………..42
B.
Saran-saran …………………………………………………..42
DAFTAR KEPUSTAKAAN
|
Yang membedakan
satu PTK dengan PTK lain yang juga berbeda mata pelajarannya hanyalah pada
bagian kajian teoritis. Karna kajian teoritis ini berkaitan dengan judul penelitian kita
masing-masing. Sedangkan komponen PTK yang lainnya sama.
3. Dari
daftar isi tersebut kita akan bisa bekerja secara terstruktur sesuai daftar isi
tersebut. Dalam menulis laporan PTK sebaiknya guru memahami kembali aturan penulisan karya ilmiah, sehingga
tulisan yang kita buat benar-benar sebuah karya ilmiah. Satu hal yang tak boleh
dilupakan dalam membuat laporan adalah
kejujuran dan objektivitas. Adapun hal-hal yang perlu dipahami dalam
pembuatan tiap komponen PTK tersebut
adalah sebagai berikut:
A. JUDUL
Judul harus mencerminkan apa yang akan
disajikan,sehingga dengan membaca judul orang akan memahami apa yang ditemuinya
dalam laporan tersebut.
Rambu-rambu
dalam mencari judul PTK yang tepat sebagai berikut:
1.
Singkat dan padat
2.
Menggambarkan upaya untuk perbaikan pembelajaran
3.
Merupakan tindakan yang paling penting dalam
upaya tersebut.
Contoh judul PTK
a.
Penerapan Pembelajaran Bermakna untuk
Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa dalam Pelajaran IPS di Kelas V SD.
b.
Penggunaan Kerja Kelompok untuk Meningkatkan
Kemampuan Kerja Sama dan Keaktifan Siswa Kelas III SMP dalam Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia.
B. ABSTRAK
Menyajikan saripati dari penelitian, mulai dari
permasalahan, tujuan, prosedur palaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan,
sampai kesimpulan dan saran. Melalui abstrak pembaca dalam waktu cepat mendapat
gambaran yang menyeluruh tentang penelitian yang dilaporkan. Abstrak yang baik
tidak lebih dari setengah atau satu halaman ( + 200 kata)
C. PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Isi dari latar belakang adalah penjelasan singkat
tentang alasan anda melakukan penelitian di kelas tersebut yang dikaitkan
dengan kepedulian kita terhadap kualitas pembelajaran yang kita kelola ditambah
dengan kaitannya dengan kondisi pendidikan saat ini. Dapat juga disajikan hal
berikut:
1.
Proses identifikasi masalah mulai dari munculnya
kerisauan terhadap masalah
2.
Tampilkan data-data yang mendukung. Misalnya
nilai rata-rata ulangan harian siswa
3.
Analisis masalah dari data yang ada sampai
ditemukan akar permasalahannya.
4.
Siapa yang membantu anda dalam mengidentifikasi
masalah tersebut.
5.
Cara mengatasi masalah yang akan difokuskan
dalam penelitian ini.
b. Perumusan Masalah
Dibuat dalam bentuk kalimat tanya yang didalamnya ada
tertuang akar permasalahan dan cara yang akan diambil untuk mengatasi masalah
tersebut. Rumusan masalah juga harus mengandung tujuan perbaikan dan cara
perbaikan yang akan diambil.
Contoh:
1.
“Bagaimana cara mengaktifkan siswa,menggunakan
alat peraga dan memberi balikan tugas siswa , agar mampu meningkatkan perhatian
dan hasil belajar siswa kelas III dalam pelajaran IPA?”
2.
“apakah dengan proses pembelajaran kooperatif
tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar IPS siswa kelas 2 SMP Karya Mandiri?”
c. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian terkait dengan tujuan perbaikan,
misalnya untuk meneliti apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS.
d. Manfaat Penelitian
Cantumkan apa manfaat penelitian yang dilakukan ini
bagi dunia pendidikan, khususnya: 1. Bagi guru.
2. Bagi siswa
3. Bagi sekolah.
Perlu dicantumkan apa kira-kira sumbangan penelitian
ini bagi kualitas pembelajaran, khususnya jika ada hal-hal yang bersifat
inovatif.
D. KAJIAN PUSTAKA ( KAJIAN TEORITIS)
Kajian berisi tentang teori dari para pakar ilmu
pengetahuan sesuai dengan masalah yang kita teliti. Jadi tulislah teori-teori
yang berkaitan dengan permasalahan yang dapat kita cari dari buku atau di unduh
dari internet. Dengan catatan dalam membuat pendapat para ahli harus
dicantumkan sumbernya dengancara penulisan sesuai dengan aturan penulisan karya
ilmiah.
Contoh. Judul penelitian kita adalah :
“Peningkatan aktifitas dan hasil belajar fisika
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas VIII sekolah MTsN “
Berarti pokok permasalahan adalah tentang aktifitas dan hasil belajar fisika dengan metode belajar kooperatif tipe TGT.maka
teori yang kita cari adalah tentang:
1.
Belajar dan Pembelajaran Fisika
2.
Model Pembelajaran Kooperatif
3.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games tournament
4.
Aktivitas belajar siswa
5.
Tinjauan tentang hasil belajar siswa
6.
Penelitian Tindakan Kelas
kajian pustaka
ini akan merupakan landasanbagi kita dalam merencanakan tindakan perbaikan, dan
menjadi rujukan dalam membahas penelitian. Tentu saja ulasan yang paling
mendalam terletak pada aspek yang merupakan fokus dalam penelitian. Seperti
contoh diatas fokusnya adalah proses tindakan yang akan diambil adalah model
pembelajaran kooperatif tipe TGT. Proses belajar tipe TGT inilah yang akan
menjadi rujukan dalam proses belajar perbaikan nantinya dan yang paling banyak
di bahas.
E. PELAKSANAAN PENELITIAN ( METODOLOGI
PENELITIAN )
Subjek ini mencamtumkan tentang tempet penelitian ,
waktu penelitian,mata pelajaran dan karakteristik siswa. Kemudian dilanjutkan
dengan mencantumkan prosedur setiap siklus perbaikan.muali dari perencanaan,pelaksanaan,
pengumpulan data dan refleksi. Uraian sebaiknya dilengkapi dengan bagan alur,
sehingga gambaran pelaksanaan penelitian menjadi jelas. Jadi dalam bab III ini
berisi tentang perencanaan penelitian bukan hasil penelitian. Dengan membaca
bab ini , pembaca akan dapat mengetahui apa yang akan dilakukan guru dalam
penelitian nantinya, berapa lama waktunya, siapa yang membantu dan instrumen
apa yang akan digunakan guru serta metode yang akan digunakan guru.
F. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian sesuai dengan urutan dan tujuan
penelitian.misalnya dari judul penelitian pada poin D ada 2 tujuan penelitian
yaitu (1) peningkatan keaktifan belajar siswa . (2) peningkatan hasil belajar
siswa. Maka dalam pembahasan harus dikemukakan tentang ke dua tujuan tersebut
bagaimana peningkatan keaktifan siswa di setiap siklus perbaikan pembelajaran
dan bagaimana peningkatan hasil belajar di setiap siklus yang direncanakan.
Apakah metode yang dipakai ( TIPE TGT ) ini bias digunakan dalam pembelajaran
tersebut atau tidak tergantung dari hasil yang diperoleh pada kedua tujuan
tersebut. Pemaparan peningkatan aktifitas dan hasil belajar ini sebaiknya
dengan menggunakan table.
G. KESIMPULAN DAN SARAN
Penyajian kesimpulan dan saran sesuai dengan urutan tujuan penelitian
H. DAFTAR PUSTAKA
Cara penulisan daftar pustaka yang lazim digunakan
adalah gaya American Psycholgy Association ( APA ). Daftar pustaka disusun
menurut abjad, dimulai dengan nama belakang penulis, diikuti oleh tahun
penerbitan, judul buku(dicetak miring),kota tempat terbit dan nama penerbit.
Contoh:
DAFTAR
PUSTAKA
Anonymous.(1994).Aktivitas dan
Kreativitas.Kreativa.N0.2.1994.hal2
Bloom,B.S, et.al (1977). Taxonomy Of Educational Objective, Cognitive Domain. New York:
Longman
Hadiat. (1997). Alam
sekitar kita,2. Jakarta: Balai Pustaka
Jika sumber kita unduh dari internet maka cantumkan sumber
website nay atau blognya dan tanggal pengunduhan.
I.
LAMPIRAN
Dalam laporan PTK harus ada berkas-berkas lampiran yang kita
pakai selama penelitian seperti Lembar Observasi, data perolehan nilai UH
sebelum penelitian dan sesudah penelitian tiap siklus, lembaran soal yang
digunakan tiap siklus, LKS, modul ( Bahan Ajar), lembaran kartu game, lembaran
kartu soal kuis, RPP tiap siklus, dokumentasi setiap kegiatan setiap siklus dan
lain lain sesuai tipe pembelajaran yang diambil dan media yang digunakan.
MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK
Diseminasi artinya secara harfiah
adalah menyebarluaskan. Tujuannya adalah diketahui oleh orang banyak, terutama
oleh mereka yang memrlukannya. Sasaran diseminasi adalah para guru dan pihak pihak
yang terkait dalam pendidikan. Laporan PTK perlu didiseminasikan agar para guru
lain mengetahui apa yang sudah dikerjakan teman sejawatnya dalam upaya
perbaikan pembelajaran, sehingga mereka tertarik untuk mencobakannya atau
membandingkan dengan apa yang sudah pernah dikerjakannya. Jika perlu guru dapat
berhubungan langsung dengan penulis laporan.
CARA MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK
Mendiseminasikan laporan PTK dapat
dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui media cetak atau tatap muka langsung seperti seminar di sekolah, dalam
MGMP/KKG atau seminar ilmiah. Mendiseminasikan laporan PTK melalui media
cetak dapat dilakukan dengan mengubah laporan tersebut menjadi sebuah artikel
ilmiah ( karya Ilmiah ) yang dapat dikirim ke jurnal ilmiah atau majalah/
bulletin yang banyak dibaca oleh guru biasanya diterbitkan oleh diknas atau
sekolah setempat. Mendiseminasikan laporan PTK dengan tatap muka dapat
dilakukan dengan mengubah bentuk laporan menjadi garis-garis besar laporan yang
dikemas dalam bentuk power point ( ppt ) baik menggunakan
OHP atau LCD. Jika seminar ini dapat dibudayakan maka jalan menuju guru
professional yang mampu mengembangkan diri akan semakin terbuka
Buku sumber: PTK oleh IGAK Wardhani, dkk. Modul UT ( IDIK4008
)
RANGKUMAN SKEMA LAPORAN PTK
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar isi
I.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang Masalah ( data
awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah
dipecahkan).
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan Penelitian
D.
Manfaat Penelitian
II.
Kajian Pustaka
III.
Pelaksanaan Penelitian
A.
Subjek Penelitian ( lokasi,waktu,mata pelajaran,kelas dan
karakteristik siswa)
B. Deskripsi persiklus (
rencana, pelaksanaan,pengamatan/pengumpulan data/instrument, refleksi)
IV.
Hasil Penelitian dan Pembahasan
A.
Deskripsi persiklus ( rencana, pangamatan, refleksi) keberhasilan dan
kegagalan, lengkap dengan data
B.
Pembahasan dari setiap siklus
V.
Kesimpulan dan Saran
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
|
Terimakasih infonya. Salam
ReplyDeleteGratis Download Contoh Judul PTK